Cara Install Driver MTK yang Bermasalah

26 Maret 2015 Oleh Ted

Handphone yang menggunakan processor Mediatek (MTK) semakin hari semakin banyak populasinya. Ponsel-ponsel MTK pada umumnya oprek-able alias mudah di utak atik dan sangat minim resiko terjadi brick atau mati total.

Namun, yang terkadang menjadi kendala sebelum melakukan modifikasi sistem seperti root ponsel atau flashing firmware melalui SP Flash Tool adalah masalah driver.

Tanpa driver, ponsel atau tablet Android Anda tidak akan bisa berkomunikasi dengan komputer Anda. Pada artikel kali ini saya akan mengajarkan caranya install driver MTK yang bermasalah seperti: driver tidak terinstall, unknown driver atau driver sudah terinstall tapi tetap tidak menghubungkan antara perangkat Android dengan PC/laptop.

Namun sebelumnya mohon maaf saya tidak bisa menyertakan link dimana Anda bisa download bahan-bahan yang dibutuhkan karena link seringkali menjadi tidak aktif atau nanti malah menuju ke situs-situs yang kurang baik. Untuk bahan-bahan bisa Anda cari di Google dengan cukup mudah.

Dan, sebenarnya saya menulis ini sebagai pengingat saya saja, jadi mohon maaf kalau ada yang kurang jelas

Catatan: Kalau komputer sobat menggunakan OS Windows 8, 8.1 dan 10, lakukan persiapannya dulu klik disini.

Bahan yang dibutuhkan:

1. Driver MediaTek

Anda bisa mencarinya di Google atau biasanya juga banyak tersedia di forum-forum Android.

Tips mencari driver yang pas untuk ponsel Anda:

Kunjungi forum tipe ponsel yang digunakan: Cara ini paling mudah. Misalnya kalau ponsel Anda adalah IMO Discovery, tinggal ketik saja: Forum IMO Discovery

Di forum biasanya akan diinformasikan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk modifikasi sistem android.

Kalau ponselnya menggunakan chipset MTK 65XXm (6577, 6592, 6595, dsb) ketikkan saja di Google: Mediatek USB VCOM Driver.

Kalau mau lebih spesifik, ketikkan saja kata kunci: driver + tipe chipset Anda. Misalnya kalau ponsel Android Anda menggunakan prosesor MTK 6592, maka ketikkan: Driver MTK 6592.

Untuk mengetahui tipe prosesor apa yang digunakan oleh ponsel Anda bisa menggunakan aplikasi CPU-Z yang bisa di download melalui Google Play Store.

2. USBDeview

Aplikasi ini berguna untuk melihat semua driver USB yang terinstall di komputer dan bisa melakukan uninstall. Bisa di download disini.

Cara install Driver Mediatek Yang Bermasalah:

1. Coba install ulang drivernya

Cara pertama yang patut dicoba adalah menginstall ulang drivernya. Kalau setelah itu ternyata sudah bisa berfungsi dengan baik, maka tidak perlu dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Buka aplikasi USBDeview

Bila masih bermasalah, buka aplikasi USBDeview di komputer, lalu unintall driver berikut:

  • Vcom
  • Mediatek (MTK)
  • Preloader Drivers

Cara uninstallnya: Cari driver yang ada kata-kata Mediatek / MTK, Vcom, Preloader, setelah itu klik kanan mouse dan pilih uninstall (lihat gambar dibawah)



3. Install Driver melalui Control Panel Window (Device Manager)

  • Extract file driver yang sudah di download. Anda akan mendapatkan file dengan ekstensi .inf
  • Buka Control Panel
  • Buka Device Manager: Biasanya bisa dengan cara klik Hardware & Sound lalu klik Device Manager
  • Klik di salah satu item di device manager, bebas dimana saja (misalnya klik di bagian Audio Input & Output), lalu setelah itu lihat di bagian atas ada tulis "Action" > Klik "Add Legacy Hardware"


  • Proses instalasi akan dimulai > klik Next
  • Klik "Install the hardware that I manually select from a list (Advanced)"


  • klik next dua kali nanti akan ada pilihan: "Have Disk" > klik "Browse" lalu cari file .inf driver yang sudah di download. Biasanya lokasinya ada di drivers > USB Vcom driver > Sistem Operasi Anda (32 Bit atau 64 Bit)
  • Klik Open > OK > Pilih Driver yang mau diinstall, misalnya "Mediatek Preloader USB VCOM Port" > Klik Next hingga proses selesai


  • Coba tes koneksi PC dengan perangkat Android apakah sudah OK atau belum. Misalnya dengan menggunakan aplikasi SP Flash Tool
  • Kalau misalnya belum terdeteksi, install juga driver: Mediatek DA VCOM. Kalau masih tidak bisa juga, install driver lain yang ada di daftar. Usahakan install satu persatu lalu lakukan tes koneksi, jangan install sekaligus berbarengan.

Demikianlah cara install driver MTK (MediaTek) yang berguna untuk flashing menggunakan SP Flash Tool. Untuk cara install firmwarenya (Flash) Ponsel atau tablet Mediatek akan saya tulis di artikel lain jika ada kesempatan.

Bila ada hal yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah, saya akan jawab kalau saya tahu jawabannya

Semoga bermanfaat - gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi