GO Contacts EX – aplikasi Android untuk menghapus kontak duplikat dan lainnya

7 September 2011

Update 2014: Sayangnya saat ini aplikasi Go Contacts sudah tidak dapat ditemukan di Play Store. Apabila Anda ingin menghapus kontak duplikat, cari aplikasi sejenis lainnya di Google Play, ketikkan saja: Delete Duplicate Contact di kolom pencarian


Ketika baru membeli handphone Android, saya langsung mengaktifkan fitur sinkronisasi di handpone Android untuk mensinkronisasi kalender, kontak dan juga e-mail. Setelah proses sinkronisasi selesai, dan saya membuka aplikasi Contact / Phonebook, saya melihat bahwa daftar nomor telepon yang baru tersinkronisasi jumlahnya cukup banyak, mencapai 2000 lebih.

Hmm.. saya berpikir kenapa jumlahnya bisa berlipat-lipat dari yang seharusnya. Ternyata hal tersebut bisa terjadi akibat saya mensinkronisasi kontak yang tersimpan di akun Google dan juga mensinkronisasi kontak yang tersimpan di layanan lainnya (misalnya akun Yahoo). Akibatnya, banyak ditemukan duplikat kontak. Ada yang namanya sama namun memiliki nomor telepon atau alamat email berbeda, ada yang nomornya sama namun memiliki nama yang sedikit berbeda, dan ada juga yang baik nama dan nomor teleponnya sama.

Jika hal ini sudah terjadi, tentu saja untuk mencari dan menghapus daftar duplicate contact satu persatu akan memakan waktu yang lama dan cukup ribet. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini Anda dapat menginstall aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya bernama Go Contacts EX. Aplikasi ini merupakan aplikasi phone book alternatif yang menurut saya cukup layak untuk dicoba dan merupakan salah satu aplikasi kontak Android yang terbaik. Pada artikel ini kami tidak hanya akan menjelaskan cara menghapus kontak duplikat di Android, namun kami juga akan menjelaskan beberapa fitur-fitur yang dimiliki oleh Go Contacts EX.

Cara Menghapus Duplicate Contact di Android

Sebagai informasi, aplikasi ini sebenarnya tidak menghapus duplikat kontak, namun hanya menggabungkan (merge) dua atau lebih kontak yang memiliki kesamaan, baik memiliki nama yang sama, nomor telepon yang sama maupun email yang sama. Selain itu, aplikasi ini hanya memiliki kemampuan untuk mencari duplicate contact, namun untuk menggabungkannya tidak dapat dilakukan secara otomatis. Jadi, Anda harus menekan tombol “merge” setiap kali ingin menggabungkan beberapa kontak menjadi satu kontak.

Sebenarnya masih ada aplikasi lain yang dapat menggabungkan, bahkan menghapus kontak secara otomatis, namun saat kami coba, aplikasi ini tidak dapat bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, aplikasi Go Contacts EX menurut kami masih lebih baik dari aplikasi yang lain, setidaknya untuk saat ini.

Berikut langkah-langkah menghapus / menggabungkan kontak duplikat Android

1. Install aplikasi Go Contacts EX melalui Android Market.

2. Sebelum menggabungkan kontak, sebaiknya kontak di backup dulu di SD card, hanya untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan. Caranya: Aktifkan aplikasi Go Contacts EX > tekan tombol MENU > klik “Im-Export” > klik Export to SD card.

3. Setelah selesai di backup > tekan tombol MENU > klik “Merge” > nanti akan muncul tiga pilihan, yaitu:

  • Search by Name: mencari duplikat kontak berdasarkan nama yang sama
  • Search by No.: Mencari duplikat kontak berdasarkan nomor telepon yang sama
  • Search by Email: Mencari duplikat kontak berdasarkan alamat email yang sama

Sebagai contoh, kita akan mengklik “Search by Name”. Tampilannya akan seperti dibawah ini:

cara menghapus duplicate contact Android

Search By Name

4. Untuk menggabungkan kontak, Anda tinggal klik “Merge”.  Jika terdapat lebih dari tiga kontak yang memiliki nama sama, namun hanya dua yang ingin digabungkan, maka Anda dapat menghilangkan tanda centang di kontak yang tidak ingin digabung.

Cara membuat Group Contact

Sebenarnya aplikasi contact atau phonebook bawaan handphone atau tablet Android juga dapat membuat Group. Namun saya pribadi merasakan lebih mudah jika membuat group menggunakan aplikasi Go Contacts EX. Jika Anda membuat group menggunakan aplikasi Go Contacts EX, maka Group yang dibuat juga akan ditemukan di aplikasi kontak bawaan handphone/tablet Android Anda. Berikut caranya:

1. Masuk ke Aplikasi Go Contacts EX > klik “Groups” atau usapkan jari ke kiri (lihat gambar dibawah)

cara membuat grup kontak android

Android Contact Groups / Grup Kontak

2. Klik tanda plus (+) untuk membuat Group baru > klik pada akun mana Group ingin disimpan, apakah akun telepon atau salah satu akun Google yang dimiliki > isi nama Group yang diinginkan > Sebagai tambahan, Anda juga dapat mengatur ringtone untuk Group yang baru dibuat dengan cara mengklik “Ringtones” > klik OK.

Cara Menghapus, mengubah nama dan mengatur Ringtone untuk grup kontak

Masuk ke aplikasi Go Contacts EX > klik “Groups” > tekan tombol MENU > klik “Manage” setelah itu akan tertampil gambar seperti dibawah ini

cara mengganti ringtone contact android

Manage Android Contact Group

  • Untuk menghapus Grup: klik tanda silang (X)
  • Untuk mengatur ringtone: Klik gambar music
  • Untuk mengubah nama Android Contact Group: Klik gambar pensil
  • Untuk mengatur susunan grup: klik dan tahan gambar “tiga buah garis horizontal” di sebelah kanan layar > geser Group ke tempat yang diinginkan

Cara memasukkan kontak ke dalam Group

Masuk ke aplikasi Go Contacts EX > klik “Groups” > klik pada salah satu Grup yang ingin ditambahkan kontak, misalnya grup “Family” > tekan tombol MENU > klik “Add Member” > Cari kontak yang ingin dimasukkan dengan mengetik nama/nomor teleponnya di kotak pencarian > beri tanda centang pada satu atau beberapa kontak sekaligus > klik OK

Cara menghapus / mengeluarkan kontak di dalam Group

Klik pada salah satu Group yang ingin dihapus kontaknya, misalnya klik pada group “Friends” > Klik pada bagian kanan atas layar (bergambar pensil) > beri tanda centang pada kontak yang ingin dikeluarkan dari Group > klik “Remove” (ada di bagian bawah layar) > setelah selesai, klik tombol BACK atau klik tanda centang di bagian kanan atas layar handphone.

Catatan: Dengan mengeluarkan kontak dari dalam grup tidak akan menghapus kontak.

Cara mengganti Ringtone atau Gambar Foto Salah Satu Kontak

Untuk mengganti Ringtone Contact: Masuk ke aplikasi Go Contacts EX > ketikkan nama atau nomor telepon untuk melakukan pencarian > klik pada salah satu kontak yang ingin diganti ringtonenya > klik “Ringtones”.

Untuk mengganti gambar foto kontak: Klik kontak yang ingin diganti gambarnya > Klik pada bagian kanan atas layar (gambar pensil) > klik pada gambar “bingkai foto” di bagian kiri atas layar (disebelah tulisan Family Name) > akan muncul pilihan:

  • Take Photo: Mengambil gambar menggunakan kamera handphone Android
  • Select Photo from Galery: Menggunakan gambar yang tersimpan di telepon (Gallery)
cara mengganti android contact photo

Klik “Bingkai” untuk mengganti Foto Kontak Android

Cara menghapus beberapa kontak sekaligus

Pada menu Contacts, tekan tombol MENU > klik “Batch Delete” > beri tanda centang pada kontak yang ingin dihapus (Anda dapat juga mencari kontak yang ingin dihapus melalui kolom pencarian) > klik OK

Cara memasukkan Kontak ke menu Favorit

Jika Anda memiliki beberapa nomor telepon atau email  yang sering kali dihubungi, maka Anda sebaiknya memasukkan kontak tersebut ke daftar favorit untuk kemudahan dalam mengaksesnya.

Untuk memasukkan ke daftar favorit dapat dilakukan dengan dengan dua cara:

Cara 1: Masuk ke aplikasi Go Contacts EX > klik atau geser layar hingga masuk ke menu Favorites (bergambar hati) > klik tanda tambah (+) untuk menambah kontak > beri tanda centang pada kontak yang ingin “difavoritkan” > klik OK

Cara 2: Pergi ke menu Contacts > klik pada salah satu kontak > klik pada gambar hati dibagian kanan atas layar untuk memasukkannya ke menu favorit.

Fitur Dialpad

Aplikasi Go Contacts EX juga memiliki fitur dial pad (papan tombol telepon). Fitur ini biasa saja, namun  saat kami coba responnya lumayan responsif saat menekan angka nomor telepon. Jadi jika dial pad bawaan tablet atau handphone Android milik Anda dirasa agak lambat responnya, maka Anda dapat mencoba fitur Dial Pad / Dialer Go Contacts.

Demikian tutorial cara menghapus duplikat kontak Android dan juga pembahasan mengenai salah satu aplikasi contact terbaik Android. Semoga bermanfaat



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi