Cara Menonton Film Dengan Subtitle Indonesia di Android

Tanggal 29 Oktober 2013

Berhubung ada yang menanyakan, maka pada artikel kali ini kami akan mengajarkan caranya menonton film atau video dengan menggunakan subtitle Indonesia di Android. Untuk aplikasi pemutar video yang kami gunakan adalah MX Video Player yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Pertama-tama yang harus dipersiapkan adalah: File Subtitle dan juga pastinya file film-nya (kalau tidak, apa yang mau ditonton )

1. Cari file subtitle-nya

File subtitle bisa dicari di internet. Ketikkan saja: subtitle Indonesia + judul film-nya di Google. Misalnya ingin mencari subtitle video Doraemon, maka ketikkan: subtitle Indonesia Doraemon. 

2. Ekstrak file subtitle

Apabila file yang di download sudah dalam berbentuk file subtitle (misalnya .srt), maka Anda bisa lanjut ke tahap 3. Namun biasanya untuk file subtitle disimpan dalam bentuk arsip (Archive) dengan jenis file .zip, .rar, .7zip dsb. Yang paling sering adalah dalam format .zip. Agar file ini dapat dibaca oleh aplikasi MX Video Player, maka perlu di ekstrak terlebih dahulu.

Untuk melakukan proses ekstrak di komputer bisa menggunakan aplikasi WinZip, WinRar, IZArc, 7-Zip, dsb. Aplikasi ini bisa di unduh di internet.

Kalau di Android caranya bisa menggunakan aplikasi file manager, misalnya Dual File Manager. Caranya buka aplikasi Dual File Manager XT > Cari file subtitle yang baru saja di download > klik dan tahan file tersebut selama dua detik > pilih “Extract archive to” > klik OK.

Ekstrak arsip subtitle menggunalan Dual File Manager XT

Ekstrak arsip subtitle menggunalan Dual File Manager XT

Kalau masih bingung cara menggunakan aplikasi File Manager / Explorer bisa membaca artikel: Cara Copy Paste File, dll.

3. Buka file Subtitle

Jika file file subtitle telah dimiliki, untuk menonton film menggunakan teks Indonesia, lakukan hal berikut:

  • Buka aplikasi MX Video Player
  • Buka file video atau film yang ingin dimainkan
  • Klik tombol MENU
  • Klik Subtitle
  • Klik Open
  • Cari dan klik file Subtitle yang tadi diunduh / download
Tekan tombol MENU lalu klik Subtitle

Tekan tombol MENU lalu klik Subtitle

Cari dan klik file subtitle yang tadi di download

Cari dan klik file subtitle yang tadi di download

4. Sinkronisasikan Subtitle

Terkadang antara teks dengan video tidak sinkron. Kadang teks muncul lebih cepat dari film-nya dan terkadang justru muncul terlambat. Untuk menyamakan / men sinkronisasi dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Setelah subtitle dipilih dan video dijalankan, tekan tombol MENU
  • Klik Subtitle
  • Klik Panel
  • Tekan tombol (+) apabila teks muncul terlalu cepat (teks keluar terlebih dahulu baru orang berbicara), tekan (-) jika teks terlalu lambat (orang sudah berbicara, namun teks tidak muncul-muncul)
  • Setelah selesai, tekan tombol BACK
Sinkronisasi Subtitle dengan Video

Sinkronisasi Subtitle dengan Video

Catatan: Terkadang walaupun sudah dicoba diatur sedemikian rupa, antara teks dengan film tetap tidak sinkron atau sejalan. Kalau terjadi demikian, maka Anda harus mencoba mencari file subtitle yang lain. Karena untuk file film biasanya terdiri dari beberapa versi, ada yang pendek ada yang lebih panjang (extended version), oleh karena itu Anda harus mencari file subtitle yang sesuai dengan file film-nya.

Demikianlah cara memainkan video dengan subtitle Indonesia. Semoga bermanfaat. gadoga.com

Baca juga: Ingin merasakan sensasi menonton film di bioskop / film 3 dimensi menggunakan ponsel Android? Baca caranya klik disini



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi