Harga Handphone Android Dengan Spesifikasi Tinggi Makin Murah!

Tanggal 3 Desember 2011

Gempuran seri Sony Ericsson XPeria disambut dengan gembira oleh para penggemar Android. Spesifikasi dengan harga yang ditawarkan menurut saya worth to buy alias layak untuk dibeli. Bila beberapa bulan yang lalu untuk mendapatkan handphone dengan processor 1 GHz keatas Anda harus merogoh kocek 4 jutaan, namun kini Anda bisa mendapatkannya dengan harga 2 jutaan.

Beberapa handphone SonyEricsson seri Xperia yang “mengobrak-abrik” pasaran:

  • Xperia Mini (Penerus Xperia X10 Mini)
  • Xperia Mini Pro (penerus Xperia X10 Mini Pro)
  • Sony Ericsson Live with Walkman
  • Xperia Neo V
  • Xperia Neo
  • Xperia Ray
  • Xperia Active

Semua handphone diatas memiliki processor 1 GHz,  GPU Adreno 205 dan juga rata-rata memiliki kualitas kamera yang dapat diandalkan.

Sebagai catatan, saya tidak disponsori oleh Sony Ericsson untuk menulis artikel ini. Bila Anda ingin mengetahui alasan saya mengatakan bahwa seri Xperia yang saya sebutkan diatas layak untuk dibeli, saya sarankan Anda membaca artikel berikut:

“Tipe Memilih Handphone Android” (klik)

Setelah Anda membaca artikel diatas, Anda dapat membandingkan spesifikasi antara satu handphone Android dengan yang lain dan bisa memutuskan sendiri mana yang terbaik bagi Anda.

Kondisi ini tentu saja membuat gerah pabrikan lain dan memaksa mereka untuk mengeluarkan produk dengan harga terjangkau dengan spek mumpuni. Contohnya adalah pabrikan Samsung yang belum lama ini baru saja meluncurkan Samsung Galaxy W. Handphone ini memiliki processor berkecepatan 1,4 GHz dengan harga dibawah 3 juta rupiah.

Huawei mengambil langkah berbeda. Untuk dapat bertahan di pasar Android yang semakin ketat, pabrikan asal Cina ini menurunkan harga beberapa perangkat Android yang dikeluarkan, khususnya seri Ideos.

Menurut beberapa sumber, harga Huawei Ideos X5 sempat turun hingga dibawah Rp. 2 juta rupiah. Saya tidak mengetahui apakah kondisi ini hanya sementara, atau harganya akan kembali naik. Namun, Bila Huawei Ideos X5 bertahan di harga dibawah dua juta rupiah, maka untuk saat ini, X5 merupakan handphone Android dengan spesifikasi terbaik di rentang harga tersebut. (update: Saat kami survey di pasaran pada pertengahan desember ini, harga Huawei X5 di pasaran kembali berada di kisaran diatas dua juta rupiah)

Menurut pemantauan, produsen handphone Android selain Samsung dan Huawei sepertinya belum ada yang melakukan “serangan balik” terhadap gempuran “The Xperia Series” di kelas menengah handphone Android. Namun, di akhir tahun ini semua hal bisa terjadi, let’s wait and see 

Catatan: Untuk membaca review singkat handphone Android yang saya sebutkan diatas, Anda dapat mengklik halaman “Handphone Rekomendasi” diatas atau melalui link berikut: “Handphone Android Rekomendasi”

©2009-2015 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi