Cara Menonton Film 3D / Bioskop di POnsel ANdroid

03 Oktober 2015 Oleh Ted

Bisa dibilang perkembangan teknologi selama beberapa tahun belakangan sangat pesat. Hal-hal yang dahulu hanya bisa di khayalkan, sekarang sudah menjadi kenyataan. Bagaimana tidak, bila dahulu kita harus membawa berbagai macam perangkat untuk berbagai jenis pekerjaan seperti memotret, tulis agenda (organiser), mendengarkan musik, dll, maka saat ini semua sudah bisa dilakukan hanya dengan memiliki sebuah smartphone.

Dan kali ini saya akan membahas salah satu kemampuan hp Android yang sebenarnya sudah cukup lama ada namun masih lumayan banyak orang yang belum mengetahuinya, yaitu kemampuan untuk menonton film 3 Dimensi (3D) atau bisa juga digunakan untuk merasakan sensasi seperti menonton di bioskop. Bayangkan, sekarang Anda bisa membawa bioskop kemana-mana

Aplikasi dan peralatan yang dibutuhkan:

  • File film 3 Dimensi (kalau mau nonton 3D)
  • Ponsel Android dengan rentang ukuran layar antara 4 sampai 5.5 inchi yang memiliki prosesor minimal Dual Core
  • Aplikasi AAA VR Cinema Cardboard 3D SBS by Candlify Technologies
  • Google Cardboard (Beli Dulu)

Tahap 1:

Pastikan Anda memiliki file film 3 Dimensi. Bisa dicari atau beli di internet. Untuk file 3D saat dimainkan akan terlihat terbagi menjadi dua bagian, entah dibagi kiri kanan atau atas bawah.

Letakkan file tersebut di handphone Android Anda.

Catatan: Kalau hanya Anda ingin merasakan sensasi seperti menonton bioskop, maka tidak perlu cari file 3 Dimensi, file video apapun bisa digunakan.

Tahap 2:

Untuk dapat menonton film 3 Dimensi atau seperti menonton di bioskop, maka Anda harus menginstall aplikasi AAA VR CINEMA Cardboard 3D, caranya:

  • Buka Google Play Store
  • Ketik pada kolom pencarian: AAA VR CINEMA
  • Klik Install (Pasang)

Tahap 3:

Setelah terinstall, maka lakukan hal berikut:

3.1. Buka aplikasi AAA VR Cinema

3.2. Klik PLAY FROM FINDER atau OPEN FROM GALLERY untuk mencari file video yang ingin Anda putar.

3.3. Setelah Anda pilih file, akan ada pilihan: Single, Side by Side, dsb.

  • Kalau Video Anda bukan 3 Dimensi > pilih Single
  • Kalau 3D > Pilih Side by Side atau Stacked.

3.4. Setelah itu akan ada beberapa pilihan seperti gambar dibawah.



  • Screen size berguna untuk mengatur besar kecilnya layar.
  • Apabila ponsel Anda tidak memiliki Gyro (Gyroscope), maka pada bagian "Head Tracking" sebaiknya pilih: Touch / Mouse.

3.5 Saat file video diputar, Anda dapat menggerak-gerakkan ponsel untuk mengatur sudut penglihatan atau melihat menu. Namun jika tidak memiliki Gyro, maka untuk mengatur sudut penglihatan atau melihat menu saat video diputar adalah dengan cara menyentuh dan geser layar.



Catatan: Kalau saat dimainkan posisi layar seperti tidak tepat berada di tengah, maka geser layar ke kiri lalu pilih pada tulisan: RESET selama beberapa detik. Setelah itu aplikasi akan melakukan Head Reset yaitu mengembalikan posisi layar tepat ditengah

Tahap 4:

Setelah Anda sukses melakukan Tahap 3, dalam arti video bisa dijalankan dengan baik dan lancar, maka Anda perlu untuk membeli Google Cardboard.

Sebenarnya alat ini berguna untuk aplikasi Virtual Reality (VR) dimana Anda seakan-akan berada di dunia yang berbeda saat menggunakan alat ini. Namun, untuk bisa menggunakan aplikasi VR dengan baik, ponsel Anda harus dilengkapi dengan gyroscope dan juga sensor magnet.

Tapi, kalau sekedar untuk nonton film tiga dimensi atau merasakan sensasi nonton di bioskop, maka hampir semua ponsel Android bisa melakukannya (selama ponselnya kuat untuk memutar file video yang ingin dimainkan).

Harga Google Cardboard cukup terjangkau, mulai dari 60 ribuan yang terbuat dari bahan kardus sampai 200 ribuan yang terbuat dari plastik. Penampilan Google Cardboard seperti dibawah:





Jika Anda sudah memiliki Google Cardboard atau VR Headset yang kompatibel, Anda tinggal menjalankan aplikasi AAA VR Cinema lalu pasang ponsel di VR untuk menikmati sensasi menonton 3 Dimensi atau seperti menonton bioskop. Lumayan buat pengiritan

Dibawah ini adalah foto yang diambil dari lubang lensa alat VR headset agar Anda bisa ada gambaran seperti apa tampilan saat film dimainkan:



Catatan:

Apabila Anda ingin menampilkan subtitle (text terjemahan film), maka lakukan hal berikut:

  • File sub yang di dukung oleh aplikasi AAA VR Cinema adalah jenis *.srt
  • Pastikan nama file subtitle sama dengan nama file video. Misalnya nama video: film-keren.mp4, maka subtitle harus diberi nama: film-keren.srt
  • Letakkan file subtitle di tempat yang sama dengan file video (jangan beda tempat)
Baca juga:
Cara rename (ganti nama) file, copy paste, transfer file dari dan ke komputer, dsb
Cara download subtitle Indonesia

Pertanyaan yang sering diajukan:

  • Bagaimana cara pakai Google Cardboard dan gunanya untuk apa?

Cardboard pada awalnya diciptakan agar pengguna ponsel bisa merasakan sensasi Virtual Reality dengan harga yang terjangkau. Bisa juga digunakan untuk menonton film 3 Dimensi seperti artikel diatas.

Cara pakainya: install aplikasi / game cardboard (banyak tersedia di Play Store) > jalankan aplikasinya > taruh handphone di dalam cardboard / VR headset > kenakan di kepala Anda.

  • Cardboard bisa beli dimana?

Di toko online banyak yang jual, contohnya di bukalapak.com, tinggal ketik saja: Google Cardboard nanti akan banyak pilihan

  • Berapa Harga Headset Virtual Reality?

Mulai dari 60 ribuan untuk yang terbuat dari kardus sampai 200 ribuan untuk yang terbuat dari plastik.

  • Bagusan yang dari kardus atau dari plastik?

Kalau dari kenyamanan, lebih nyaman yang dari plastik dan juga gambarnya lebih halus. Namun kekurangannya kalau yang dari plastik, terlihat seperti ada pemisah antara sisi kiri dan kanan. Yang dari kardus juga ada pemisahnya, namun tidak terlalu kentara.

Selain itu, lensa yang digunakan juga berbeda-beda, ada yang lensanya bagus, ada yang biasa. Baca saja keterangan deskripsi produk dari penjual. Kalau tidak ada penjelasan, berarti kemungkinan pakai lensa yang biasa.

Kekurangan dari yang menggunakan lensa biasa adalah video yang diputar seperti terlihat kurang halus, tapi masih cukup lumayan kok, sesuai lah dengan harganya

Catatan: saya menulis berdasarkan kedua jenis cardboard yang saya miliki seperti foto diatas, namun kalau untuk model yang lain saya belum pernah coba.

  • Kalau Google Cardboard yang dari kardus awet ga?

Cukup awet, tapi agak kurang nyaman dan biasanya tidak dilengkapi tali kepala (mesti beli lagi kalau mau dipasang tali).

  • Bisa bikin sendiri?

Bisa saja, tinggal beli lensanya (ada juga yang jual)

  • Apakah butuh HP Android dengan spesifikasi khusus agar bisa pakai Google Cardboard?

Kalau ingin bisa maksimal menggunakan aplikasi Virtual Reality, maka perlu ponsel yang memiliki sensor magnet (compass) dan juga gyroscope. Tapi kalau sekedar untuk nonton film, maka hampir semua ponsel Android bisa digunakan selama kuat untuk memutar file videonya.

  • Berapa ukuran layar HP yang bisa digunakan untuk nonton menggunakan cardboard?

Mulai dari 3.5 inchi sampai 6 inchi tergantung perangkat VR (cardboard) yang dibeli.

  • Biasanya pada cardboard ada magnetnya, itu untuk apa ya?

Magnet itu berfungsi sebagai tombol, seperti tombol OK untuk suatu pilihan.

  • Untuk film 3 Dimensi yang dimainkan, apakah efeknya benar-benar 3D?

Yup, efeknya real 3D, dalam arti gambar seakan-akan keluar dari layar dan menghampiri muka Anda. Lumayan kan tidak perlu beli TV 3D yang harganya lumayan mahal

Jika sobat masih bingung, bisa menonton videonya dibawah:

Demikianlah artikel cara menonton film 3 Dimensi / 3D atau merasakan sensasi menonton bioskop di perangkat Android Anda. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi