Cara Transfer File Dari Action Cam ke Komputer Lewat WiFi



03 Agustus 2016 Oleh Ted

Berhubung saya baru saja beli Action Cam merk SJCam SJ5000X Elite, maka kemungkinan beberapa artikel kedepan di gadoga.com akan membahas mengenai hal yang berhubungan dengan tips & trick, tutorial dan beberapa hal lain tentang action cam (bukan hanya tentang merk SJCam, tapi juga bisa diterapkan pada merk lain seperti Xiaomi Yi, Go Pro, Brica, Kogan, dll).

Pada artikel pertama kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana caranya mengirim / transfer file, entah itu file video atau foto dari action camera ke komputer melalui jaringan wifi dan sama sekali tidak menggunakan kabel data.

Sebelumnya saya coba mencari tutorialnya di internet tapi belum ada yang mengajarkan (atau sayanya yang ga ketemu ) nah akhirnya saya coba-coba sendiri dan ternyata berhasil... berhasil.. horeee

Sebenarnya dengan menggunakan tutorial yang ada di artikel ini kamu bisa transfer bukan hanya ke komputer, tapi juga dari Action Cam ke perangkat lain seperti Android, iPhone, iPad, dll tanpa harus menginstall aplikasi spesifik action cam-nya. Jadi, selama perangkat tersebut memiliki Wi-Fi dan juga aplikasi browser maka sudah bisa melakukan transfer file.

Sangat berguna misalnya jika kamu ingin mengirim file dari SJcam, Go Pro Hero, Xiaomi Yi, Kogan, Brica, dll ke ponsel teman kamu langsung lewat wifi.

Cara Transfer / Kirim File dari Action Cam ke PC / Laptop via Wi-Fi:

Pada tutorial ini saya menggunakan SJCam SJ5000X Elite, tapi secara teori bisa juga digunakan pada action camera merk lain seperti Xiaomi Yi, Go Pro Hero, Kogan, Brica, BellaV, Kogan, Sony, BellaV, Mito dan lainnya selama perangkat tersebut memiliki jaringan wifi. Berikut tahapannya:

1. Koneksikan Action Camera ke Komputer lewat jaringan Wi-Fi

Untuk cara mengkoneksikan sobat bisa membacanya di buku manual. Caranya sama saja seperti menyambungkan ke ponsel.

2. Buka Command Prompt di Windows

Cara buka Command Prompt di semua versi Windows (XP, Vista, Windows 8.1, 10):

  • Tekan tombol Logo Windows + R akan membuka menu Run
  • Ketik: cmd klik OK Command Prompt Terbuka


3. Ketik di Command Prompt: ipconfig

Setelah Command prompt terbuka, ketikkan: ipconfig lalu tekan entersetelah itu akan muncul beberapa data-data. Di bagian "Wireless LAN adapter Wi-Fi" di "Default Gateway", catat nomor IP yang tertera. Dalam hal ini, nomor IP / IP Address untuk SJCAM SJ5000X adalah 192.168.1.254.

Nomor IP / Default gateway untuk satu model biasanya sama, tapi kalau beda model bisa sama bisa juga berbeda. Jadi kalau kamu punya SJ5000X, maka kemungkinan besar, nomornya sama, yaitu 192.168.1.254. Tapi kalau beda tipe (atau beda merk), misalnya SJ4000, maka kemungkinan akan berbeda nomornya.

IP ini digunakan sebagai "alamat" atau jalur agar kita dapat mengakses file-file yang ada di dalam Action Camera.



Proses ini hanya perlu dilakukan satu kali saja untuk mengetahui nomor IP-nya. Kalau sudah dilakukan maka sobat hanya perlu mencatatnya agar bisa digunakan lagi nanti.

4. Buka Browser Internet lalu Download File Foto / Video Yang diinginkan

Setelah mengetahui nomor IP addressnya, sobat tinggal perlu buka aplikasi browser internet (Firefox, Chrome atau lainnya) di komputer / laptop, setelah itu ketikkan nomor IP > tekan enter > Download File yang dimau.

Contoh:

  1. Buka Browser FireFox
  2. Di bagian alamat, ketik nomor IP: 192.168.1.254 > tekan Enter (nomor IP kamu bisa saja berbeda, tergantung default gateway di tahap nomor 3)
  3. Buka Folder penyimpanan File (kalau punya saya ada di folder DCIM, Movie)
  4. Klik kanan pada nama file > klik "Save Link As..." (Kalau pakai Google Chrome, saat klik nama file, maka proses download langsung berlangsung, tidak perlu klik kanan lagi)
  5. Ketik nama file > klik Save > Proses download file akan berjalan


Kedepannya sobat tidak perlu melakukan tahap 2 dan 3. Lakukan saja tahap ke-1 langsung ke tahap 4 dengan mengetikkan nomor IP Address di browser internet.

Selain mendownload (unduh) file dari Action Camera, kamu juga bisa menghapus file-file yang ada pada gadget dengan mengklik tombol "Remove".


Kalau kamu masih bingung, bisa tonton videonya dibawah (klik tombol full screen biar jelas):

Demikianlah tutorial cara transfer atau kirim file dari action cam ke komputer. Subscribe channel Youtube kami untuk mendapatkan video-video tutorial dan tips-trik terbaru. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi