Cara Menghubungkan Keyboard Lengkap Dengan Mouse Pada Android

Tanggal 25 Oktober 2012

Saat ini cukup banyak orang yang mengandalkan Android, khususnya jenis tablet untuk membantu pekerjaan. Walau saat ini masih belum dapat menggantikan fungsi notebook maupun PC secara keseluruhan, namun kepraktisannya untuk dibawa kemana-mana menjadi daya tarik tersendiri.

Apabila Anda sedang ingin mengetik dokumen panjang, misalnya untuk mengetik sebuah naskah atau berita, maka akan jauh lebih nyaman bila menggunakan keyboard fisik dibanding keboard virtual. Kali ini saya akan mengajarkan bagaimana caranya menghubungkan keyboard ke tablet maupun handphone Android bersamaan dengan mouse.

Catatan: Tidak semua handphone maupun tablet Android dapat menggunakan tutorial dibawah, oleh karena itu bila memungkinan, saat hendak membeli barang-barang yang diperlukan, bawa handphone / tablet Android-nya lalu dicoba dulu apakah berfungsi atau tidak.

Yang Anda perlukan:

  • Perangkat Android yang support USB OTG
  • Kabel USB OTG (On the Go)
  • Keyboard
  • Mouse
  • USB to PS/2 converter (bila menggunakan keyboard & Mouse jenis PS/2)
  • USB Hub (bila menggunakan keyboard & Mouse jenis USB)

Bagian 1: Menghubungkan Keyboard saja atau Mouse Saja ke Android

Untuk menghubungkan Keyboard atau Mouse ke Android, Anda membutuhkan kabel USB OTG (On the GO). Apa itu kabel OTG? Adalah sebuah kabel yang berguna untuk menghubungkan antara perangkat Android dengan perangkat lainnya, misalnya Keyboard, Mouse, Flashdisk, dll.

Berikut adalah contoh gambar kabel USB OTG:

Kabel USB OTG

Gambar diatas merupakan kabel USB OTG dengan satu ujung berjenis Male Micro USB dan ujung lainnya adalahfemale USB. Kabel diatas digunakan untuk tablet maupun smartphone Android yang memiliki port Micro USB dan sistem operasinya mendukung.

Anda dapat membeli kabel USB OTG di toko komputer, toko handphone atau bisa juga melalui internet. Harganya bervariasi, biasanya berharga dikisaran 60 ribuan. Kalau beli di internet bisa dapat lebih murah. Bila Anda membeli keyboard + case kulit untuk tablet, terkadang juga ada yang sudah menyertakan kabel USB OTG, jadi tidak perlu beli lagi. Harga keyboard + case untuk tablet 7 inchi biasanya dikisaran 100 ribu, bisa kurang bisa lebih (tergantung jenis, model dan bahan pembuat casenya)

Untuk menghubungkan keyboard atau mouse, Anda cukup memasang keyboard/mouse USB ke kabel OTG lalu dihubungkan ke tablet/HP. Bila keyboard sukses terkoneksi, Anda dapat langsung melakukan pengetikan di dokumen, SMS, internet atau dimanapun membutuhkan input teks. Jika Mouse, sukses terkoneksi, maka akan muncul kursor mouse di layar HP/Tablet. (pada beberapa tipe Android, ada juga yang tidak muncul kursor dan fungsi mouse hanya untuk membalikkan halaman)

Bagian 2: Menghubungkan Keyboard Plus Mouse berjenis PS/2 ke perangkat Android

Pada bagian kedua saya akan mengajarkan untuk menghubungkan keyboard sekaligus mouse yang berjenis PS/2 ke tablet maupun handphone Android. PS/2 disini bukanlah merupakan PlayStation 2, tapi merupakan jenis konektor. Jika Anda memiliki PC atau desktop komputer di rumah, maka keyboard dan mouse yang digunakan biasanya memiliki konektor PS/2 (bentuknya seperti lingkaran, nanti akan ada gambarnya dibawah).

Untuk menghubungkannya ke Android, selain membutuhkan kabel USB OTG, Anda juga membutuhkan kabel USB to PS/2  Adapter. Harganya berkisar anatar Rp. 10 rb – 50 ribuan. (Kalau saya menggunakan yang harga Rp. 10 rb dan berfungsi dengan baik tanpa masalah).  Berikut gambar kabelnya:

Kabel USB to PS/2 Adapter

Untuk menghubungkannya juga mudah, Anda cukup menyambung Keyboard dan Mouse ke kabel USB to PS/2 > sambungkan ke kabel USB OTG > Colok ke tablet/smartphone Android Anda.

Gambarnya setelah tersambung kurang lebih seperti ini:

Samsung Galaxy Note yang terhubung dengan Keyboard + Mouse komputer

Bagian 3: Menghubungkan Android dengan Keyboard sekaligus mouse berjenis USB

Bila Anda tidak memiliki Keyboard maupun Mouse dengan konektor berjenis USB dan bukan PS/2 seperti diatas, maka untuk menghubungkan keduanya pada saat bersamaan, Anda membutuhkan alat yang bernama USB Hub. Pada dasarnya fungsi Hub adalah untuk mencabangkan port female USB.

Contoh gambar USB hub:

USB Hub

Untuk menggunakannya Anda cukup mencolokkan Mouse + Keyboard USB ke USB Hub > Sambungkan ke kabel USB OTG > colok ke tablet / Handphone Android.

Kekurangannya menggunakan USB hub adalah bila digunakan pada hp / tablet tertentu, terkadang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, misalnya keyboard tiba-tiba tidak bisa digunakan, atau mousenya, atau bisa juga keduanya tiba2 tidak berfungsi. Hal ini bisa disebabkan akibat kualitas USB Hub yang tidak baik; handphone / tablet tidak cukup kuat untuk menggunakan mouse dan keyboard secara bersamaan atau bisa juga karena software hp / tabletnya tidak support.

Demikianlah informasi cara menghubungkan keyboard sekaligus mouse, semoga bermanfaat.

©2009-2015 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi