Cara mengunci handlebar post sepeda lipat

Saya baru saja membeli sepeda lipat merk Aleoca Pedaggio dan ini merupakan sepeda lipat pertama yang saya miliki. Saya memilih sepeda ini hanya karena satu alasan: Bentuknya (menurut saya) keren. Selain itu karena budget-nya masih masuk di kantong dan di approve oleh menteri keuangan (istri -red). Nah karena alasan itulah saya tanpa pikir panjang memilih seli (sepeda lipat) ini tanpa cari-cari informasi lebih banyak lagi diluar sana.

Setelah bayar lalu saya bawa pulang sepedanya, ternyata ini sepeda kok tidak rigid ya? Goyang dimana-mana. Mulai saya cek satu persatu, dimulai dari mengencangkan pengunci frame tengah ternyata masih goyang, lalu saya kencangkan handlebar post (tiang stang) ternyata masih goyang juga. Ya sudah lah saya pasrah, mungkin memang seperti itu dari sananya. Karena kalau saya tes sepeda lipat di kisaran harga yangs sama, semuanya sama saja, egal-egol atau ada goyang dimana-mana. Beda sekali dengan misalnya merk Polygon B2W atau Dahon yang terasa rigid atau kaku

Anyway saya pakailah sepeda lipat itu setiap hari ke tempat kerja.. saya sudah pakai segala cara agar tiang stang bisa lebih kaku dan lebih kuat lagi, tapi tidak terlalu memuaskan hasilnya. Setelah 3 harian saya tetap penasaran dan saya perhatikan mungkin saja cara mengunci saya yang salah dan setelah utak atik setelah 30 menitan akhirnya ternyata memang saya yang salah cara pasangnya  Just for note, mas-mas di tempat saya beli sepedanya tidak mengajarkan cara menguncinya yang baik dan benar, barangkali dia sendiri juga tidak tahu. Dan sayangnya ada bagian dari handlebar post yang jadi sedikit rusak karena percobaan saya yang salah sebelumnya.

Ok, berikut saya bagikan cara mengunci handlebar post sepeda lipat merk Aleoca Pedaggio atau merk lain yang memiliki mekanisme serupa:

1. Pada bagian penguncinya ada seperti batang besi panjang, keluarkan besi tersebut, lihat gambar dibawah:

Keluarkan batang pengunci

Keluarkan batang pengunci

2. Posisikan ujung batang pengunci tersebut agar menyentuh besi berbentuk silinder dibawahnya (yang ada bolongnya). Llihat gambar dibawah:

Batang besi panjang menyentuh besi silinder dibawahnya

Batang besi panjang menyentuh besi silinder dibawahnya

3. Setelah itu tekan pengunci ke arah handlebar post.

Catatan:

  •  Besi pengunci dapat diatur panjang-pendeknya dengan cara diputar. Sesuaikan agar panjangnya sesuai sehingga saat dikunci terasa kuat / tidak goyang
  • Pastikan agar batang pengunci bersentuhan tepat di bagian bolong besi silinder dibawahnya. Karena kalau tidak pas, kuncian tidak akan kuat.

Bila masih bingung, bisa melihat videonya dibawah:

Artikel terkait: Beda sepeda lipat yang mahal dengan yang murah



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi