Cara Pasang Iklan OLX Tampilan Baru + Tips Menghindari Penipuan

08 Mei 2015 Oleh Ted

Penting: Saat ini banyak sekali penipu yang mengincar penjual di OLX. Oleh karena itu, baca di bagian bawah artikel kali ini untuk mencegah sobat kena tipu.

olx.co.id adalah situs online classified, yaitu menjual berbagai macam barang berdasarkan klasifikasi. Web ini merupakan salah satu yang paling besar di Indonesia. Sebelum bernama OLX, situs ini bernama tokobagus.com dan dulu memiliki pesaing bernama berniaga.com yang pada akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan OLX pada bulan Januari 2015.

Situs OLX pada tanggal 5 Mei 2015 mengalami perubahan tampilan dengan alasan untuk mempermudah penggunanya dalam memakai fasilitas web ini.

Setelah berubah nama dari tokobagus.com menjadi olx.co.id, banyak yang mengeluhkan semakin sulit untuk pasang iklan. Banyak iklan yang ditolak olx atau gagal tampil.

Alasannya sebenarnya cukup masuk akal, karena gratis, maka banyak penjual penipu yang pasang iklan di situs komersial tersebut. Untuk mengurangi hal tersebut, iklan-iklan sebelum ditampilkan ke publik harus di moderasi atau ditinjau dulu oleh pengelola website dan iklan yang dianggap tidak layak tidak akan bisa muncul.

Pada artikel kali ini saya akan mengajarkan caranya pasang iklan di OLX, tips-tips agar iklan tidak ditolak dan juga info agar Anda tidak tertipu oleh penjual maupun pembeli gadungan.

Cara Pasang Iklan di OLX.CO.ID

Sebelum Anda memasang iklan di OLX, disarankan Anda memiliki email yang aktif agar memudahkan untuk mengatur iklan Anda bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tahap 1: Klik Pasang Iklan

Ketik olx.co.id di browser website Anda, setelah itu klik: "Pasang Iklan"



Tahap 2: Isi Judul Iklan

Isilah judul iklan semenarik mungkin dan juga sesuai dengan produk yang dijual.

Tips agar iklan tidak ditolak OLX:

  • Judul jangan menggunakan huruf kapital (besar) semua
  • Jangan gunakan kata awal: jual, dijual, menjual, BU, WTS, Promo, Sale, Cuci Gudang, Sewa, Disewakan, Dikontrakkan, dsb. Cukup tulis keterangan produk saja
  • Jangan Tulis Nomor Telepon, PIN BB, Harga, Tanda baca, karakter khusus (simbol love, dsb) di judul.
  • Judul harus sesuai dengan produk / jasa yang dijual / ditawarkan.

Tahap 3: Pilih Kategori

Klik pada kolom kategori lalu pilih yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan



Tahap 4: Isi Harga



Isilah harga yang masuk akal, tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal. Kalau harganya masih bisa kurang / ditawar, centang tulisan: "nego" (pada gambar dilingkari merah)

Tips agar iklan tidak ditolak OLX:

  • Jangan isi harga asal-asalan atau dengan nomor aneh atau unik. Misalnya hanya satu angka, 777777, atau 12345, 00001, dsb. Isilah dengan harga yang sesuai.
  • Untuk barang yang bisa dicicil (misalnya mobil, motor, rumah, dsb), jangan isi dengan harga cicilannya. Isilah dengan nilai harga jual full atau yang mendekati.
  • Untuk produk jasa, lowongan kerja, dsb. Isi dengan harga yang mendekati nilai yang ditawarkan

Tahap 5: Pilih Kondisi: Baru / Bekas

Tahap 6: Isi Deskripsi Iklan

Isilah deskripsi sejelas dan semenarik mungkin. Jangan terlalu malas untuk menulis deskripsi karena hal ini bisa menentukan sukses atau tidaknya penjualan / penawaran Anda.

Tulis kelebihan-kelebihan produk atau jasa yang ditawarkan. Kalau misalnya ada kekurangan dari produk yang dijual (misalnya mobil atau motor bekas), sebaiknya diinfokan ke konsumen tapi juga dijelaskan solusinya.

Misalnya kalau AC kurang dingin, bisa diinfokan tinggal tambah freon (kalau memang benar kendalanya hanya freon), dsb. Biasanya calon pembeli lebih menyukai penjual yang jujur.

Tips agar iklan tidak ditolak OLX:

  • Isi deskripsi yang sesuai dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Jangan asal copy paste. Misalnya kalau menjual ponsel Samsung Galaxy S4, jangan tulis spesifikasi Galaxy S5.
  • Jangan taruh hyperlink atau HTML atau link ke website lain di dalam deskripsi.

Tahap 7: Masukkan Gambar Produk / Jasa Yang ditawarkan

Iklan yang memiliki gambar atau foto memiliki kesempatan untuk laku jauh lebih besar daripada yang tidak ada gambarnya.

Untuk memasukkan gambar:

  1. Klik tanda (+)
  2. Klik Foto yang mau ditampilkan
  3. Klik Open (lihat gambar dibawah)

Catatan: Ukuran file maksimum yang bisa di upload adalah sebesar 5 MB (5000KB). Kalau ukuran file diatas itu tidak akan bisa di upload (terlalu besar). Untuk memperkecil ukuran bisa menggunakan aplikasi Paint (hampir disetiap komputer Windows ada).



Tips agar iklan Anda tidak ditolak OLX:

  • Upload atau masukkan gambar yang jelas, tidak buram dan posisinya tidak terbalik, fotonya miring, dsb
  • Jangan upload foto yang mengandung unsur pornografi. Misalnya kalau jual pakaian dalam wanita / lingerie, pakai mannequin (patung) untuk display produknya
  • Jangan upload foto yang ada watermark atau tulisan link ke website lain
  • Untuk barang second / bekas, Gunakan foto produk asli, bukan foto brosur / flyer.

Tahap 8: Isi Data Diri

Isi data diri Anda dengan benar agar calon pembeli mudah menghubungi Anda. Data yang harus diisi adalah:

  • Provinsi: Pilih dimana Anda tinggal saat ini atau pilih dimana barang yang dijual berada
  • Kota
  • Nama: Nama ini akan ditampilkan di iklan
  • Email: Isilah alamat email yang masih aktif
  • Nomor Telepon / HP: Isi dengan nomor yang aktif dan sering digunakan. Kalau nomor tersebut bisa WhatsApp, centang: "Saya bisa dihubungi lewat WhatsApp"
  • Pin BB: Boleh diisi boleh juga tidak.

Tahap 9: Menyetujui Syarat Penggunaan OLX

Ini adalah tahap terakhir sebelum iklan Anda terpasang di OLX. Yang harus Anda lakukan adalah mencentang tulisan: "Saya setuju untuk memproses data pribadi saya dengan syarat penggunaan OLX.co.id sesuai dengan hukum. Saya menyatakan bahwa saya cukup umur sesuai hukum" lalu setelah itu klik "SIMPAN"



Setelah anda klik Simpan, iklan tidak akan langsung muncul karena harus di moderasi terlebih dahulu oleh tim website OLX. Waktu munculnya iklan Anda bervariasi, mulai dari hanya beberapa menit sampai beberapa jam.

Kalau iklan Anda tidak muncul-muncul atau ditolak, Anda bisa menghubungi bagian Customer Service OLX untuk menanyakan kenapa iklan Anda tidak muncul. Biasanya akan segera dijelaskan dan kalau karena kesalahan sistem, iklan akan segera ditampilkan.

Cara Hapus atau Edit Iklan OLX

Pada awal artikel kami menginformasikan bahwa sebaiknya Anda menggunakan email yang masih aktif dan salah satu kegunaannya adalah untuk mengedit atau menghapus iklan OLX.

Bagi Anda yang melakukan pendaftaran terlebih dahulu, maka untuk edit iklan bisa dengan cara login terlebih dahulu ke OLX.

Bagi Anda yang tidak melakukan pendaftaran (langsung pasang iklan), maka untuk edit atau hapus iklan OLX bisa dilakukan melalui email yang Anda masukkan saat mengisi data penjualan, berikut caranya:

  • Buka Email Anda lalu cari pesan dari OLX (biasanya dikirim dari alamat email noreply@olx.co.id)
  • Setelah itu Anda akan menemukan pilihan untuk lihat, hapus maupun edit iklan OLX. Yang Anda perlu lakukan tinggal di klik saja sesuai kebutuhan. Contoh emailnya bisa dilihat dibawah:


Catatan: Bila Anda tidak bisa menemukan email tersebut, coba cari di folder SPAM atau Junk Email Anda

 

Tips Aman Membeli Maupun Menjual Barang di OLX

Tips Bagi Calon Pembeli

1. Sebisa Mungkin Lakukan COD

Perlu Anda ketahui bahwa OLX saat ini belum ada sistem perlindungan pembeli seperti ebay atau penggunaan rekening bersama seperti bukalapak, tokopedia, dsb. Jadi, semua transaksi yang terjadi atau iklan-iklan yang ditampilkan di OLX adalah bukan tanggung jawab pihak OLX.

Jadi, kalau Anda ingin membeli barang yang diiklankan di OLX, hanya lakukan dengan cara bertemu langsung dengan penjual dan lakukan pembayaran hanya saat barang sudah diterima dan diperiksa. Sistem ini sering disebut COD yang merupakan singkatan Cash On Delivery.

2. Transaksi di tempat aman

Jika Anda janjian ketemuan dengan penjual, disarankan dilakukan di tempat-tempat keramaian (mall, supermaket, dsb) dan kalau bisa ajak seseorang bersama Anda.

3. Bawa seseorang yang ahli atau pelajari produk yang hendak dibeli

Jika Anda misalnya ingin membeli sebuah ponsel, ajak seseorang yang mengerti ponsel, jangan sampai hp yang Anda beli adalah barang KW / Palsu. Atau jika tidak ada yang bisa diajak, pelajari dulu hal-hal yang perlu diketahui untuk membedakan barang palsu dan asli.


Tips Transaksi Aman di OLX Bagi Penjual

Saat ini para penipu bukan hanya mengincar pembeli saja, namun juga menyasar penjual barang di OLX. Berikut beberapa tips untuk menghindari hal tersebut:

1. Beri Info Detil Pada Produk

Info detil dan jujur sebenarnya diperlukan bukan untuk menghindari penipuan, tapi lebih untuk menghindari emosi calon pembeli. Misalnya Anda menjual motor bekas lalu Anda beri info kalau kondisi mulus, tapi kenyataannya motor banyak dempul disana sini.

Kalau calon konsumen lihat barangnya langsung, ada kemungkinan dia menjadi emosi karena kondisinya tidak sesuai dengan yang diinfokan sebelumnya.

2. Bertransaksilah di tempat umum dan ramai

Sebaiknya transaksi dilakukan di tempat netral dan umum. Misalnya di mall, di bank, di bengkel resmi, dsb.

3. Ajak orang lain

Kalau ada teman, saudara atau sahabat, sebaiknya Anda ajak untuk menemani Anda saat proses transaksi berlangsung.

4. Perhatikan metode pembayaran

Kalau pembayaran dilakukan dengan cara cash / tunai, disarankan Anda memeriksa uang tersebut asli atau tidak dengan cara 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang) atau menggunakan alat money detector atau bisa juga transaksi dilakukan di Bank (langsung di setor ke tabungan).

Kalau pembayaran dengan sistem transfer, pastikan dana sudah masuk ke rekening Anda. Jangan hanya percaya dengan bukti transfer. Saat Anda cek rekening Anda, pastikan si pembeli tidak ikut campur, misalnya dengan mengarahkan Anda cara cek rekening bagaimana, dia ikut masuk ke mesin ATM, dsb. Intinya jangan pernah mau ikuti instruksi dari pembeli.

Sebagian besar penipuan terjadi dengan cara menggiring korban ke ATM. Jadi, kalau anda disuruh ke atm lalu diarahkan harus pencet menu2 tertentu, dia ingin tahu isi ATM anda, dsb, SUDAH PASTI itu adalah penipuan.

  • Pembeli Sungguhan akan berkata: "Saya sudah transfer ke rekening anda, cek saja" > setelah itu pembeli tidak akan memberi instruksi atau menyuruh2 anda, paling-paling nanti cuma bertanya "sudah dicek belum?"
  • Pembeli bohongan / penipu akan berkata: "Saya sudah transfer, silahkan cek ke atm" > setelah itu dia akan TETAP MENCOBA MENGHUBUNGI anda saat berada di dalam ATM, atau sebelumnya penjahat akan mengirimkan instruksi khusus bagaimana cara-cara melihat saldo atm / cara transfernya. Intinya penipu akan MENGARAHKAN anda untuk melakukan hal-hal sesuai kemauan penjahat.

PENTING: Kalau pembeli mengatakan membayar melalui Mandiri E-Cash / metode tidak umum lainnya, SEGERA TOLAK jangan diteruskan. Sudah banyak korbannya. Baca artikel: Penipuan menggunakan mandiri E-Cash klik disini.

5. Tidak Perlu Test Drive

Hal ini berlaku untuk yang menjual mobil atau motor. Kalau saya pribadi tidak menyarankan Anda menyetujui test drive (Calon pembeli mencoba mengendarai kendaran Anda ke suatu tempat). Karena kejahatan sering terjadi melalui metode ini.

Bila pembeli ingin test drive, katakan saja tidak bisa. Sarankan ke dia kalau ingin periksa kendaraan bisa bawa orang yang ahli atau bisa juga dilakukan di bengkel resmi.

Jika memang benar2 harus melakukan test drive, lakukan di tempat yang aman, misalnya berputar-putar di parkiran sebuah mall dan tidak boleh keluar dari wilayah itu (karcis parkir Anda yang pegang).

6. Jangan Menerima DP / Uang Muka

Penipuan DP mobil atau motor sering terjadi. Jadi sistemnya ada penipu yang berpura-pura ingin membeli barang Anda. Metode yang sering digunakan sebagai berikut:

  1. Penipu menghubungi Anda menanyakan apakah barang masih tersedia
  2. Dia akan pura2 nego harga. Setelah Anda kasih harga dia akan bilang mau tanya dulu ke keluarga / istri, dsb dan setelah itu menutup telponnya (biar kesannya wajar tidak langsung mau).
  3. Tidak beberapa lama kemudian, dia akan bilang oke harganya cocok tapi saat ini sedang di luar kota, masih belum sempat datang dsb lalu menawarkan tanda jadi atau DP agar barang tidak dijual ke yang lain.
  4. Dia akan menanyakan nomor rekening Anda untuk transfer DP
  5. Setelah beberapa saat penipu tersebut akan mengatakan kalau sudah transfer uang mukanya
  6. Otomatis Anda segera cek saldo rekening (yang pastinya tidak akan ada dana yang masuk). Dan saat Anda menghubungi penipu mengatakan belum ada dana masuk, dia akan mengatakan bahwa sedang ada gangguan lah, dsb nah disaat inilah dia akan beraksi
  7. Penipu akan meminta Anda ke ATM untuk cek saldo lalu dia akan mengatakan bahwa sedang terjadi gangguan dan perlu bantuan dari pihak BANK dengan cara conference call, dsb. Setelah itu Anda akan dipandu untuk mencet-mencet tombol ATM, beritahukan PIN, dsb dengan alasan untuk mengatasi gangguan. Bila ini yang terjadi, segera hentikan kegiatan dan tarik keluar kartu ATM Anda. Ini sudah pasti 100% penipuan dengan cara memandu Anda untuk transfer ke rekening sang penipu.

Catatan:

  • Pihak Bank yang resmi tidak pernah menanyakan PIN ATM ke nasabahnya.
  • Kalau Ada yang menawarkan DP, jangan pernah mau, tolak saja secara halus. Apalagi kalau orangnya belum lihat barangnya langsung mau deal, itu sangat mencurigakan.

Saya pribadi pernah mengalami penipuan DP Mobil seperti ini, tidak tanggung-tanggung ada tiga penipu berbeda yang menghubungi saya. Semuanya menawarkan DP terlebih dahulu dan metodenya mirip2. Saya tidak sampai memberikan nomor rekening saya karena memang dari awal menolak keras yang namanya DP

Perlu saya akui, para penipu tersebut cukup profesional dan cara berbicaranya meyakinkan dan bisa memanipulasi orang yang lemah, bisa dibilang semi hipnotis atau mind games (permainan pikiran).

Jadi, kalau ada yang menawarkan DP > segera tolak, lakukan transaksi di tempat aman dan perhatikan tips-tips diatas.

Dibawah ini adalah contoh SMS penipuan OLX:



Dari SMS diatas ada beberapa indikasi penipuan, yaitu:

  1. Cara tulis SMS-nya itu identik dengan penipuan, saya tidak bisa jelaskan bagaimana secara detail, tapi saya sudah sering dapat SMS penipuan dan kalau saya perhatikan gaya SMS-nya mirip2. Mungkin aura penipunya keluar Secara garis besar intinya dia mengatakan sudah COCOK dan MINAT (padahal belum lihat barangnya)
  2. Katanya tadi sudah telp tapi tidak masuk, padahal kondisi sinyal saya bagus, sms lancar dan saya juga beberapa kali terima telp tidak masalah --> Indikasi penipuan
  3. Kesalahan detil di SMS (mungkin copy paste). Pertama dia bilang HADIE itu bapaknya, lalu dibelakangnya dia tulis HADIE itu suaminya (lihat tulisan yang saya garis bawahi). Yang benar yang mana?

Dari ciri-ciri tersebut sudah mengindikasikan bahwa SMS diatas 95% kemungkinan adalah SMS penipuan. Kenapa saya tutupi nomor teleponnya? Karena masih ada 5% kemungkinan itu bukan sms penipuan

Kalau saya pribadi tidak akan menanggapi lebih lanjut SMS seperti diatas, tapi kalau seandainya Anda ingin menindaklanjuti, saya hanya bisa menyarankan sangat ekstra hati-hati, karena saya bilang sebelumnya, itu kemungkinan besar adalah penipuan.

Demikianlah info cara pasang iklan di OLX.CO.ID, panduan agar iklan tidak ditolak OLX, cara edit serta hapus iklan, serta tips berbelanja dan Berjualan aman online. Semoga bermanfaat Kalau ada tips atau pendapat bisa isi kolom komentar dibawah. Salam - gadoga.com



Agar sobat tidak ketinggalan info dan tips berguna lainnya, ikuti media sosial kami (free):

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

©2009-2017 gadoga.com - P13
Disclaimer | Kebijakan Privasi