Harga, Spesifikasi dan Review BlackBerry Q5 Indonesia

24 Agustus 2013

BlackBerry Q5 adalah smartphone yang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 yang diluncurkan setelah BB Q10 dan Z10. Memiliki konsep yang mirip dengan Q10, yaitu ponsel berlayar sentuh yang dilengkapi dengan papan tombol QWERTY dengan dukungan OS10.

Harga BlackBerry Q5 terpaut cukup jauh dengan Q10, tampaknya Q5 ditujukan untuk segmen menengah dan sebagai salah satu produk yang diharapkan untuk mendongkrak penjualan.

Secara singkat, ponsel BB Q5 adalah versi “down grade” dari Q10. Apa saja perbedaanya? Apakah layak untuk dibeli? Baca terus dalam review BlackBerry Q5 Indonesia kali ini.

Harga BlackBerry Q5 Bulan September 2013

  • Baru: Rp. 4.100.000,-
  • Bekas: Rp. 3.700.000,-

Distributor / garansi resmi BlackBerry Indonesia adalah: Teletama Artha Mandiri (TAM), Comtech Selular dan PT Surya Citra Multimedia (SCM).

Foto BlackBerry Q5

review blackberry q5 indonesia

BlackBerry Q5

Keterangan Rating Review BlackBerry Q5

rating

Desain

3-bintang
Ukuran: 120 x 66 x 10.8 mm, berat: 120 gr.

Ukuran BlackBerry Q5 tidak terlalu berbeda dengan Q10, kalau disandingkan sebelah-sebelahan ukurannya sekilas terlihat sama.

Apabila Anda telah melihat foto atau memegang BB Q5 secara langsung, sebagian besar pasti akan setuju kalau tampilan Q5 biasa-biasa saja dan jauh dari kesan premium / mahalan.

Material badan ponsel adalah plastik. Memang banyak produsen lain yang juga menggunakan bahan plastik untuk produknya, hanya saja tampilan Q5 terlihat sangat sederhana dan tidak mencerminkan sebuah produk yang dibanderol empat jutaan.

Walau terlihat standar, namun tetap saja tidak akan memalukan untuk dikeluarkan di tempat umum karena walau bagaimanapun juga, semua orang akan mengetahui bahwa ponsel tersebut adalah BlackBerry Q5 

Untuk keyboard dari Q5, baik bentuk maupun susunan tombol-tombolnya mirip dengan seri Curve. Untuk tingkat kenyamanan saat digunakan mengetik terbilang lumayan, tidak istimewa namun tidak buruk.

Jarak antara bagian bawah layar dengan keypad Q5 terbilang cukup jauh, lebih jauh daripada Q10. Dari segi estetika terlihat kurang menarik karena terkesan menyianyiakan bidang. Tetapi disisi lain, hal ini memiliki keuntungan dimana untuk pengoperasian sistem operasi BB10 banyak membutuhkan sapuan jari dari bawah layar ke arah atas, sehingga pengguna dapat lebih nyaman untuk mengoperasikan ponsel.

Sama seperti BlackBerry Q10, pada Q5 tidak ditemui tombol Panggilan (Call & End), tombol BACK dan tombol MENU (logo BB).

Layar

3-bintang
3.1″ IPS LCD, resolusi 720×720 pixel

Layar BlackBerry Q5 memiliki resolusi yang sama dengan Q10, yaitu 720×720 pixel. Untuk tingkat kerapatan resolusinya mencapai 328 ppi (pixel per inch), lebih baik dibanding Galaxy SIII (306 ppi). Hal ini wajar saja, karena SIII memiliki ukuran layar yang jauh lebih besar.

Untuk layarnya menggunakan teknologi IPS (In-Plane Switching) dan bukan AMOLED seperti yang digunakan pada Q10. Hasilnya, kontras warna tidak secerah Q10. Namun demikian untuk kualitas layar tetap terbilang baik dan nyaman dilihat, Anda dapat membaca tulisan text dengan jelas walaupun huruf-nya kecil-kecil.

Untuk tingkat sensitivitas sentuhan layarnya sangat baik dan titik sentuhannya juga akurat.

Audio

4-bintang
3.5 mm audio Jack, Loud speaker

Suara loudspeaker yang dihasilkan oleh BlackBerry Q5 cukup kencang. Untuk kualitas suaranya juga terbilang baik. Satu hal yang saya pribadi suka adalah penempatan speaker yang apabila pada ponsel umumnya diletakkan pada bagian belakang HP, maka pada Q5 terletak pada bagian bawah badan handphone. Hal ini akan memastikan bahwa lubang speaker tidak akan tertutup ketika ponsel diletakkan di meja.

Memori

4-bintang
8GB memory, 2 GB RAM, Slot microSD up to 32GB

BlackBerry Q5 memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 8 GB, setengahnya dari Q10 yang berkapasitas 16 GB. Dari 8 GB tersebut tidak semuanya dapat digunakan karena sebagian digunakan untuk instalasi sistem.

Salah satu kelebihan dari sistem operasi Blackberry 10 adalah banyaknya aplikasi yang dapat terinstall hanya dibatasi oleh sisa kapasitas memori yang tersedia. Dengan demikian jumlah aplikasi yang dapat diinstall akan lebih banyak dibandingkan BB yang menggunakan OS 7 kebawah.

Kamera

3-bintang
Kamera utama: 5MP, Autofocus, LED Flash, Video Recording 1080p. Kamera depan: 2MP

Sama seperti seri-seri BlackBerry sebelumnya, di kisaran harga yang sama, ponsel BB biasanya akan menggunakan kamera dengan resolusi yang dibawah pesaingnya. Contoh saja Android di rentang harga 4 jutaan, rata-rata sudah menggunakan kamera dengan resolusi minimal 8 Mega Pixel.

Untuk kualitas hasil kameranya terbilang biasa-biasa saja. Walau begitu, fitur Time Shift yang tersedia pada Q10 dan Z10 tidak luput disertakan pada BlackBerry Q5 dan ini merupakan nilai tambah. Dengan fitur ini kamera akan menangkap beberapa foto dalam waktu yang singkat dalam sekali jepret. Dengan demikian pengguna dapat memilih hasil foto yang terbaik setelah foto selesai diambil. Cukup berguna ketika digunakan untuk mengambil foto yang bergerak atau ketika befoto ramai-ramai (tidak sendiri). Lebih detail tentang Time Shift dapat dibaca disini.

BlackBerry Q5 dapat merekam video dengan resolusi hingga 1080p. Untuk kualitas hasil perekamannya tidak mengecewakan. Video yang dihasilkan jernih dan juga lancar dengan kecepatan 30 frame per detik (fps).

Jaringan dan Konektivitas

4-bintang
Quad Band GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz ~ HSDPA 850/900/1900/2100 ~ Wi-Fi 802.11 b/g/n ~ Internet Thetering ~ Bluetooth V4.0 with A2DP ~ NFC ~ MicroUSB Port ~ GPS

Di sektor konektivitas, BlackBerry Q5 cukup lengkap. Dengan dukungan HSDPA menjanjikan internet kecepatan tinggi (selama didukung oleh operator telepon).

Fitur Near Field Communication (NFC) sudah tersedia pada BlackBerry Q5. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat berbagi konten secara cepat dengan hanya menempelkan badan ponsel dengan perangkat lain yang juga mendukung NFC.

Performa

3-bintang
Qualcomm Snapdragon 4, Dual Core Krait 1.2 GHz, 2GB RAM, GPU Adreno 225

BlackBerry Q5 menggunakan chipset yang sama seperti kakaknya BB Q10, namun untuk kecepatan prosesornya lebih lambat sebesar 300 MHz. Namun demikian, kami hampir tidak merasakan perbedaan yang signifikan ketika mengoperasikan Q5 dan Q10.

Kapasitas RAM Sebesar 2GB menunjang kinerja Q5 dalam menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Sistem Operasi BB10 dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala pada Q5

Fitur

4-bintang
BlackBerry Hub, BlackBerry Messenger (BBM), Twitter, Facebook,

Bagi yang “maniak” BBM  tidak perlu khawatir, karena pada BB Q5 sudah ditanamkan BlackBerry Messenger versi terbaru yang sudah mendukung fitur BBM Video. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat melakukan video chat.

Yang cukup menarik dengan fitur BBM Video adalah selain dapat menampilkan gambar menggunakan kamera depan, namun terdapat juga pilihan untuk menampilkan gambar pada layar ponsel, sangat berguna untuk misalnya mengajarkan teman Anda untuk melakukan sesuatu seperti untuk melakukan settingan ponsel, dsb.

Untuk fitur standar pada OS BB10 seperti BlackBerry Hub juga tersedia. Dengan adanya BB Hub, semua notifikasi (panggilan telp, SMS) dan pesan (email, BBM, Facebook, Twitter, dsb) akan masuk ke dalam Hub sehingga pengguna akan lebih mudah mengatur setiap pesan yang masuk tanpa harus membuka masih masing-masing aplikasi yang bersangkutan.

Aplikasi Browser internet pada BlackBerry Q5 sudah mendukung Flash. Untuk kinerjanya terbilang baik dan terasa banyak peningkatan dibandingkan seri BB sebelumnya. Untuk proses loading halaman website cepat dan proses navigasi maupun zoom in dan out halaman web terasa lancar.

Baterai

3-bintang
Li-ion 2180 mAh, non removable

BlackBerry Q5 menggunakan baterai berkapasitas 2180 mAh. Kapasitasnya terbilang besar untuk ponsel yang hanya menggunakan layar sebesar 3.1″. Hasilnya daya tahan baterai terbilang baik untuk ukuran smartphone. Saat digunakan secara normal masih dapat bertahan satu harian (tergantung kondisi jaringan operator).

Hal yang cukup disayangkan adalah baterai Q5 tidak dapat dilepas sendiri oleh pengguna, oleh karena itu kami memberi rating hanya 3 bintang.

Kelebihan dan Kekurangan BlackBerry Q5

Kelebihan:

  • Desain layar sentuh yang dilengkapi dengan tombol QWERTY
  • Performa baik
  • Kapasitas baterai cukup besar

Kekurangan:

  • Baterai tidak bisa dilepas
  • Desain terlihat “murahan”
  • Kamera hanya 5 MP.

Kesimpulan:

Total Rating: 3,4 Bintang (tidak terlalu baik namun juga tidak buruk). BlackBerry Q5 dibanderol dengan harga yang cukup jauh dibanding dengan kakaknya Blackberry Q10. Perbedaan harga tersebut mengorbankan beberapa faktor (lebih detail bisa dibaca dibawah).

Apabila Anda ingin merasakan atau ingin mencoba sistem operasi BlackBerry 10, maka Anda dapat membeli Q5. Anda akan merasakan pengalaman yang jauh berbeda dari seri-seri BB sebelumnya.

BlackBerry Q5 dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan BlackBerry 9900 (Dakota). Apabila Anda dapat menerima tampilan BB Q5 yang terlihat biasa-biasa saja, maka kami lebih menyarankan untuk memilih Q5 dibanding Dakota karena sudah mendukung sistem operasi yang lebih baru dan kinerjanya juga terasa lebih baik.

Perbedaan Blackberry Q5 VS BlackBerry Q10 adalah sebagai berikut:

  • Kecepatan prosesor Q5 1.2 GHz, sedangkan Q10 1.5 GHz
  • Layar Q5 menggunakan teknologi IPS, sedangkan Q10 menggunakan AMOLED. Hasilnya tampilan dan kontras Q10 akan lebih baik.
  • Resolusi kamera Q5 5 MP, sedangkan Q10 8MP
  • Memori internal Q5 8GB, sedangkan Q10 16GB
  • Tampilan BlackBerry Q5 terlihat kurang premium 
  • Keyboard Q10 lebih nyaman digunakan

Apabila uang tidak menjadi masalah bagi Anda, maka kami menyarankan memilih BlackBerry Q10 yang memiliki tampilan lebih mewah, kamera lebih baik dan juga processor lebih cepat.

Namun bila Anda membutuhkan ponsel BB untuk mendukung bisnis Anda, maka kami rasa BlackBerry Q5 Sudah cukup, toh Anda dapat merasakan semua kelebihan Sistem operasi BlackBerry 10 pada Q5. Semoga bermanfaat 



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi