I Hate PING!!! (BBM)

03 April 2015 oleh Ted

Bagi pengguna aktif aplikasi BBM / BlackBerry Messengger pasti sudah tidak asing dengan fitur PING!!! Namun sebelum saya mengatakan alasan kenapa saya tidak suka dengan PING!!! Saya akan menjelaskan sedikit mengenai ping, fungsinya dan cara pakainya.

Apa itu PING!!! di BBM?

Yaitu fitur untuk menotifikasi ulang pesan yang sebelumnya dikirim agar bisa mendapat perhatian dari penerima pesan.

Contoh: anda kirim pesan ke seseorang, lalu orang tersebut tidak balas-balas atau tidak baca-baca pesan kamu, maka kamu mengirim PING!!! agar ponsel penerima berbunyi serta bergetar yang bertujuan untuk mendapatkan perhatian orang tersebut.



Asal kata PING!!!

Istilah ping yang saya tahu awalnya digunakan pada teknologi kapal selam, lebih tepatnya dipakai dalam teknik Active SONAR (SOund Navigation And Ranging), yaitu teknik dimana kapal selam (submarine) mengeluarkan getaran suara dan kemudian mendengarkan gema-nya (echo) untuk mendeteksi objek di lautan.

Kalau di film-film kapal selam Anda sering dengar dengar suara ping... ping.... ping... nah dari situ asal kata ping berasal. Kenyataannya metode Active Sonar sudah lama tidak dipakai dan yang saat ini dipakai adalah metode Passive Sonar, yaitu hanya mendengarkan suara dari objek di laut tanpa perlu mengeluarkan getaran suara (Jadi OOT ). Kenapa tidak lagi dipakai? Karena dengan menggunakan Active Sonar, itu sama saja memberitahukan posisi kapal selam kita.

Istilah ping juga digunakan di dunia komputer yang pada intinya untuk mengecek koneksi internet dari satu komputer ke komputer lainnya atau ke host jaringan internet.

Caranya dengan mengirimkan data ke host lalu menunggu respon balik yang berupa kecepatan "balas", apakah ada paket data yang hilang / tidak utuh (packet loss), dsb.

Dengan melakukan ping di PC anda bisa mengetahui apakah koneksi tersebut aktif, kecepatan transfer data, dsb.

Fungsi PING!!! di BBM

Sebelum saya menulis artikel ini, saya sedikit melakukan pencarian informasi di internet dan mendapati beberapa fungsi dari PING!!! seperti:

  • Mengecek koneksi perangkat kamu dengan yang di BBM apakah aktif atau tidak
  • Mengetahui kecepatan transfer apakah pesan langsung terkirim atau tidak
  • PING!!! akan membuat server RIM lebih reaktif
  • Mengetahui kekuatan sinyal provider

Saat membaca penjelasan diatas, dalam otak saya berpikir hmmm.... apakah memang benar seperti itu? itu dapat info darimana? Apakah ada sumber yang terpercaya atau penjelasan resmi dari pihak BlackBerry?

Kalau menurut saya pribadi, semua penjelasan diatas hanyalah berlaku di dunia komputer dan tidak berlaku di BBM.

Jadi apa sebenarnya fungsi PING!!! di BBM? ya sekedar notif ulang saja, seperti menegaskan "Hey kamu! bales dong!"

Kalau ada yang bisa membuktikan bahwa ping berguna untuk hal teknis, bisa coba jelaskan di komentar di kolom bawah, mungkin saja pendapat saya salah

Bagaimana cara pakai PING!!! di Android

  • Buka aplikasi BBM
  • Buka kontak yang mau di ping
  • Tekan tombol MENU, kalau tidak punya tombol MENU, tekan tiga bulatan kecil (More) di bagian kanan bawah aplikasi BBM, lalu klik ping. Note: untuk beberapa versi BBM, letak tiga bulatan kecil ada di kanan atas layar.

Catatan: Tiga bulatan kecil (More) di kanan bawah tidak muncul kalau keyboard Android Anda sedang aktif. Jadi tekan tombol BACK sekali agar keyboardnya menutup baru klik More > PING!!!



Alasan saya tidak suka PING!!!

Alasan utamanya adalah karena saya merasa orang yang mengirim PING!!! itu adalah orang yang tidak sabaran. Baru BBM, status sudah delivered, belum satu menit sudah di PING!!! dua kali grrrrr..... rasanya ingin ku delcont (Delete Contact) saja itu orang.

Lebih parah lagi kalau setelah itu kirim pesan "gan, bales dong!" lalu di ikuti dengan PING!!! yang ke sekian. Mungkin dia pikir tombol PING!!! itu sama seperti tanda baca yang umum digunakan.

Apakah saya pernah delcont orang gara-gara PING!!!? Belum pernah sekalipun. Saya memang tidak suka dengan ping, tapi ga segitu emosinya. Saya tulis seperti diatas biar lebih dramatis saja

Tapi, saya tahu beberapa orang yang benar-benar tidak suka dan sampai dengan tegas tulis di status: PING = DELCONT

Pesan Buat Kamu Yang Doyan PING!!! :

  • Jangan terlalu sering dilakukan, banyak orang yang tidak suka dengan ping (Saya salah satunya)
  • Ping tidak ada gunanya secara teknis (CMIIW). Kalau untuk tes jaringan ketik saja: tes atau kalau saya pribadi biasanya cukup ketik tanda titik (.) lalu klik send. Menurut saya itu lebih sopan.
  • Kalau mau ping, tunggu beberapa saat mungkin 15 menit baru ulangi lagi, mungkin yang dituju sedang sibuk. Kalau benar2 penting, telepon saja yang bersangkutan.

Pesan Buat Kamu Yang Emosi Jiwa kalau di PING!!! :

  • Tidak semua orang mengerti fungsi ping, mungkin mereka hanya mau tes jaringan
  • Banyak orang yang berpikir tanda seru (apalagi sampai tiga kali) itu adalah hal yang biasa dan tidak berarti apa-apa. Saya pernah kenal seseorang yang menggunakan tanda seru sebagai pengganti tanda titik dan dia tidak merasa kalau itu adalah hal yang salah. Intinya, bisa saja yang mengirim PING!!! melakukannya tanpa perasan, jadi ngapain juga malah jadi kamu yang emosi
  • Kalau kamu butuh teman ngobrol, biasanya teman yang suka PING!!! yang paling responsif dan available
  • Mungkin orang yang PING!!! lagi kangen sama kamu dan ingin sesegera mungkin dapat balasan dari kamu
  • Mungkin dia lagi buru-buru dan cuma punya saat ini saja untuk kontak kamu.

Apakah PING!!! benar-benar diperlukan?

Diperlukan kalau saat-saat tertentu saja. Misalnya kalau sudah lebih dari 30 menit tidak ada balasan, bolehlah pakai PING!!! untuk mengingatkan.

Alasan saya tulis artikel ini adalah karena banyak orang yang tidak suka di ping, termasuk saya. Jadi saran saya bijaksanalah dalam menggunakan fitur BBM ini. Jangan sampai kamu sudah dapat PIN BBM orang yang disuka tapi akhirnya di delcont gara-gara orang tersebut tidak suka di PING!!! (Ini kejadian nyata lo)

Coba lihat tulisan PING!! yang selalu saya buat dalam huruf merah dan bold (tebal) apakah enak dilihat? Saya pikir yang tidak suka di ping akan bilang tidak enak dilihat dan menggangu. Tapi kalau yang sering ping akan bilang: "ah ga masalah tuh, bagus malah jadi ada warnanya, ga monoton!!! (Dengan tiga tanda seru)

Bagaimana pendapat kamu? Suka atau tidak di PING!!! ? Bisa isi kolom komentar dibawah. Salam - gadoga.com

Update 01-09-2016:

Ada kabar baik (sangat baik malah ) bagi kamu pengguna BBM Android yang tidak suka di Ping. Yaitu, saat ini kita bisa mematikan notifikasi PING, jadi kalau ada yang nge ping ponsel kita tetap tidak berbunyi (atau bisa diganti dengan suara yang tidak menyebalkan / ngagetin).

Caranya: Buka aplikasi BBM > Buka Settings (BBM) >klik Notifications > Kamu bisa mematikan / mengganti nada suara Ping di bagian "Ping and Priority Notifications"



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi