Gambar Google Doodle Hari Ini: Bartolomeo Cristofori Sang Pencipta Piano

4 Mei 2015 Oleh Ted

Jika Anda membuka website Google Pada Hari ini, 4 Mei 2015, akan muncul gambar sesorang yang sedang memainkan piano. Anda harus menekan tombol Play di gambar untuk melihat animasinya.



Jika Anda mengklik tombol pencarian pada gambar tersebut, akan muncul kata kunci:"who invented the piano" atau yang berarti: siapa yang menciptakan piano?

Gambar Google hari ini adalah untuk memperingati ulang tahun ke 360 tahun Bartolomeo Cristofori (1655-1731) sang pencipta piano yang jatuh pada hari ini.

Bartolomeo Cristofori berasal dari Padua, Itali. Namanya bisa dibilang agak asing di telinga walaupun dia adalah penemu salah satu instrumen musik paling penting di dunia. Sejarah mengenai dirinya pun tidak terlalu lengkap dan detil.

Dia dipekerjakan oleh Ferdinando de' Medici yaitu seorang pangeran dari Tuscany, Itali sebagai penjaga dan perawat instrumen alat musik. Bartolomeo Cristofori adalah seorang ahli dalam pembuat harpsichord.

Alat musik harpsichord berbentuk seperti Piano, namun memiliki kekurangan yaitu tidak bisa diatur keras atau lembutnya suara untuk setiap not yang berbunyi. Hal ini menyebabkan pemain musik kurang bisa menjiwai saat sedang memainkannya.

Sebenarnya saat itu ada alat musik yang juga berbentuk seperti Piano yang dinamakan Clavichord dan dapat menghasilkan suara yang dinamis (bisa diatur keras lembutnya suara). Namun kekurangan Clavichord adalah volume suara yang dihasilkan terlalu pelan.

Untuk memperbaiki kekurangan alat musik harpsichord dan clavichord, diciptakanlah Piano yang bisa menghasilkan volume suara cukup keras dan juga bersifat dinamis sehingga bisa dengan baik menampilkan emosi dan jiwa pemain musiknya.

Mekanisme piano adalah menggunakan semacam palu untuk memukul senar. Kelebihan dari Piano buatan Cristofori adalah setelah memukul senar, palu kembali ke posisinya semula. Hal inilah yang menyebabkan instrumen Piano bisa menciptakan volume suara yang berbeda tergantung seberapa keras pemain menekan tuts piano. Bayangkan seperti memukul lonceng menggunakan palu, semakin kuat palu dipukulkan ke lonceng, semakin keras suara yang dihasilkan.

Asal kata Piano adalah un cimbalo di cipresso di piano e forte, artinya: "sebuah keyboard dari cypress (semacam kayu) dengan suara keras dan lembut" yang kemudian disederhanakan menjadi pianoforte atau fortepiano dan disingkat lagi hanya menjadi Piano.

Catatan: Piano berarti lembut, forte berarti keras / kencang.

Kapan Piano Diciptakan?

Catatan waktu pastinya masih menjadi misteri, namun menurut keluarga Medici yang memperkejakan Bartolomeo Cristofori, Piano sudah ada sejak tahun 1700. Salah satu Piano buatan Cristofori pada tahun 1720 saat ini dipajang di Museum Metropolitan di New York, Amerika Serikat setelah di restorasi oleh Stewart Pollens.

Review Google Doodle: Siapa Pencipta Piano?

Kali ini saya akan sedikit memberikan pendapat awam saya mengenai gambar Google Doodle Bartolomeo Cristofori.

Bila Anda mengunjungi google.com atau google.co.id pada hari ini (4 mei 2015) akan disuguhkan dengan gambar seseorang sedang duduk di depan piano yang bertuliskan Google dengan sebuah tombol Play di tengah-tengah gambar.

Jika Anda klik tombol play tersebut, maka gambar akan berubah menjadi animasi seseroang sedang memainkan piano lengkap dengan suara pianonya. Melodi lagu yang dimainkan berasal dari era saat Cristofori hidup, yaitu Johann Sebastian Bach's Jesu, Joy of Man's Desiring.



Ketika Anda menggeser slider di sebelah kanan yang bertuliskan P dan F, semakin keatas Anda geser (mendekati F), maka semakin keras volume suara piano yang dimainkan. Bukan hanya itu, pemain musiknya pun juga menunjukkan gesture atau gerakan yang lebih aktif dan enerjik.

Catatan: P singkatan dari Piano (lembut) dan F singkatan dari Forte (keras).



Menurut saya, Google Doodle kali ini sangatlah menarik dan bisa dibilang brilian karena mampu menampilkan maksudnya dengan baik, yaitu kelebihan Piano yang bisa menghasilkan suara keras maupun lembut.

Selain itu, animasi pemain pianonya terlihat sangat menjiwai namun disisi lain masih mengandung sedikit unsur kelucuan, saya pun saat melihat pertama kali tersenyum sendiri yang akhirnya memutuskan untuk membuat artikel ini.

Satu kekurangan dari animasi tersebut, menurut saya adalah animasi palu-nya yang terlihat bahwa hanya ada satu palu yang bekerja. Padahal Piano terdiri dari banyak palu dan senar.

Demikianlah artikel mengenai Google Doodle tanggal 4 mei 2015 dan juga sejarah penemu Piano Bartolomeo Cristofori. Semoga bermanfaat salam - gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi