Cara "Ngecat" Velg Sepeda / Motor Dengan Sangat Mudah



13 Oktober 2016 Oleh Ted

Biasanya kalau kita mau ganti warna velg motor jadi warna hitam, kita menggunakan pilox atau cat semprot. Tapi proses itu cukup merepotkan karena harus melepas ban, velg atau setidaknya menutupinya (dengan koran, lakban atau bahan lainnya).

Nah, pada artikel kali ini akan diajarkan cara "ngecat" velg sepeda atau motor menjadi warna hitam dengan sangat-sangat mudah. Bisa dibilang ini tips cocok bagi para pemalas yang mau tampilan pelek motor / sepedanya keren tapi malas repot-repot

Catatan: mungkin bisa juga digunakan untuk warna lain, tapi saya hanya pernah coba warna hitam.

Bagaimana caranya? yaitu menggunakan spidol permanen. Memangnya kuat? memang hasilnya bagus? baca terus artikel ini untuk mengetahui beberapa tips dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan ingin menggunakan metode ini atau tidak.

1. Apakah hasilnya bagus?

Menurut saya sih bagus. Hasilnya lebih ke glossy atau mengkilat, tidak bisa hitam dof / matte. Seberapa mengkilatnya tergantung dari warna dasar velg yang digunakan. Contoh hasilnya bisa dilihat pada foto dibawah.



2. Apakah cukup kuat?

Cukup kuat kok. Walau memang tidak akan sekuat bila menggunakan cat semprot atau pilox. Tapi, seandainya kita ingin mengecat pelek motor pakai pilox sekalipun, jika tidak dikerjakan dengan baik maka akan mudah rontok / terkelupas. Sedangkan kalau pakai spidol, kita tidak perlu terlalu repot melakukan persiapan.

Seberapa kuat sih? Sobat tahu papan whiteboard? permukaannya licin dan halus kan? tapi coba goreskan spidol permanen di papan yang licin itu, susah dihilangkan bukan, bahkan ada yang tidak bisa hilang. Sekuat itulah kalau pakai spidol permanen.

Kalau dicuci pakai sabun sekalipun juga masih kuat, asalkan jangan di gosok terlalu keras-keras. Jadi saat mencuci velg, gosoknya pakai perasaan

Hal-hal yang harus diperhatikan

1. Pastikan pakai spidol permanen!

Spidol yang dijual di toko buku biasanya ada dua jenis: satu jenis permanen, satu lagi jenis yang buat menulis di whiteboard dan bisa dihapus, sering disebut spidol boardmaker.

Nah, pastikan sobat membeli yang jenis spidol permanent. Untuk merk bebas, tapi sebenarnya beda merk juga bisa beda kualitas dan kekuatannya sih. Yang pernah saya coba dan cukup bagus adalah merk Artline dan Snowman.

2. Beli yang ujung spidolnya kotak dan cukup besar

Ujung spidol biasanya ada dua jenis: Round Tip (bulat) dan Felt Tip (Kotak). Round Tip cocok untuk menulis, sedangkan yang Felt Tip / kotak cocok untuk marker, menandai dan juga untuk mewarnai pelek

Kalau sobat pakai yang ujungnya bulat pasti akan lama banget selesainya dan juga hasilnya kurang bagus (kecuali jago pakainya), tapi kalau untuk merapihkan bagian-bagian yang detil atau sulit terjangkau bisa pakai yang bulat.

Selain itu, sobat bisa memilih yang ukurannya agak besar atau lebar untuk mempercepat "pengecatan" velg. Dibawah adalah contoh spidol ukuran besar berujung kotak yang saya gunakan.



3. Butuh berapa banyak spidol? Berapa harganya?

Untuk repaint velg fixie seperti gambar diatas butuh 1.5 spidol ukuran besar untuk satu buah velg. Perlu diingat, jenis velg yang saya gunakan itu lebar (banget), jadi kalau ukuran velg-nya kecil kemungkinan cuma butuh satu spidol (ukuran besar) untuk satu velg. Saya beli beli spidol itu dengan harga 23 ribuan.

Prosedur Repaint Velg Motor / Sepeda:

  1. Bersihkan dulu bagian yang mau di cat
  2. Pasang isolasi atau lakban untuk bagian-bagian yang tidak mau terkena spidol, biar rapi dan nanti tinggal dilepas isolasinya
  3. Sebelum diwarnai keseluruhan, coba warnai dulu sedikit bagian velg untuk mengetes hasilnya dan mengetahui apakah cukup kuat menempel, dsb.
  4. Setelah itu, jika sudah yakin, tinggal warnai saja seluruh velg pakai spidol. Kalau ada yang ingin dihapus, gunakan minyak kayu putih.

Yang saya suka dengan metode ini adalah kita tidak perlu bongkar pasang velg dan bisa dilakukan dengan sangat cepat, paling beberapa menit saja sudah selesai.

Demikianlah informasi cara "mengecat" atau repaint velg motor atau sepeda dengan mudah. Jika mau melihat contoh pengerjaannya bisa melihat video dibawah. Semoga bermanfaat

Mau selalu dapat tips & trik, tutorial dan review terbaru? , dan juga Channel YouTube kami. Tujuannya biar kamu gampang menemukan gadoga.com, mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya Gratis kok sob! Jangan lupa juga untuk share artikel ini, mungkin bisa berguna untuk yang lain.




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi