Cara Perbaiki ASUS Zenfone 6 yang brick, bootloop atau tidak bisa masuk ke menu

1 Februari 2015 oleh Ted

Sekitar dua hari yang lalu saya ingin men downgrade ponsel ASUS Zenfone 6 saya dari yang tadinya menggunakan sistem Android KitKat 4.4 ingin di turunkan menjadi sistem operasi Jelly Bean 4.3. Ada dua alasan kenapa saya melakukan hal ini yaitu:

  • Karena Android KitKat secara standar tidak mengijinkan akses secara leluasa ke file yang ada di Micro SD (selengkapnya klik disini).
  • Setelah di upgrade ke KitKat, setiap kali menggunakan fitur USB OTG (On The Go), saat mencabut flash disk, beberapa aplikasi menjadi error.

Nah karena dua alasan itulah saya memutuskan untuk kembali menggunakan Android Jelly Bean. Mulai lah saya melakukan persiapan untuk flashing dan hal pertama yang saya lakukan adalah melalui wipe data dan wipe cache, namun entah mengapa, setelah dilakukan wipe data dan wipe cache ASUS Zenfone 6 malah bootloop 

Catatan: Bootloop adalah kondisi dimana ponsel Android tidak bisa masuk ke menu secara normal. Ditandai dengan pada saat menyalakan ponsel, layar hanya menunjukkan splash screen atau logo merk ponsel dan tidak ada kemajuan atau loading terus. Pada ponsel Zenfone 6 milik saya, saat dinyalakan hanya memunculkan logo ASUS dan tidak ada kemajuan.

Di saat kepala pusing n lumayan panik untuk perbaiki hp saya (karena itu ponsel untuk kerja) eh datanglah seseorang (istri saya -red)  yang mulai ngejek saya, katanya: “Makanyaaa jangan beli hape Cinaaaa….” sambil ketawa ketiwi terus saya bales: “ASUS itu bukan merk Cina tauuuu… tapi merk Taiwaaan” terus dia bales lagi: “ah sama aja, hape ga jelas, rusak-rusak juga kaaan” sambil tertawa puas He he, alasan dia senang saat ASUS Zenfone 6 saya rusak adalah karena selama ini saya sering ngecengin ponsel dia yang harganya jauh lebih mahal tapi kualitas kamera dan performanya masih dibawah ZF6, jadi wajarlah kalau dia sepertinya puas (karena sebelumnya dia ga nemuin kekurangan ZF6 utk dijadikan argumen ke saya).

Ok, back to topic, hampir semua cara sudah saya tempuh untuk mengembalikan ASUS Zenfone 6 berfungsi normal lagi.  Mulai dari coba factory reset ulang, install firmware melalui adb sideload, install recovery Jelly Bean sampai saya download Android SDK dan berbagai firmware yang ukurannya tidak kecil, namun semua sia-sia. Malah, sepertinya kondisi ponsel malah tambah parah dan saat di posisi recovery mode muncul keterangan:

E:failed to mount /cache (Invalid argument)
E:Can’t mount /cache/recovery/log
E:Can’t open /cache/recovery/log
E:failed to mount /cache (Invalid argument)
E:Can’t mount /cache/recovery/last_log
E:Can’t mount /open/recovery/last_log
E:failed to mount /cache (Invalid argument)
E:Can’t mount /cache/recovery/last_install
E:Can’t mount /open/recovery/last_install
E:failed to mount /cache (Invalid argument)
E:Can’t mount /cache/recovery/last_update-script.log
E:Can’t mount /open/recovery/last_update-script.log
E:Cannot load volume /misc!

Setelah berjam-jam utak atik ponsel dan hampir putus asa mau dibawa ke service center, ternyata saya menemukan solusi yang cukup simple dan tidak butuh menggunakan komputer. Berikut cara perbaiki ponsel ASUS Zenfone 6 yang bootloop (mungkin bisa juga diterapkan di Zenfone 5).

Sebagai catatan, kalau Anda masih bisa masuk ke menu, namun ada aplikasi yang bermasalah atau ponsel sering hang, maka Anda dapat melalukan factory reset (akan menghapus semua data). Caranya: Masuk ke Settings > Backup & Reset > klik Factory data reset. Tapi kalau sama sekali tidak bisa masuk ke menu, maka lakukan hal dibawah:

Cara pertama: Factory reset melalui Fastboot Mode

1. Matikan ponsel lalu tunggu selama 20 detik

2. Dalam kondisi ponsel mati, tekan tombol Volume Atas + Tombol Power secara bersamaan (lihat gambar 1) sampai layar menyala

Gambar 1

Gambar 1. Cara masuk Fastboot Mode Zenfone

3. Anda akan masuk ke dalam mode Fastboot.

4. Dengan menggunakan tombol volume down, arahkan ke tulisan: Factory Reset lalu klik tombol Power untuk memilih

Gambar 2: Fastboot Mode

Gambar 2: Fastboot Mode

Setelah itu ponsel akan tetap menunjukkan tulisan error, dsb lalu ponsel akan mati seperti menunjukkan factory reset telah gagal, nah kuncinya disini, Anda harus SABAR MENUNGGU sekitar 5 sampai 10 menitan sampai ponsel menyala lagi, dan setelah itu anda harus kembali menunggu sekitar 5-10 menit lagi setelah ponsel menyala dan menunjukkan logo ASUS, tunggu sampai ponsel benar-benar booting dan bisa masuk ke menu.

Kesalahan saya selama ini adalah tidak sabar menunggu, sehingga saat layar ponsel mati, tidak lama kemudian saya langsung coba menyalakannya dengan menekan tombol power.

Metode simple diatas cukup ampuh mengatasi permasalahan E:failed to mount /cache, tapi jika menggunakan cara diatas tidak bisa, coba cara dibawah:

Cara Kedua mengatasi ASUS Zenfone 6 tidak mau menyala normal: Wipe Data & Wipe Cache Melalui Recovery Mode

Bila ponsel ZF6 Anda pada saat dinyalakan tidak muncul logo ASUS namun hanya menunjukkan gambar USB saja lalu langsung mati maka bisa dicoba cara berikut ini:

1. Matikan ponsel lalu masuk ke Fastboot Mode dengan cara menekan tombol Volume up + Tombol Power secara berbarengan.

2. Setelah masuk, pilih RECOVERY

3. Ponsel seperti restart lalu setelah itu layar akan muncul gambar Android terlentang dengan gambar tanda seru dan segitiga merah diatas perutnya

4. Setelah itu lakukan hal berikut:

  • Pertama, tekan tombol volume bawah
  • Kedua, sambil tombol volume bawah ditekan, tekan tombol volume atas
  • Ketiga, lepas tombol volume atas, tapi tombol volume bawah tetap ditahan

5. Anda akan masuk Recovery mode ASUS Zenfone 6 (lihat gambar 3)

Gambar 3: Recovery Mode ASUS Zenfone 6

Gambar 3: Recovery Mode ASUS Zenfone 6

6. Setelah itu dengan menggunakan tombol Volume untuk navigasi, pilih: Wipe data / factory reset lalu tekan tombol power untuk konfirmasi. Tunggu sampai proses benar-benar selesai. Memakan waktu antara 2-10 menitan.

7. Setelah itu pilih: wipe cache partition dengan cara yang sama > tunggu sampai proses selesai

8. Setelah proses selesai, pilih reboot system now dan ponsel akan restart.

Bila setelah wipe data dan cache melalui Recovery mode tidak berhasil memperbaiki firmware ASUS Zenfone, coba ulangi factory reset melalui Fastboot mode. Bila setelah itu tetap tidak berhasil, maka Anda harus install ulang firmwarenya. Untuk cara flashing firmware ASUS Zenfone 6 bisa dibaca klik disini.

Yang pasti, dengan cara diatas ponsel saya sudah bisa menyala kembali dan istri saya ga bisa ngeledekin saya lagi  he he he Semoga bermanfaat - gadoga.com


©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi