Cara Mengatasi Indovision / OkeVision / Top TV Tidak Berwarna

06 April 2015 Oleh Ted

Kemarin malam tiba-tiba saja tayangan okevision saya tidak berwarna. Saya berpikir hal ini pasti ada hubungannya dengan hal yang saya lakukan sebelumnya, yaitu menginstall sebuah Android TV Box (lain topik).

Mulailah saya berpikir-pikir apa penyebabnya. Setelah utak-atik selama hampir 30 menit dicari-cari apa kerusakannya, akhirnya ketemu juga biang kerok-nya yang ternyata masalahnya sangat simple dan sederhana.

Berikut cara mengatasi tayangan Indovision / Oke Vision / Top TV / TV Berlangganan lainnya yang tidak berwarna / hitam putih, gambarnya jelek, berbayang, garis- garis atau kendala teknis umum lainnya:

1. Cek Input TV

Ini adalah yang yang seharusnya dilakukan pertama kali. Saya kemarin justru melakukannya paling terakhir dan ternyata masalahnya disini.

Caranya lihat remote TV Anda, lalu pilih Input, pastikan Anda memilih Input AV / Audio Video seperti gambar dibawah.

Satu hal yang membuat saya salah pilih adalah karena saat saya klik Input, pilihan AV berwarna abu-abu atau seperti tidak aktif. Yang aktif adalah pilihan Component2 (lihat gambar) Kalau saya pilih Component2, maka hasil indovision / okevision saya tidak akan berwarna.



Kalau seandainya ada dua pilihan AV, misalnya AV1 dan AV2, pastikan pilih yang tepat / dimana kabel RCA (Kabel yang warna merah, putih, kuning) di sambungkan ke TV. Kalau AV1 tidak bisa, coba AV2.

Kenapa hal sepele ini justru saya lakukan paling akhir? Karena saya sudah menanamkan di pikiran saya kalau penyebab tv berlangganan jadi tidak berwarna adalah karena hal yang saya lakukan sebelumnya. Jadi saya terlalu fokus dengan masalah itu dan tidak berpikir bahwa penyebab sebenarnya tidak berhubungan sama sekali.

2. Cek Kabel RCA

Hal kedua yang perlu dicek adalah perhatikan kabel RCA-nya, yaitu kabel yang menghubungkan dekoder ke TV, yang ujungnya berwarna merah, putih dan kuning. Coba cek apakah terkoneksi dengan baik atau tidak, apakah ada yang putus, apkah sudah disambung sesuai warnanya, dsb.

Kalau punya kabel RCA yang lain, coba digunakan untuk memastikan permasalahan dari kabel atau bukan.

3. Cek suhu dekoder

Jangan menaruh barang-barang elektronik atau benda apapun yang bisa menghalangi sirkulasi udara di sekitar dekoder. Bila alat ini terlalu panas bisa menyebabkan fungsinya terganggu.

4. Cek posisi parabola

Lihat apakah posisinya masih seperti saat pertama kali dipasang atau sudah berubah jadi tudung saji alias tiarap

5. Cek TV-nya

Ini yang paling tidak mengenakkan. Coba cek apakah koneksi input AV (Audio Videonya) masih berfungsi dengan baik atau tidak. Caranya dengan menghubungkan TV dengan misalnya DVD player, kalau gambarnya OKE, berarti TV tidak bermasalah. Tapi kalau gambarnya tidak berwarna, berarti TV-nya bermasalah.

6. Lain-lain

Kalau tidak ada gambar sama sekali, berbintik, garis-garis, hal ini bisa disebabkan karena ada gangguan listrik, atau gangguan sinyal di parabola. Coba lepas kabel power dekoder, tunggu 30 detik, lalu coba pasang dan nyalakan lagi.

Kalau sering muncul tulisan "technical problem" setelah melakukan hal-hal diatas, maka disarankan menghubungi teknisi Indovision, OkeVision atau Top TV untuk dicek permasalahannya dimana. Kemungkin harus dirubah arah parabola-nya ke posisi yang lebih baik dan tidak ada gangguan.

Kalau tampilan dan suaranya tersendat-sendat seperti DVD Rusak, maka kemungkinan ada yang menghalangi parabolanya. Cara mengatasinya bisa dibaca klik disini.

Demikianlah info cara mengatasi Indovision, Okevision dan Top TV yang tidak berwarna. Semoga bermanfaat Salam - gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi