Cara Menghubungkan ASUS Zenfone ke PC Menggunakan Kabel Data

Ada beberapa orang yang menanyakan bagaimana cara menghubungkan atau menyambung ASUS Zenfone ke PC atau komputer untuk transfer data. Saya pribadi saat baru beli dan langsung dicoba disambung ke komputer langsung terdeteksi dan bisa melakukan transfer file dari Zenfone ke komputer dan sebaliknya.

Apabila Anda mengalami kendala atau ZF Anda tidak terdeteksi, coba perhatikan beberapa hal dibawah:

#1. Pastikan menggunakan KABEL DATA

Bila ponsel Anda tidak terdeteksi, kemungkinan Anda tidak menggunakan kabel yang benar. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan kabel Power Bank, maka ponsel tidak akan terdeteksi di komputer, karena kabel tersebut hanya untuk mengisi daya dan tidak bisa digunakan untuk transfer data.

Pada setiap paket pembelian ASUS Zenfone biasanya sudah disertakan kabel data yang juga berfungsi sebagai kabel untuk mengisi daya (ngecas). Anda dapat menggunakan kabel tersebut untuk menyambung antara HP dengan PC.

Bila kabel tersebut tidak ada, rusak atau hilang, maka Anda dapat menggunakan kabel data miliki ponsel BlackBerry, Samsung atau semacamnya.

Catatan: ASUS Zenfone (4, 5 dan 6) dipasarkan di Indonesia melalui beberapa distributor. Sehingga untuk kelengkapan antara satu distributor yang lain bisa berbeda-beda. Pada umumnya untuk paket penjualan ASUS Zenfone adalah sebagai berikut: 1x Ponsel ASUS, 1x buku petunjuk dan kartu garansi, 1x charger, 1x kabel data yang sekaligus berfungsi sebagai kabel cas. Khusus paket penjualan ASUS Zenfone 4 biasanya disertakan dua buah baterai. Sedangkan untuk Handsfree pada umumnya tidak disertakan pada paket penjualan.

Gambar kabel bawaan

Gambar kabel data bawaan ASUS Zenfone

#2. Aktifkan Fungsi Media Device (MTP)

Bila ponsel ASUS Zenfone Anda tetap tidak terdeteksi, maka kemungkinan Anda belum mengaktifkan fungsi Media Device / MTP. Untuk mengaktifkan fungsi ini caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke Settings / Pengaturan (untuk masuk ke Settings bisa dengan cara menggeser bagian kanan atas layar dari arah atas ke bawah lalu klik gambar roda gigi)
  • Buka Storage / Penyimpanan
  • Klik gambar USB (Seperti gambar trisula) di kanan atas
  • CENTANG tulisan Media device / Perangkat Media (MTP)
  • Coba sambung lagi ke komputer
Masuk ke Settings (pengaturan) lalu Klik Storage (penyimpanan)

Masuk ke Settings (pengaturan) lalu Klik Storage (penyimpanan)

Klik gambar USB di kanan atas lalu centang pada bagian MTP

Klik gambar USB di kanan atas lalu centang pada bagian MTP

#3. Colok di USB Port yang Lain

Kalau setelah dilakukan langkah-langkah diatas tetap tidak terdeteksi di komputer, coba hubungkan pada USB Port (colokan) yang lain di komputer. Terkadang dari beberapa lubang port di PC yang tersedia, ada satu atau dua yang lemah. Misalnya kalau sebelumnya dicolok di USB Port di depan komputer, coba sambung pada lubang yang di bagian belakang.

Kalau Anda menggunakan USB HUB (cabang USB), coba jangan gunakan alat tersebut. Jadi langsung disambung antara ASUS Zenfone –> kabel data –> Komputer (jangan ada perantara tambahan lagi).

Setelah terhubung, Anda dapat membuka file, transfer file dari ASUS Zenfone 4/5/6 ke komputer dan sebaliknya. Caranya tinggal buka My Computer lalu klik di bagian “Portable Device” biasanya ada tulisan-nya ASUS….(tipe Zenfone) Seperti gambar dibawah.

 

Buka My Computer > Double Click Mouse untuk melihat File. (Klik untuk memperbesar)

Buka My Computer > Double Click Mouse untuk melihat File. (Klik untuk memperbesar)

Cara Melepas Kabel USB Setelah Selesai Digunakan

Berhubung ada beberapa orang yang bertanya bagaimana cara melakukan Safely Remove Device setelah proses transfer file telah selesai, berikut saya infokan caranya:

  • Bagi yang menggunakan sistem operasi Windows Vista Keatas (Windows 7 & 8), setelah selesai menggunakan bisa langsung cabut kabel USB tanpa safely remove terlebih dahulu (karena memang tidak muncul opsi tsb). Hanya saja jangan cabut kabel saat proses transfer file berlangsung. Saat dihubungkan ke komputer, PC membaca ZF6 sebagai Media Transfer Protocol (MTP) dimana komputer tidak mengakses memori sampai ke file system paling dalam (berbeda dengan flash disk / mode USB Storage). Jadi, seandainya kabel USB dicabut sekalipun saat proses transfer file berlangsung tidak akan mengakibatkan kerusakan memori, paling parah hanya file yang sedang di transfer saja yang corrupt.
  • Bagi yang menggunakan Windows XP, cara melepasakan kabel USB adalah dengan klik kanan pada device Anda di My Computer lalu pilih EJECT.

UPDATE:

Bagi yang bermasalah untuk mengkoneksikan ASUS Zenfone dengan komputer (khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows XP), coba install driver yang dibawah:

https://software.intel.com/en-us/android/articles/intel-usb-driver-for-android-devices

Credit to: Sugeng Pramono @kolom komentar  Setelah install USB Driver, disarankan merestart komputernya terlebih dahulu

Demikian info cara menghubungkan ASUS Zenfone 4/5/6 ke komputer / PC / Laptop untuk keperluan transfer data atau file. Hal yang cukup sederhana namun masih banyak yang belum mengetahui caranya. Semoga bermanfaat 


©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi