Cara Menghubungkan Bluetooth Keyboard Ke Ponsel / Tablet Android

02 Maret 2016 Oleh Ted

Ada begitu banyak Bluetooth keyboard yang beredar di pasaran saat ini. Mulai dari yang harganya terjangkau sampai yang berharga jutaan.

Sebenarnya untuk cara menyambungkan Bluetooth Keyboard antara satu merk dengan merk yang lain bisa berbeda-beda. Namun secara garis besar prosesnya seperti ini:

  • Atur agar Keyboard berada dalam mode pairing / pemasangan / penyambungan
  • Nyalakan Bluetooth pada Android lalu lakukan pencairan perangkat keyboard untuk memulai proses pairing
  • Masukkan pin / passkey di keyboard.

Sebagai contoh, berikut ini saya infokan bagaimana cara memasangkan perangkat Android dengan keyboard Bluetooth Logitech, lebih khusus lagi seri K380.

Langkah 1: Posisikan Bluetooth Keyboard pada posisi pairing

Keyboard Logitech K380 dapat dipasangkan dengan 3 perangkat yang berbeda.

Kita ambil contoh ingin memasangkan dengan perangkat yang pertama, yaitu dengan ponsel Android saya. Agar masuk dalam mode pairing, tekan dan TAHAN tombol F1 (samping tombol esc) sampai lampu diatasnya kedip-kedip. Setelah itu lakukan langkah selanjutnya dibawah.



Note: Jika keyboard Bluetooth Anda bukan Logitech, maka baca buku manualnya bagaimana cara masuk ke mode pairing / penyambungannya. Pada umumnya dilakukan dengan cara menekan tombol tertentu selama beberapa detik atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol tertentu (misalnya tombol Fn+F1, dsb). Sebagai contoh lain, untuk keyboard merk Puwei seri BT8A, untuk pairing dilakukan dengan cara menekan tombol esc + K selama 5 detik.

Note2: Jika anda sudah memasangkan perangkat pertama pada Logitech K380 dan ingin memasangkan perangkat kedua, maka untuk masuk mode pairingnya dilakukan dengan cara menekan F2 selama 3 detik. Untuk menyambungkan perangkat ketiga, tekan dan tahan F3.

Langkah 2: Masuk ke mode pairing di perangkat Android.

  • Buka Settings / Pengaturan
  • klik Bluetooth > Nyalakan
  • Klik Scan for device / Search devices / Cari Perangkat / Telusuri Perangkat / Tambah Perangkat
    Nanti akan muncul nama Keyboard Bluetooth-nya (dalam contoh ini akan muncul nama: "Logitech K380 keyboard".
  • Klik pada nama tersebut.


Langkah ketiga: Masukkan PIN / Pass Key Di Keyboard

Setelah anda klik nama keyboard pada langkah kedua diatas, nanti akan muncul tulisan "Bluetooth Pairing Request" / "Permintaan tautan bluetooth": "Masukkan PIN pada perangkat anda" / "Please Enter" (lihat gambar dibawah).



Setelah itu anda tinggal ketikkan PIN yang tertulis di layar ponsel / tablet Android anda pada perangkat keyboard Bluetooth lalu klik ENTER.

Selesai, jika sukses maka perangkat Android anda dengan Bluetooth Keyboard sudah terkoneksi dan anda bisa mengetik dengan lebih nyaman.

Setelah proses pairing selesai, setiap kali anda ingin mengetik menggunakan Keyboard, maka tidak perlu dilakukan proses pairing ulang. Anda cukup menyalakan Keyboard dan juga menyalakan Bluetooth di Android, maka secara otomatis akan terkoneksi.

Pertanyaan Terkait:

Apakah mengetik dengan keyboard Bluetooth nyaman?

Yup, nyaman dan tidak ada lag / jeda waktu. Saat tombol ditekan, huruf langsung muncul seketika itu juga. (tapi hal ini mungkin juga tergantung dengan perangkat yang digunakan).

Apakah bisa menggunakan kombinasi tombol untuk copy paste (Ctrl+C, Ctrl+V) atau untuk save (Ctrl+S) seperti di komputer?

Kalau di perangkat Android saya yang menggunakan sistem operasi Jelly Bean + Keyboard Bluetooth Logitech K380, maka kombinasi tombol tersebut berfungsi / bisa dipakai.

Catatan: Bluetooth Keyboard ada yang ukurannya mini (sebesar smartphone 5 inchi) ada juga yang berukuran sedang, ada juga yang berukuran normal seperti keyboard pada umumnya. Sebelum membeli, disarankan anda menanyakan dulu ukuran dari keyboardnya.

Keyboard Bluetooth berukuran kecil praktis untuk dibawa kemana-mana, namun pastinya akan kurang nyaman digunakan dalam jangka waktu lama. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan.

Bila ada hal lain yang ingin ditanyakan bisa mengisi kolom diskusi dibawah. Kalau waktunya memungkinkan akan saya balas.

Demikianlah artikel cara mengkoneksikan keyboard Bluetooth ke perangkat Android. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com

Artikel Terkait:



©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi