Cara Rubah Kabel HDMI ke Kabel RCA (AV) Untuk Menyambung Proyektor / TV yang tidak punya HDMI, dll



16 November 2016 Oleh Ted

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai HDMI to AV converter yang berfungsi untuk mengubah dari input kabel HDMI ke kabel RCA / kabel audio video biasa (Kabel Merah Putih Kuning). Berguna misalnya bila kita ingin menyambungkan laptop ke TV Tabung atau proyektor yang tidak memiliki port HDMI.

Isi artikel ini:

  • Cara menyambung dari HDMI Laptop / Komputer ke TV Tabung / Proyektor yang tidak memiliki port HDMI
  • Harga HDMI to AV converter
  • Hasil / kualitas dari alat ini
  • Kelebihan dan kekurangan menggunakan alat ini
  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Untuk tampilan dari alatnya seperti dibawah:



Cara Pemasangan:

Untuk instalasinya sangatlah mudah, sbb:

  1. Sambung kabel RCA ke output di alatnya lalu sambung ke bagian input di TV / proyektor.
  2. Sambung kabel HDMI dari laptop ke input HDMI di alat converter
  3. Tergantung TV / Alat yang ingin disambung, kita perlu (atau tidak perlu) menggunakan adaptor / charger handphone untuk mentenagai alat ini (penjelasan lebih lengkap dibawah).

Catatan:

Jika ingin disambung ke TV Tabung Jaman Dahulu (TV tua):

Jika sobat ingin menggunakan alat ini untuk menyambung kabel HDMI dari laptop / media lainnya ke TV tabung / alat lainnya yang generasi jaman dahulu, maka kita perlu mentenagai alat ini dengan cara disambung ke adaptor / charger handphone.

Alasannya adalah karena untuk TV jaman dahulu masih merupakan TV analog, sehingga alat ini berfungsi untuk merubah sinyal digital HDMI menjadi sinyal analog yang bisa terbaca di TV Tua.

Jika ingin disambung ke TV / proyektor modern

Jika alat ini digunakan untuk menyambungkan kabel HDMI ke TV / proyektor yang cukup modern, maka kita tidak perlu menggunakan adaptor / bisa berjalan tanpa dicolok ke adaptor (bisa dilihat pada contoh video di akhir artikel).

Hal ini dikarenakan TV modern bisa membaca sinyal digital dari HDMI dan memiliki resolusi yang cukup tinggi dibanding TV jaman dahulu.

Sebagai catatan, jika sobat ingin menyambungkan dari HDMI ke RCA di TV modern, sebenarnya kita tidak perlu membeli alat ini, tapi kita bisa langsung membeli kabel HDMI to RCA dengan harga yang lebih murah.

Catatan jika ingin menggunakan kabel HDMI to RCA: Resolusi input tidak boleh lebih besar dari resolusi output. Jadi kalau mau sambung laptop ke TV lama, jelas tidak akan bisa, karena resolusi laptop jauh lebih tinggi dibanding resolusi TV tua atau dengan kata lain, jika mau sambung ke TV jadul, kita harus pakai konverter seperti yang dibahas pada artikel ini, tidak bisa hanya pakai kabel saja.

Jika ada tulisan no signal

Jika sobat sudah memasang semuanya, termasuk adaptor tapi di TV / projector tulisannya "No Signal", coba cek kabel HDMI-nya. Mungkin kurang terpasang dengan sempurna, khususnya di bagian converternya. Memang hal yang sepele, tapi saya mengalaminya he he. Ternyata saya kurang mendorong masuk kabel HDMI-nya (hanya masuk setengah).

Harga

Harga HDMI to AV / RCA converter adalah antara 130 - 200 ribuan. Bisa dibeli di toko online seperti Bukalapak atau Tokopedia. Dalam paket penjualannya hanya disertakan kabel mini USB. Sedangkan adaptornya tidak dapat.

Kualitas

Beberapa catatan mengenai kualitas jika kita menggunakan alat ini:

Aspect Ratio

Tergantung jenis TV atau proyektor yang digunakan akan mempengaruhi aspek rasio gambar yang ditampilkan. Sebagai contoh, jika kita menggunakan TV jaman dahulu yang memiliki aspek rasio 4:3, maka tampilan di layar akan terlihat lebih gepeng walaupun kita sudah mengatur resolusi sedemikian rupa.

Resolusi

Jika menggunakan alat ini, pasti akan ada penurunan kualitas, khususnya dalam hal resolusi. Hal ini menyebabkan kita akan sulit untuk membaca tulisan yang tertampil di layar TV. Jadi, tidak disarankan untuk menggunakan alat ini jika tujuannya sebagai monitor utama untuk bekerja.

Tapi kalau kita ingin menggunakan alat ini untuk menonton video atau sekedar untuk menampilkan presentasi (dengan tulisan besar-besar) di proyektor, maka alat ini masih berguna.

Kelebihan HDMI 2 AV (RCA) Converter

  1. Kelebihan utamanya tentu saja dengan alat ini kita bisa menyambung dari HDMI ke TV, Proyektor (OHP) atau alat lainnya yang belum memiliki port HDMI dan hanya memiliki input RCA / Audio Video saja.
  2. Kelebihan kedua, dengan alat ini kita bisa memisahkan audio dan video dari kabel HDMI. Jadi kita bisa misalnya menyambung video ke proyektor, sedangkan untuk audio kita sambung ke perangkat sound system yang lebih bagus.
  3. Kelebihan ketiga, misalnya jika kita ingin pasang projektor dengan lokasi yang jauh dari sumber input HDMI (misalnya jauh dari laptop / camcorder, dsb). Dengan menggunakan alat ini, maka untuk menyambung ke lokasi yang jauh kita cukup membeli kabel video / rca dengan harga yang lebih murah dibandingkan kita harus membeli kabel HDMI / VGA yang lebih mahal.

Kekurangan

Kekurangannya adalah, adanya penuruan kualitas gambar / video. Walaupun kita menggunakan TV / projector modern yang sudah support resolusi Full HD, tetap saja akan ada penurunan kualitas.

Kalau sobat membutuhkan kualitas, maka gunakanlah kabel HDMI atau kabel VGA, dijamin tidak ada penurunan kualitas dan resolusi. Syaratnya tentu saja untuk perangkat (TV / Projector) yang digunakan harus sudah memiliki port HDMI atau VGA.

Kesimpulan

Alat ini sangat berguna untuk menyambung atau merubah sinyal digital HDMI ke sinyal analog yang diteruskan melalui kabel RCA / AV. Tapi akan ada penurunan kualitas gambar dan resolusi jika menggunakan converter ini. Jadinya kita tidak bisa menggunakannya sebagai monitor utama untuk bekerja karena kita akan sulit melihat / membaca teks berukuran kecil.

Tapi jika sekedar untuk menonton video, melihat gambar, membaca tulisan yang besar-besar, main games atau kalau misalnya di rumah kamu lagi ada acara dan direkam melalui camcorder lalu mau disambung ke TV yang ada di luar rumah pakai kabel RCA biasa, maka alat ini sangat membantu. Untuk lebih jelasnya, sobat bisa menonton video dibawah ini.

Cara menyambung laptop ke TV jadul (TV tabung):

Jika dipasang pada TV Digital Modern:



Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi