Cara Memasang Tempered Glass



16 Agustus 2016 Oleh Ted

Tampaknya sekarang ini sudah mulai jarang yang menjual anti gores model biasa. Dengan harga tempered glass yang semakin murah (mulai dari 12 ribuan), tampaknya membuat hampir semua orang memilih pakai temper glass dibanding anti gores biasa.

Catatan: Tempered Glass sebagian saya singkat jadi TG biar ga kepanjangan tulisnya

Apa itu tempered glass?

Kalau dari asal kata-nya "glass" adalah kaca. Tapi kenyataannya dari selama ini saya beberapa kali membeli TG, kelihatannya tidak ada yang terbuat dari kaca. Hanya "kelihatannya" ya, saya tidak tahu kebenarannya apakah benar-benar dari kaca atau bukan.

Saya cuma mau bilang, kalau kamu beli TG lalu terlihat seperti dari plastik, tidak perlu heran atau terpikir tertipu, karena kenyataannya memang seperti itu. Lebih terlihat seperti dari plastik dibanding dari kaca.

Maksud "tempered" sendiri adalah proses memperkuat "kaca" dengan suatu metode yang meliputi pemanasan, pendinginan dan juga campuran bahan-bahan kimia. Fungsinya agar "kaca" tersebut lebih kuat dibanding tidak dilakukan proses "tempered" dan juga saat pecah / rusak tidak membahayakan karena akan pecah menjadi butiran-butiran kecil yang tidak tajam.

Secara singkat tempered glass di layar handphone adalah semacam lapisan kaca pelindung agar layar ponsel kamu tidak mudah tergores dan juga melindungi dari benturan.

Mungkin akan muncul pertanyaan:

Ponsel saya sudah menggunakan kaca anti gores, misalnya Corning Gorilla Glass 3, apakah perlu pasang tempered glass?

Saya tetap menyarankan dipasang TG. Kenapa? karena kaca anti gores tetap saja tidak 100% anti gores. Artinya memang lebih tahan gores, tapi sampai titik tertentu tetap saja BISA tergores.

Coba bayangkan seandainya ponsel kamu jatuh lalu dibawah ada batu lancip yang akan menghantam kaca ponsel kamu. Pasti kamu akan lebih memilih kalau ada TG yang terpasang di HP, karena batu tersebut akan menghantam TG terlebih dahulu.

Dimana kita bisa dapatkan tempered glass berharga murah? Jawabannya adalah di toko online seperti Bukalapak atau Tokopedia. Beberapa hari yang lalu saya baru saja membelinya dengan harga hanya Rp. 12.500,- (belum termasuk ongkos kirim) untuk ponsel Redmi Note 3 Pro (padahal ponsel ini termasuk memiliki layar berukuran cukup besar / 5.5 inch).

Sekarang yang jadi kendala adalah, tidak semua orang bisa memasang tempered glass. Kalau-kalau salah pasang bisa membuat ada gelembung yang tidak enak terlihat dan paling parah, bisa memecahkan TG.

Karena cara pasangnya gampang-gampang susah, maka wajar saja jika toko handphone menjual TG dengan harga antara 35-60 ribuan. Sebenarnya ini lebih sebagai ongkos jasa pasangnya.

Pada artikel ini saya akan ajarkan bagaimana caranya memasang TG dan juga tips bagaimana seandainya layar kaca kamu banyak debunya / kotor dan gagal saat percobaan pemasangan yang pertama.

Tahap 1: Beli Tempered Glass + Latihan Pasang

Tentu saja sebelum pasang, kamu harus beli dulu TG-nya. Kalau kamu beli online dan harganya murah, disarankan beli 2 pcs. Kenapa? biar lebih murah ongkos kirimnya. Kalau kamu gagal pada percobaan pertama, maka masih ada cadangannya.

Atau jika kamu sudah berhasil pasang TG dengan baik saat pertama kali coba, maka satunya bisa kamu simpan jika sewaktu-waktu pecah atau sudah kurang baik kondisinya.

Setelah barangnya datang / kamu terima, pertama-tama pastikan dulu bahwa memang betul peruntukannya untuk ponsel kamu. Kamu bisa cocokkan atau pas-kan di layar HP apakah ukurannya pas dan terdapat lubang-lubang yang diperlukan (misalnya lubang untuk earpiece, tombol HOME, dsb).

Pada tahap ini saya juga menyarankan kamu untuk latihan memasang TG saat lem belum dibuka. Jadi kamu bisa berpura-pura seakan hendak memasang TG. Ini berguna untuk "melatih" tangan kamu agar posisinya pas saat memegang TG.

Tahap 2: Cari tempat yang bebas debu

Sangat disarankan kamu memasang tempered glass handphone di tempat yang bebas debu atau bersih. Karena jika sedikit ada debu saja bisa mengacaukan pemasangan TG. Jika mau dilakukan di atas meja, pastikan di lap dulu dengan baik.

Tahap 3: Bersihkan layar ponsel

Biasanya jika kita membeli TG, akan disertakan dua buah lap. Satu lap basah dan satu lagi lap kering. Gunakan lap yang basah terlebih dahulu baru gunakan lap yang kering untuk membersihkan layar ponsel. JANGAN gunakan tisu kering, karena tisu ada serabutnya dan bisa menempel di layar seperti debu.

Tahap 4: Gunakan Dust Absorber

Jika kita membeli tempered glass, kadang diberikan dust absorber kadang juga tidak. Apa itu? sebenarnya ini hanya semacam sticker yang berguna untuk menempelkan atau mengambil kotoran dan debu yang ada di layar ponsel.

Cara pakainya tinggal tempelkan saja di bagian layar HP yang terlihat ada debunya lalu diangkat. Nanti debunya akan ikut menempel di sticker.

Jika tidak dapat dust absorber, jangan khawatir, sobat bisa menggunakan lakban bening untuk membersihkan debu-debu yang menempel di layar. Ini berguna jika layar ponsel sobat sangat kotor / berdebu.

Catatan penting! Jika sobat ingin menggunakan isolasi / lakban, maka pastikan menggunakan lakban yang berkualitas bagus (tidak meninggalkan bekas residu / bekas lem saat diangkat). Untuk mengetesnya, sobat tempelkan isolasinya di tempat lain, misalnya di cermin lalu angkat dan lihat apakah meninggalkan bekas lem atau tidak.

Kalau saya menggunakan lakban merek "Daimaru Tape", saya rasa merk ini cukup mudah ditemui di toko-toko alat tulis dan tidak juga harus pakai merk ini. Yang penting jangan pakai yang murahan banget.

Lakban juga bisa berguna jika misalnya kamu sudah pasang TG-nya dan ternyata terjadi gelembung di layar karena terganjal debu. Jika begini kejadiannya, kamu bisa copot lagi TG-nya lalu tempelkan isolasi selain di layar hp tapi juga di TG-nya.

Untuk tahap ke empat ini sebenarnya tidak harus dilakukan jika sobat benar-benar yakin bahwa di kaca tidak ada debu sama sekali.

Tahap 5: Pasang Tempered Glass

Akhirnya kita harus melakukan tahapan yang "susah-susah gampang". Kunci utama keberhasilan dari pemasangan TG adalah dua hal:

  1. Kebersihan layar ponsel
  2. Ketepatan pemasangan

Jika dua hal diatas dilakukan, maka dijamin TG akan terpasang dengan baik dan cantik

Cara pasangnya sebenarnya cukup mudah:

1. Pegang TG di pinggiran seperti foto dibawah ini:



2. Posisikan agar lubang TG tepat sebagaimana mestinya

Biasanya saya memasang temper glass berpatokan dari lubang yang ada di TG. Dalam contoh diatas, terdapat lubang earpice dan lubang kamera. Maka saya menyocokkan agar posisinya pas, tidak terlalu kekiri kekanan atau keatas kebawah. Tentunya disesuaikan juga dengan lebarnya.

Dikarenakan ini adalah proses yang sangat penting, oleh karena itu di tahap pertama saya menyarankan agar sobat mencoba berpura-pura mau pasang TG di layar ponsel saat kondisi lem belum dibuka. Karena kalau sudah menempel akan sulit dicopot.

3. Lepaskan TG dan biarkan menempel sendiri

Jika sobat sudah yakin posisinya pas, tinggal lepaskan TG nanti akan menempel sendiri tanpa perlu di tekan-tekan.

Bagaimana kalau salah pasang atau posisinya kurang pas? Jangan khawatir, bisa dibuka lagi kok, tapi lakukan dengan berhati-hati. Congkel menggunakan plastik tipis lalu buka secara merata dan perlahan. Jangan terburu-buru dan membentuk sudut yang tajam karena bisa membuat TG pecah.

Setelah itu coba pasang ulang lagi. Kalau ada debu yang menempel tinggal bersihkan layar maupun TG menggunakan dust absorber atau lakban bening.

Kalau sobat masih bingung bagaimana cara pasangnya bisa menonton video cara pasang Tempered Glass dibawah ini:

Mau selalu dapat tips & trik, tutorial dan review terbaru? , dan juga channel YouTube kami. Tujuannya biar kamu gampang menemukan gadoga.com, mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya Gratis kok sob!



©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi