Cara Upgrade SJCAM SJ5000X Elite Gyro



28 Juli 2016 Oleh Ted

SJCAM merupakan salah satu merk Action Camera yang cukup diminati oleh banyak orang. Dengan harga yang terjangkau dan juga memiliki kualitas perekaman yang cukup baik menjadikan action cam ini laris manis di pasaran.



Pada tutorial kali ini akan diajarkan bagaimana caranya upgrade firmware SJCAM SJ5000X Elite (Gyro). Cara upgradenya (kalau berdasar website resminya) itu sama saja untuk semua tipe, jadi cara yang digunakan pada tutorial disini kemungkinan bisa juga digunakan pada SJCAM tipe lain seperti SJ4000, M10, M20 berbagai versi. Hanya berbeda file firmwarenya.

Upgrade firmware berguna untuk memperbaiki bug dari versi sebelumnya atau bisa juga untuk penambahan kualitas atau fitur-fitur baru (bila ada). Tapi kalau kamu merasa cukup puas dengan kualitas kamera yang digunakan saat ini, maka upgrade firmware tidak perlu dilakukan.

Sebelum mulai, resiko ditanggung sendiri ya Saya sudah coba sendiri cara dibawah ini dan berhasil. Caranya juga sangat mudah

Cara Upgrade Firmware SJCAM SJ 5000 X Tahap 1:

  1. Matikan kamera
  2. Keluarkan MicroSD dari kamera
  3. Format MicroSD dengan format FAT32 di komputer > Simpan dulu data2 yang penting sebelum melakukan format. Disarankan menggunakan MicroSD dengan kualitas bagus. Minimal Class 10. Baca: apa itu Class SD Card
  4. Download firmware SJCAM SJ5000X: Kunjungi http://sjcamhd.com/ > klik Support > dibawah tulisan "Update Your Camera" Klik "Let's Go" > pilih SJCAM SJ5000X Elite (atau model lainnya) > Download File yang berakhiran .bin. Catatan: kalau filenya merupakan file .zip atau lainnya, maka perlu di ekstrak dulu.
  5. Taruh file .bin ke Micro SD yang baru saja di format ulang lalu masukkan MicroSD ke SJCam
  6. Hubungkan kamera ke charger > proses upgrade firmware akan berjalan otomatis. Selama proses upgrade tidak ada indikator apa-apa, layar tetap gelap dan hanya lampu led belakang yang menyala.
  7. Jika layar menyala dan menunjukkan proses pengecasan, maka proses upgrade sudah selesai.
  8. Hapus file firmware .bin yang ada di Micro SD.

Cara Upgrade Firmware SJCAM SJ5000X Elite Tahap 2:

Kalau saya perhatikan di websitenya, hanya seri SJ5000X yang perlu melakukan tahap kedua. Untuk model yang lain tidak perlu melakukan tahapan ini (saat artikel ini ditulis, entah kedepannya akan dilakukan atau tidak).

  1. Setelah menghapus file firmware (*.bin), buat folder baru dengan nama engmode
  2. Tutupi lensa dengan dengan tangan kamu (biar gelap) lalu nyalakan kamera > proses akan berjalan
  3. Tetap tutupi lensa sampai ada tulisan: DP:PASS
  4. Kalau sudah ada tulisan DP:PASS, pencet tombol OK sekali
  5. Kalau ada tulisan "Please Power Off" > matikan kamera
  6. Hapus folder engmode > proses selesai

Kalau kamu masih bingung, tonton videonya dibawah ini:

Demikianlah informasi cara upgrade firmware SJCAM SJ5000X. Semoga bermanfaat




Agar sobat tidak ketinggalan info dan tips berguna lainnya, ikuti media sosial kami (free):

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

©2009-2017 gadoga.com - P13
Disclaimer | Kebijakan Privasi