Cara Tambah Daya Listrik PLN



31 Oktober 2016 Oleh Ted

Saya akan berbagi bagaimana caranya menambah daya listrik PLN untuk penggunaan rumah tangga. Secara spesifik saya menambah daya dari 1300 Watt ke 3500 Watt, tapi saya rasa prosedurnya sama saja untuk kenaikan daya lainnya. Berikut prosedurnya:

1. Kunjungi Kantor PLN terdekat

Bawa kelengkapan sebagai berikut:

  1. KTP + Foto Copy KTP
  2. Bukti pembayaran tagihan listrik terakhir + Foto Copynya
  3. Materai Rp. 6.000 2 buah (saya sih tidak terpakai, tapi bawa saja untuk siap-siap)

Catatan:

Sangat disarankan sobat sudah melakukan pembayaran listrik paling tidak sehari sebelumnya. Saya melakukan kesalahan dimana saya pergi ke kantor PLN belum membayar tagihan listrik karena saya berpikir "ah, mending sekalian aja bayar disana" Tapi ternyata, saat ini kita sudah tidak bisa lagi membayar listrik di kantor PLN, jadi kita mesti bayar lewat metode lain (via ATM, loket pembayaran listrik di luar, dll).

Akhirnya saya cari ATM terdekat lalu melakukan pembayaran. Tapi yang jadi masalah adalah ternyata pembayarannya tidak bisa langsung terdeteksi oleh sistem PLN (butuh waktu), sementara salah satu syarat penambahan daya listrik adalah sudah selesai melakukan semua tagihan listrik.

Akhirnya saya pulang dan balik lagi ke kantor PLN keesokan harinya. Setelah itu saya cukup mengisi formulir permohonan kenaikan daya listrik lalu melampirkan FC KTP + Tagihan Listrik.


KTP saya dengan nama yang tertera di PLN sebenarnya beda nama (Saya beli rumah 2nd, jadi nama di listrik masih nama pemilik lama), namun saya tidak diminta surat kuasa atau sebagainya. Saya tetap pakai KTP saya sendiri (bukan pakai KTP pemilik lama).

Tapi, kalau seandainya ini bukan rumah sobat sendiri (misalnya sewa), mungkin ada baiknya membuat surat kuasa atau surat perjanjian atau persetujuan dari nama pelanggan listrik yang tertera di sistem PLN. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

2. Bayar Biaya Penambahan Daya

Setelah mengisi formulir pada point satu diatas, petugas PLN akan mendaftarkan permohonan tambah daya, lalu kita akan diberikan "surat jawaban persetujuan perubahan tarif dan daya" yang dilengkapi nomor registrasi beserta total biaya yang harus dibayarkan.

Rincian biaya yang harus dibayar untuk tambah daya listrik PLN dari 1300 Watt ke 3500 Watt adalah sebagai berikut:

  • Biaya Penyambungan: Rp. 2.131.800
  • UJL (Uang Jaminan Pelanggan): Rp. 431.000,-
  • Biaya Gardu Rp. 0
  • Bea Materai Rp. 6.000 (ternyata materainya ditagih disini, pantesan tadi ga ditanyain materai )
  • Administrasi: Rp. 0 (Bebas biaya administrasi)

Sobat tidak perlu bingung, pokoknya setelah kita mengunjungi kantor PLN dan lapor mau tambah daya listrik, nanti kita akan diberikan surat yang menjelaskan berapa biaya yang harus dibayar. Setelah itu kita akan mendapatkan noreg / nomor registrasi.

Lalu, kita kunjungi loket pembayaran listrik terdekat atau lewat kantor pos lalu sebutkan saja mau bayar untuk Non Taglis (non tagihan listrik) dan sebutkan noreg-nya lalu setelah itu tinggal dibayar saja tagihannya. Biasanya petugas pos-nya sudah mengerti kok.

Jangka waktu untuk kita dapat melunasi tagihan biaya perubahan / kenaikan daya listrik adalah selama 1 bulan sejak surat perubahan tarif dan daya listrik. Jika lewat dari itu maka sepertinya kita harus ulangi lagi prosedur kesatu diatas.

3. Tunggu Petugas PLN Datang

Setelah bayar biaya tambah daya listrik, kita tinggal menunggu petugas PLN datang ke rumah. Kalau kata petugas di kantor PLN biasanya sekitar 10 harian. Tapi seingat saya belum 10 hari sudah datang petugasnya ke rumah.

Saya pikir petugas PLN akan melakukan "hal yang rumit" atau semacam melakukan instalasi listrik, dsb. Ternyata saat datang petugas itu hanya mengganti sekring yang ada di saklar meteran listrik ke daya yang lebih besar. Cuma itu saja

Jadi sekring di listrik yang tadinya 6A (ampere) dirubah jadi 16A. Info cara menghitung daya listrik: Watt = Ampere X Volt. Jadi sekarang daya listrik saya = 16A x 220Volt (tegangan di Indonesia) = 3520 Watt.

Beberapa catatan:

1. Apakah ada perbedaan tarif listrik antara daya 1300 Watt dengan 3500 Watt

Kalau kata petugas PLN-nya antara 1300 Watt sampai (kalau tidak salah) 4400 Watt tidak ada perbedaan tarif (tapi saya sarankan tanyakan lagi ke Call Center PLN 123 untuk pastikan). Jadi, dalam kasus saya, jika pemakaiannya sama dengan saat masih 1300 Watt, maka biaya bulanannya akan sama saja seperti biasa.

2. Apakah kalau rubah tambah daya mengharuskan perubahan dari pasca bayar menjadi pra bayar / pulsa?

Dalam kasus saya tidak, jadi sebelumnya saya pakai meteran / abonemen / pasca bayar dan saat dinaikkan dayanya tetap pakai meteran, tidak diganti jadi model pulsa / pra bayar.

3. Sebaiknya siapkan tutup sekring yang memiliki ukuran lebih besar

Ternyata ukuran / dimensi sekring 16A lebih besar (lebih panjang) dibanding sekring yang 6A sebelumnya. Oleh karena itu penutup sekringnya tidak bisa pakai yang lama karena penutup yang lama kurang besar sehingga tidak bisa ditutup yang akhirnnya tidak bisa disegel.

Solusinya saya perlu mencari penutup yang lebih besar agar bisa ditutup dan disegel. Biasanya penutup ini dijual di toko-toko listrik, harganya murah, antara Rp. 5.000 - Rp. 15.000 tergantung merk dan jenisnya. Di foto saja merk penutup listriknya yang lama (punya saya merk Schneider) dan ukur dimensi Panjang, lebar dan tebalnya. Maksudnya biar kita bisa beli yang merk sama tapi ukurannya lebih besar.

Jujur saja saya tidak mendapatkan merk penutup yang sama, tapi saya beli yang mirip-mirip dan agak sedikit dipaksakan (tidak 100% pas), yang penting bisa tertutup dan bisa tersegel saja.

Demikianlah info cara menambah daya listrik PLN, sebenarnya masih ada cara satu lagi dengan pendaftaran online, tapi sepertinya agak ribet dan saya belum pernah coba jadi tidak bisa dibagikan disini. Semoga berguna

Mau selalu dapat tips & trik, tutorial dan review terbaru? , dan juga Channel YouTube kami. Tujuannya biar kamu gampang menemukan gadoga.com, mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya Gratis kok sob! Jangan lupa juga untuk share artikel ini, mungkin bisa berguna untuk yang lain.




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi