Modif Mitsubishi T120ss / Suzuki Carry Futura Ceper

8 Februari 2016 Oleh Ted

Catatan: Saya menulis artikel ini lengkap dengan latar belakang kenapa saya melakukan ini dan juga rencana modifikasi saya. Sebagian besar sih tidak penting, jadi kalau kalian mencari foto modifikasi Mitsubishi Colt T120SS / Suzuki Carry Futura, maka cek langsung saja fotonya dibawah. Untuk tulisannya tidak usah dibaca juga ga masalah he he he

Saat ini saya sedang ada rencana membeli mobil untuk operasional. Syaratnya bisa muat banyak barang, bisa dinaiki oleh minimal 7 orang, spare part mudah, dan satu lagi, keren kalau di modifikasi

Hanya saja pilihan saya berubah-ubah. Awalnya saya memilih Toyota kijang Kotak generasi kedua (doyok). Bahkan saya pernah membelinya. Namun belum sempat di utak atik terpaksa mobil itu dijual karena ada keperluan dadakan dan juga tidak ada tempat parkir lagi.

Pilihan kedua berubah menjadi Doyok Generasi pertama (Kijang Buaya). Saya sudah mengumpulkan banyak foto-foto modifikasi doyok buaya, khususnya yang ceper-ceper dan yang paling saya suka adalah yang jenis rat /rusty style (berkarat).

Tapi yang menjadi kendala adalah Kijang Generasi Pertama umurnya sudah sangat tua, pasti akan butuh biaya yang cukup banyak untuk restorasi atau setidaknya berfungsi dengan nyaman. Akhirnya ganti lagi lah pilihan saya.

Pilihan ketiga jatuh ke Toyota Kijang Super. Sebenarnya sih ini mobil ideal sekali menurut saya dan masuk kategori muat banyak, spare part mudah, harga cukup terjangkau, masih banyak yang mulus, cukup nyaman di kendarai dan keren. Tapi... yang mengganjal adalah, sudah terlalu banyak mobil kijang yang ceper dan keren, jadinya kurang seru aja

Setelah itu pilihan saya banyak berubah-ubah, beberapa pilihan yang saya ingat dan kenapa akhirnya saya batal memilih:

  • Isuzu Panther: tidak jadi dipilih tanpa alasan khusus. Mungkin karena sudah banyak panther ceper, jadi ingin cari yang beda
  • Citroen Station Wagon: tadi rencananya mau cuma ambil panel bodynya saja. Tapi chassis dan mesin ambil dari mobil lain. Tdk jadi dipilih karena sepertinya ribet proses pembuatannya dan juga nanti urus surat-suratnya. Selain itu tidak muat 7 orang.
  • Mazda Vantrend: Tidak muat 7 orang
  • Suzuki Jimny Long BRI: kurang besar
  • Mitsubishi Jet Star: Harga secondnya cukup mahal, jarang yang jual di daerah Jabodetabek (kebanyakan di jawa tengah) dan mungkin spare part sudah agak susah.
  • Suzuki Carry 1.0: Dulu pernah punya, jadi ingin cari yang beda
  • Mobil niaga yang baru (Gran Max, APV, Avanza, Xenia, dsb): sempat terpikir untuk beli baru saja, lebih praktis dan tidak rewel... tapi entah kenapa saya lebih suka dengan mobil tua, mobil yang tidak terlalu pasaran atau seperti akan dilupakan.

Nah pilihan serius saya yang lainnya adalah Daihatsu Zebra 1.3 (bukan Espass). Menurut saya minibus ini bentuknya bagus. Tapi saya tidak jadi memilih karena saat ini Zebra setau saya sudah tidak di produksi lagi (diganti Gran Max / Luxio) dan selain itu menggunakan PCD yang aneh (PCD 110), jadi sulit kalau mau ganti-ganti velg.

Daihatsu Zebra sebenarnya sampai sekarang masih jadi nominasi pilihan saya, soal PCD bisa dibawa ke tukang bubut yang bagus untuk di rubah.

Tapi selain Zebra, saya melirik pilihan lainnya, yaitu Mitsubishi Colt T120ss atau Suzuki Carry Futura. Dan untuk saat ini saya lebih memilih Colt T120ss karena beberapa alasan dibawah:

  • Kalau info dari orang, T120ss menggunakan mesin yang kuat dan bandel
  • Sampai saat ini (saat artikel ini ditulis) Mitsubihi T120ss masih di produksi, setidaknya untuk yang jenis pick up. Artinya spare part masih terjamin.
  • Harga second tidak semahal Suzuki Carry Futura
  • Merknya Mitsubishi, imagenya mobil kencang

Lah kok jadi panjang begini ya ceritanya Intinya sih, saat ini saya akan membayangkan bagaimana ya kalau si Colt ini saya ceperkaan, apakah kelihatannya akan bagus? Well, biar saya ada gambaran, iseng2 saya coba edit foto mobilnya.

ok, langsung aja, dibawah ini adalah hasil editan / modifikasi ceper Mitsubishi Colt T120 ss, bisa juga di aplikasikan di Suzuki Carry Futura, karena kedua mobil itu bentuknya sama, cuma beda di bagian belakangnya saja. Cekidot



Versi 2



Untuk "menceperkan" Mitsubishi Colt T120 SS, saya menggunakan aplikasi gratisan yaitu paint.net. Maaf kalau hasilnya kurang oke, saya masih belajar

Saya akan bagikan konsep modifikasi mobil T120ss / Carry Futura ini. Rencana kedepannya saya mau apain aja. Entahlah akan terjadi atau akhirnya saya bosan dan berganti pilihan mobil yang lain lagi

Drop Body

Yup, saya rencananya mau melakukan drop body sekitar 8 cm, bukan sekedar main suspensi saja. Apa sih maksudnya drop body? itu artinya badan mobil di turunkan. Caranya sekeliling lantai di las / di potong lalu badan mobil di drop / turunin lalu di las lagi.

Alasan saya ingin melakukan drop body karena sepertinya belum pernah ada yang melakukannya di Colt T120SS / Carry Futura (kalau di Kijang sih sudah banyak). Alasan kedua adalah, karena mesin mobil ini dibawah, jadi mau diceperin mampus juga tetap saja terlihat kurang pendek, padahal mesin sudah mepet sekali ke jalanan.

Alasan ketiga biar velg-nya bisa terlihat celup banyak, tidak sekedar celup 1-2 jari saja.

Saya sudah memikirkan kendala-kendala yang mungkin terjadi, misalnya posisi dashboard mobil yang akan berubah dan selain itu posisi kaca jendala jadi akan seperti terlalu dekat dengan kaki penumpang.

Nah, kalau kalian perhatikan, dalam contoh foto modifikasi Suzuki Carry Futura / Mitsubishi Colt T120 SS, kaca tengahnya saya buat lebih kecil. Sedangkan kaca depannya saya buat seperti model Mitsubishi Jet Star (bertangga).

Tujuannya adalah biar bagian terbawah jendela tidak terlalu mepet dengan kaki penumpang. Kalau kaca belakangnya tetap saya biarkan biar lebih serasi saja, dan juga tidak terlalu masalah karena kemungkinan nanti pakai bangku yang berhadap-hadapan jadi akan tertutup oleh sandaran bangku.

Masalah kedua adalah saya mengkhawatirkan jarak kepala pengemudi / penumpang dengan plafon mobil akan menjadi sempit. Saya sempat berpikir apa nanti di modifikasi atapnya jadi lebih tinggi (high roof). Tapi setelah saya ukur, masih ada cukup space / jarak kok. Mungkin kalau orang bule yang naik jadi sempit, tapi untuk ukuran orang Indonesia masih cukup.

Saya bilang masih cukup karena saya melihat Suzuki Jimny Trepes atapnya juga pendek, dan kalau di Toyota Kijang, sudah drop body, chop top pula, tapi masih bisa dikendarai kan. Nah jadi saya yakin kalau Suzuki Carry Futuran / Colt T120ss di drop body pun masih cukup head room-nya.

Roll Bar

Saya pasti akan memasang roll bar untuk alasan keamanan. Memang salah satu yang masih menjadi ganjalan saya adalah untuk mobil-mobil seperti Carry, T120ss, Zebra tidak memiliki hidung, jadi resiko terluka parah saat terjadi tabrak depan lebih tinggi.

Oleh karena itu saya berencana memasang roll bar setidaknya untuk jaga-jaga. Walaupun tetap tidak akan seaman bila dibanding mobil yang berhidung.

Tapi kalau memikirkan hal ini, akhirnya saya kembali lagi, resiko ada dimana-mana, semuanya Tuhan yang atur dan ijinkan terjadi. Saya berjalan kaki saja bisa kecelakaan, tiap hari saya naik motor resiko malah lebih besar dibanding naik mobil tanpa hidung, saya minum kopi pun bisa meninggal

Dengan mengendarai mobil jenis ini mungkin akan mengarahkan saya untuk selalu bergantung sama Tuhan dalam setiap keadaan

Engine Swap

Rencananya mau dilakukan engine swap jika diperlukan. Saya tidak muluk-muluk mau pasang mesin eksotik. Rencananya cukup pasang mesin Toyota Vios saja (1NZ). Alasannya irit bahan bakar, spare part mudah, harga mesinnya tidak terlalu mahal dan juga lebih kencang dan bertenaga dibanding mesin bawaan.

Pilihan Velg

Soal Velg saya sih masih berubah-ubah pilihannya. Kadang mau model BBS, kadang mau palang, kadang mau pakai velg kaleng custom. Untuk velg fleksibel lah.

Ok, begitu saja sekilas info tentang rencana saya kedepan dalam memilih kendaraan operasional. Semoga menghibur, khususnya bagi anda yang mungkin memiliki keinginan punya Carry / Colt T120SS Ceper

Oh iya, sebelumnya saya tampilkan foto asli mobilnya sebelum di edit seperti dibawah:



Sebenarnya saya berharap bisa menemukan foto Colt T120SS dengan background putih atau background digital agar lebih mudah editnya (seperti foto brosur). Tapi dari sekian banyak foto yang saya cari, yang posisi tampak sampingnya paling OKE dan pas adalah foto diatas. Walaupun mobilnya tidak sekinclong mobil baru, tapi setidaknya cukup mewakilkan bentuk badan mobil dengan jelas

Berikut hasil lainya:

Update 10/02/2016:

Hasil editan foto yang awal terlihat terlalu kelihatan bedanya. Hal ini dikarenakan kontras ban yang berbeda dengan body mobil. Oleh karena itu saya mencoba menurunkan tingkat kontrasnya dan hasilnya seperti dibawah ini:





Foto lainnya:

Menggunakan Velg Standar



Mitsubishi T120 SS Minibus (Suzuki Carry Futura) dengan velg BBS



Velg BBS juga (sepertinya )



Suzuki Carry / Mitsubishi T120SS dengan velg jaring



Velg Palang 6 di Suzuki Carry / Colt T120SS



Dengan Velg Kaleng Custom



Dengan Velg Supercar



Sedikit info saja, setau saya ukuran besar velg yang bisa dipakai di Mitsubishi T120SS atau Suzuki Carry Futura adalah 17 inch, kalau 18 inchi mentok di spakbor. Pakai Velg 17 pun mesti pakai ban tipis.

Demikianlah hasil foto modifikasi Mitsubishi Colt T120SS / Suzuki Super Carry Futura Ceper. Semoga bisa jadi inspirasi atau tambahan ide buat anda yang memerlukan. Salam - gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi