Sejarah Arloji Q&Q

20 Agustus 2015 Oleh Ted

Jam tangan Q&Q? Jam merk Cina itu ya? he he, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang satu merek ini di Indonesia. Padahal merk ini sudah sejak puluhan tahun dipasarkan ke seluruh dunia dan memiliki penggemar setia (termasuk saya salah satunya )

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai sejarah singkat Arloji Q&Q, cara mengenali produk yang asli dan palsunya serta penjelasan beberapa seri jam Q&Q.


Sejarah Jam Tangan Q&Q:

Japan CBM Corporation memasarkan arloji dengan merk Q&Q pada bulan Oktober tahun 1976 ke pasar dunia. Perusahan ini adalah salah satu divisi dari group CITIZEN yang bergerak di bidang perencanaan bisnis, pengembangan serta penjualan dan pemasaran berbagai macam produk dengan harga yang terjangkau.

Ternyata produk Q&Q diterima dengan baik oleh konsumen dan pada tahun 1999 penjualannya telah mencapai 20 Juta lebih. Q&Q sendiri merupakan singkatan dari Quest & Quality (Pencarian dan Kualitas). Kalau dilihat dari terjemahan katanya mungkin sulit dimengerti maksud atau arti dari merk tersebut.

Tapi kalau dilihat dari pengertian kata "Quest" yang bermakna pencarian secara terus menerus untuk sesuatu yang penting, saya menebak filosofi awal pemilihan merk ini adalah untuk menciptakan suatu produk berkualitas yang secara berkesinambungan terus berubah dan dianggap penting di masyarakat.

Keunggulan produk Q&Q adalah harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang baik serta awet. Sebagian besar produk jam analog-nya menggunakan mesin MIYOTA Cal. 2035 yang terkenal kuat, tahan guncangan, tingkat akurasi tinggi serta memiliki daya tahan baterai yang baik.

"Catatan: MIYOTA adalah merupakan merk dagang untuk mesin jam tangan (movement) buatan CITIZEN WATCH CO.,LTD., JAPAN"

Selain itu, produk ini juga terkenal dengan ketahanan airnya yang bagus. Hal ini dikarenakan jam tangan Q&Q sebelum dijual ke pasaran harus melewati proses inspeksi yang ketat dengan standar JIS/ISO, termasuk pengujian terhadap kemampuan water resistnya.

Seiring berjalannya waktu, produk dan seri Q&Q yang dijual semakin bervariasi dan mengikuti tuntutan jaman. Saat ini ada berbagai jenis dan seri jam Q&Q seperti Weather Master, Attractive, Superior, Grandeux dan yang saat ini gencar di promosikan adalah seri Smile Solar.

Smile Solar sendiri adalah salah satu upaya pihak CITIZEN untuk semakin memperkenalkan brand / merk Q&Q di seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan ini menggunakan video clip musisi Katy Perry yang berjudul Birthday untuk mempromosikan produknya. Dan yang terbaru, arloji Smile Solar juga digunakan dalam video clip Echosmith yang berjudul Bright.

Cara Mengenali Arloji Q&Q Asli dan Palsu:

Saat ini mungkin banyak yang belum ngeh kalau Q&Q itu ada produk palsunya atau biasa disebut barang KW.

Cara mengenali jam Q&Q analog (menggunakan jarum jam) yang palsu cukup mudah, Anda perlu melihat dibagian angka 6 apakah ada tulisan sangat kecil yang merupakan kode jam tangan. Kalau tidak ada tulisan tersebut, kemungkinan jam tersebut adalah palsu. Lihat gambar dibawah:



Jam tangan Q&Q analog yang original pada mesinnya akan ada tulisan Miyota Co. Japan.

Jam Q&Q Original harganya mulai dari 130 ribuan keatas (saat artikel ini ditulis). Kalau ada yang menjual dengan harga 70 ribu kebawah, bisa dipastikan produk tersebut adalah palsu atau bisa juga barang bekas.

Sedangkan untuk mengenali jam tangan Q&Q Digital yang asli dan palsu gampang-gampang susah. Namun beberapa hal yang bisa dipakai untuk mengetahuinya sebagai berikut:

  • Untuk jam Q&Q Original, buatan casing / badan jam-nya sangat rapi, baik dari cetakan tulisan maupun dari bentuk bagian-bagiannya. Jadi kalau ada seperti bagian yang terlihat kurang rapat atau tidak presisi, maka kemungkinan produk tersebut adalah palsu.
  • Produk yg asli Tombol-tombolnya terasa solid untuk ditekan, dalam artian tidak lembek dan juga tidak terlalu keras atau sulit ditekan.
  • Dan yang terakhir, untuk produk yang original, biasanya pada bagian dalam penutup belakang jam tangan akan ada tulisan: CITIZEN Watch Co. Namun untuk melihatnya Anda perlu untuk membongkar bagian penutupnya terlebih dahulu.

Saya menemukan beberapa produk Q&Q palsu yang buatannya terlihat cukup baik, khususnya untuk produk jam digital. Jadi salah satu cara untuk mendapatkan produk yang asli adalah dengan membeli di tempat yang terpercaya atau yang bisa memberi jaminan bahwa produk tersebut adalah original.

Lebih lengkap ciri2 Q&Q asli & palsu bisa baca artikel klik disini

Beberapa Seri Jam Tangan Q&Q:

Dibawah ini adalah beberapa seri arloji Q&Q yang saya ketahui, mungkin ada seri-seri lain selain yang saya sebutkan dibawah.

Tanpa Seri / Biasa

Maksudnya disini adalah jam tangan Q&Q yang tidak secara spesifik di kategorikan ke dalam seri tertentu. Untuk jam Q&Q analog tanpa seri yang berbahan besi, pada umumnya bahan pembuatnya belum full stainless steel, jadi dalam jangka waktu lama dan bila tidak dirawat dengan baik, warnanya bisa saja tidak secerah seperti pada waktu awal beli.

Catatan: Untuk membuatnya kembali cerah bisa menggunakan cairan pengilap seperti braso.

Superior

Superior adalah seri arloji Q&Q yang memiliki kualitas bahan maupun fitur yang lebih baik dibanding seri-seri biasa. Salah satu seri superior yang terkenal dan boleh dibilang sudah menjadi legenda adalah Q&Q MMW3 Data Bank. Arloji ini setidaknya sudah ada sejak belasan tahun yang lalu dan banyak digunakan oleh aparat keamanan seperti tentara dan polisi karena terkenal dengan ketangguhannya. MMW3 dikategorikan sebagai seri superior karena memiliki fitur yang komplit, diantara bisa menyimpan data telepon sebagai 30 memori.

Sedangkan untuk jam analog (jarum jam / non digital) dapat dikategorikan sebagai seri superior apabila badan jam adalah terbuat dari full stainless steel yang tidak berubah warna. Jadi, kalau Anda melihat arloji Q&Q dan ada tulisan superiornya, berarti jam tangan tersebut bahan pembuatnya adalah full stainless steel (kecuali jam digital seperti seri mmw3).

Secara sederhana, kalau Anda melihat Q&Q tertulis Superior, maka produk tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dibanding Q&Q biasa. Harganya pun lebih mahal.

Attractive

Seri ini tergolong cukup baru. Model jam tangan Q&Q Attractive pada umumnya terlihat lebih seperti anak muda, banyak detail (ramai) dan desain yang funky. Harga Q&Q Attractive pada umumnya lebih mahal dibanding seri yang biasa.

Grandeux

Seri Grandeux diciptakan untuk menyasar masyarakat yang mencari jam yang terlihat elegan, berkualitas dan memiliki fitur yang lengkap. Harga jual jam Q&Q Grandeux bisa 3-5 kali lipat dibanding jam Q&Q biasa.

Hampir semua atau bahkan mungkin semua arloji Grandeux adalah jenis jam analog / jarum jam. Bahan pembuat jam tangan terbuat dari solid stainless steel yang terasa lebih padat dan berat dibanding seri Superior. Desainnya terlihat mewah dan pada beberapa tipe Grandeux dilengkapi dengan fitur chronograph yang lengkap.

Di Indonesia, seri ini termasuk langka dan tidak banyak masuk kesini. Saya cukup beruntung karena memiliki salah satu jam dari seri ini, yaitu tipe X004 seperti foto dibawah:



Harga jam tangan ini adalah 1,3 jutaan, dan memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  • Stopwatch / Chrono 1/100 detik. Pada umumnya di kisaran harga tersebut fitur chrononya hanya per 1 detik.
  • Memiliki ALARM! yup, sangat jarang bukan jam analog tapi ada fitur alarmnya, apalagi di kisaran harga tersebut. Lihat jarum berwarna merah yang menunjuk pada pukul 10 diatas? Itu adalah jarum untuk mengatur waktu alarmnya.
  • Water resist 100M
  • Langka He he

Weather Master

Jam tangan Q&Q yang termasuk ke dalam seri weather master adalah jam yang memiliki fitur untuk kegiatan outdoor atau berpetualang. Memiliki fitur seperti Altimeter, Barometer, Compass, ada juga yang dilengkapi thermometer. Tampaknya seri ini diciptakan untuk bersaing dengan seri Pro Trek dari Casio dengan harga yang lebih terjangkau. Q&Q Weather Master termasuk langka di Indonesia.

Smile Solar

Seri ini termasuk salah satu produk andalan Q&Q untuk semakin menguatkan brand image di seluruh dunia. Promosi yang dilakukan pun kalau saya perhatikan dilakukan secara besar-besaran apalagi bila dibanding dengan produk2 / seri yang lalu. Bahkan, pihak CITIZEN membuatkan situs internet khusus untuk tipe ini, yaitu: www.smile-qq.com

Jam ini sebenarnya adalah arloji analog biasa namun memiliki pilihan warna-warna yang menarik. Mesinnya menggunakan baterai yang bisa diisi ulang (baterai cas) dengan menggunakan tenaga cahaya (matahari atau lampu).

Menurut promosinya, bila jam ini digunakan setiap hari / tidak disimpan di tempat gelap, maka Anda tidak perlu mengganti-ganti baterainya. Casing-nya pun kalau diperhatikan bukanlah tipe yang bisa dibuka / dibongkar.

"Smile Solar" sendiri adalah nama yang diberikan untuk mesin Kaliber 2085 terbaru dari Q&Q. Mesin ini diciptakan berdasarkan movement Cal. 2035 yang terkenal dengan kehandalannya. Bedanya pada mesin terbaru ini dipasang panel surya yang posisinya berada pada angka jam 2 sampai jam 10 sehingga membentuk seperti senyuman. Karena bentuknya itu sehingga diberi nama Smile Solar (Senyum Matahari).

Di Indonesia kita cukup beruntung karena bisa mendapatkan arloji Smile Solar dengan harga sekitar 250 ribuan, harga ini setengah lebih murah bila dibanding membeli di luar negeri dengan kisaran harga 50 USD.

Lain-lain

Banyak orang yang bertanya ke saya, Q&Q itu kan merk Jepang, tapi jam saya Made in China, apakah berarti arloji saya palsu?

Jawabannya adalah, jam tangan tersebut belum tentu palsu, tapi bukan berarti pasti asli juga, atau dengan kata lain jam buatan mana tidak mengindikasikan produk tersebut asli atau palsu.

Saat ini banyak produsen jam tangan merk dunia yang memproduksi jam di negara Cina. Tentu saja dengan pertimbangan lebih ekonomis. Namun, hal tersebut bukan berarti kualitasnya lebih rendah dibanding jam buatan negara lain / negara asalnya. Hal ini dikarenakan lisensinya tetap dipegang masing-masing merk. Jadi dari segi kualitas tetap baik dan sesuai standar perusahaan.

Dan satu hal yang perlu diingat adalah, negara Cina bisa membuat barang dengan kualitas sesuai permintaan. Jadi kalau minta barang bagus ya bisa, kalau minta barang jelek tapi murah ya bisa juga.

Tentang kemampuan Water Resist arloji Q&Q

Banyak orang awam bahkan pedagang arloji yang mengira bahwa semua jam Q&Q Original pasti bisa digunakan untuk berenang. Hal tersebut salah besar, karena walaupun produk tersebut adalah barang asli, tapi belum tentu bisa dipakai renang.

Untuk mengetahui apakah jam Anda bisa dipakai renang atau tidak, baca keterangan tulisan water resist di badan jam sebagai berikut:

  • Kalau hanya tertulis Water Resist saja / Water Resist 3 Bar (ATM), maka jam ini hanya tahan percikan saja, tidak bisa dipakai berenang
  • Kalau tertulis Water Resist 5 Bar / 50 M: maka arloji ini bisa dipakai berenang di perairan dangkal, tidak bisa terlalu dalam.
  • Tertulis Water Resist 10 BAR / 100M: Aman digunakan untuk berenang maupun kegiatan snorkeling

Demikianlah sedikit info mengenai sejarah arloji Q&Q, beberapa seri yang beredar dan sedikit tips cara membedakan jam tangan Q&Q yang asli dan palsu. Kalau ada koreksi bisa utarakan melalui kolom komentar dibawah.

Kalau Anda juga penggemar dan punya jam Q&Q, bisa diceritakan pengalamannya bersama merk ini. Bisa juga upload fotonya melalui kolom diskusi (Disqus) dibawah. Barangkali melalui artikel ini bisa menjadi forum kecil-kecilan bagi sesama penggemar he he



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi