Cara Pasang Kabel LAN (UTP) Ke Konektor (RJ-45) Tanpa Pakai Alat Khusus (Crimping)



03 Oktober 2016 Oleh Ted

Saat ini banyak sekali tutorial cara memasang Kabel Lan (UTP) ke soketnya, tapi semuanya pasti membutuhkan alat khusus yang dinamakan tank Crimping dan juga membutuhkan alat LAN Cable Tester untuk mengecek apakah kabelnya berfungsi dengan baik atau tidak.

Nah, pada artikel ini akan diajarkan cara "cheat" alias cara gampang memasang kabel UTP / Kabel LAN tanpa menggunakan alat khusus / special tool. Alat yang dibutuhkan hanya isolasi dan gunting saja.

Note:

  1. Saya bilang ini "gampang" tapi mungkin beberapa orang yang biasa pasang kabel LAN akan mengatakan sebaliknya.
  2. Saya bilang ini lebih praktis karena saya terlalu malas untuk belajar cara pasangnya (maklum cuma butuh sekali dua kali saja, bukan sering).
  3. Saya tidak mau keluar uang untuk beli alat crimping dan alat tester.
  4. Saya tidak mau salah pasang yang akibatnya (mungkin) bisa merusak komponen (komputer, hub, router, switch, dsb).
  5. Kabel UTP itu sering disebut juga kabel LAN
  6. Soket / Konektor / Ujung plastik transparan berbentuk kotak itu dinamakan RJ-45 dan hanya bisa sekali pakai. Artinya kalau salah pasang posisi kabel atau kurang pas yang akibatnya tidak berfungsi, maka konektor RJ-45-nya mesti dibuang dan ganti baru.
  7. RJ-45 berbeda dengan Ujung / soket kabel telepon rumah, walaupun bentuknya mirip.

Ok, jadi gimana caranya? Gampang, sobat tinggal beli kabel LAN yang sudah jadi (terpasang konektor) di toko komputer, lalu dipotong dan disambung saja dengan kabel LAN yang dibutuhkan. Bingung? Dibawah adalah tahapan lebih detilnya.

1. Pastikan Sobat Tidak Buta Warna

Kalau buta warna, mohon maaf sepertinya tidak bisa melakukan tips ini.

2. Beli Kabel LAN Yang Sudah Terangkai Dengan Konektor

Untuk merangkai kabel UTP ini sebenarnya ada dua jenis cara pemasangan. Ada yang straight / lurus, ada juga yang crossover / menyilang. Perbedaannya, sobat bisa cari sendiri di internet. (Saya sebenarnya coba mengerti bedanya apa tapi tetap ga mudeng ).

Nah dengan metode ini kita tidak perlu pusing-pusing cari tahu bedanya apa, sobat cukup kunjungi toko komputer terdekat lalu bilang saja sobat mau beli kabel LAN / UTP untuk apa. Misalnya untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain, atau untuk menyambung dari router ke laptop, untuk menyambung dari router ke router, dll.

Intinya, bilang saja mau beli kabel untuk peruntukan apa dan minta toko komputernya untuk merangkaikan kabel LAN yang sudah terpasang konektor RJ-45. Cukup beli 1 meter saja (yang sudah terpasang). Setelah itu, beli lagi kabel LAN yang belum terangkai jika dibutuhkan.

3. Tes Dulu Kabel LAN-nya

Sampai di rumah (atau kantor, atau warnet, dll), tes dulu kabel yang sudah jadi itu untuk mengetahui kabelnya berfungsi dengan baik atau tidak. Cara tes-nya ya tinggal dipasang saja pada alat yang mau disambung kabel LAN.

4. Potong kabel yang sudah jadi (terpasang konektor RJ-45) lalu sambung dengan kabel yang dibutuhkan.

Kalau sudah dites dan ternyata kabel yang baru kita beli di toko komputer berfungsi dengan baik, kita tinggal potong saja kabel yang sudah jadi (yg terangkai) lalu disambung dengan kabel yang masih belum ada kepala soket RJ-45 nya.

Buka kulit luar dari kabel UTP lalu sobat akan menemukan 8 kabel kecil yang perlu disambung. Tinggal ikuti saja warna kabelnya, biru ke biru, oranye ke oranye, hijau ke hijau, hijau-putih ke hijau-putih, dst.



Paling jika menggunakan dua kabel dengan pembuat yang berbeda (beda pabrik), bisa terjadi sedikit perbedaan warna, misalnya satunya warna coklatnya lebih tua, atau oranyenya lebih muda, dsb, tapi untuk jenis warnanya sama saja, ada biru, hijau, coklat dan oranye + kombinasi warna putihnya.

Jika diperlukan, sobat bisa menyolder sambungan kabelnya, tapi tidak harus, asalkan menyambung kabelnya cukup kuat. Saya sendiri tidak di solder dan berfungsi dengan baik.

Catatan tambahan:

1. Bagaimana Kecepatan Kabel Yang Disambung?

Saya pribadi sih tidak merasakan penurunan kecepatan (internet, transfer data, dsb). Alias berfungsi dengan normal dan tidak ada kendala / kualitasnya sama saja dengan sebelum disambung.

2. Pastikan sambungannya kuat

Untuk cara menyambung kabelnya bebas atau terserah kepada sobat masing-masing. Kalau saya pribadi cara menyambungnya seperti pada gambar diatas. Memang terlihat jadi agak kurang rapi (karena kabelnya tidak bisa lurus), tapi mudah dilakukan dan relatif kuat.

3.Pertimbangkan untuk beli alat Crimping

Kalau sobat kerjaannya akan sering pasang kabel LAN, maka mungkin lebih baik dipertimbangkan beli alat Crimming, biar lebih rapi saja. Selain itu harganya juga relatif tidak terlalu mahal, mulai dari 70 ribuan. Dan kepala / soket / connector RJ-45-nya juga murah, paling sekitar 1-2 ribuan (kalau gagal tidak rugi juga).

Demikianlah informasi cara memasang atau menyambung kabel LAN (UTP) tanpa memerlukan bantuan alat khusus seperti tang crimping dan cable tester. Semoga bermanfaat

Mau selalu dapat tips & trik, tutorial dan review terbaru? , dan juga Channel YouTube kami. Tujuannya biar kamu gampang menemukan gadoga.com, mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya Gratis kok sob! Jangan lupa juga untuk share artikel ini, mungkin bisa berguna untuk yang lain.




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi