iPhone 5s – Sang Penerus dengan Sensor Sidik Jari

Spesifikasi iPhone 5s

Jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100, LTE. DC-HSDPA, 42 Mbps; HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, LTE, 100 Mbps
Ukuran 123.8 x 58.6 x 7.6 mm, Berat 112 gr
Layar: LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen multi touch, 16 juta warna, 640 x 1136 pixels, 4.0 inches (~326 ppi pixel density). Corning Gorilla Glass, oleophobic coating
Suara / Notifikasi: Vibration, proprietary ringtones, Loud speaker, 3.5 mm jack audio
Memori 16/32/64 GB storage, 1 GB RAM DDR3, tidak ada slot memory card
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot, Bluetooth V.4.0
Kamera 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, dual-LED flash. Perekaman video 1080p@30fps dan 720p@120fps. Kamera depan 1.2 MP
Sistem operasi iOS 7.0.1
Prosesor Apple A7, Dual-core 1.3 GHz Cyclone (ARM v8-based), GPU PowerVR G6430 (quad-core graphics)
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
GPS Tersedia, A-GPS support dan GLONASS
Pilihan warna Space Gray, White/Silver, Gold
Baterai Li-Po 1560 mAh battery, tidak bisa dilepas

iPhone 5s merupakan penerus dari iPhone 5. Memiliki model dan tampilan yang sangat mirip dengan seri sebelumnya namun dengan penyempurnaan hardware dan software.

Fitur yang paling menonjol atau membedakan adalah hadirnya sensor sidik jari yang diletakkan pada tombol HOME, memiliki camera dengan kualitas lebih baik + dua buah lampu flash LED dan juga menggunakan prosesor Apple A7 64 bit yang merupakan prosesor 64 bit pertama yang digunakan pada smartphone.

Dari sisi desain, yang membedakan dengan model lama adalah pilihan warnanya saja (selain beda tombol HOME dan lampu flash LED). Untuk ukuran, model dan bahkan beratnya sama persis. Layarnya menggunakan ukuran 4 inchi dengan resolusi 640 x 1136 pixels, menghasilkan tingkat kerapatan ~326 ppi (sama seperti yang lama). Dari sisi layar, iPhone 5s bisa dibilang terlalu kecil untuk ukuran standar saat ini.

Salah satu fitur yang diunggulkan adalah sensor sidik jari atau oleh apple dinamakan TouchID. Sensor ini sebenarnya merupakan sebuah “kamera” dengan sensor CMOS yang berguna untuk mengambil gambar sidik jari dengan kerapatan 500ppi. TouchID diletakkan pada tombol HOME dan dilapisi oleh kaca sapphire anti gores dan sekelilingnya dilindungi dengan bezel stainless steel sehingga membuatnya tampil elegan.

TouchID berguna sebagai fitur pengamanan ponsel. Untuk unlock atau membuka kunci dari ponsel dapat dilakukan dengan menempelkan jari pada tombol HOME. Fitur ini dapat mengenali sampai lima buah sidik jari yang berbeda, jadi pengguna dapat memasukkan sidik jari pribadi atau orang lain yang diperbolehkan untuk membuka atau menggunakan iPhone 5s. Sensor sidik jari juga berguna untuk autentikasi pembelian aplikasi atau buku di App Store.

Dari sisi performa, iPhone 5s menggunakan chipset terbaru buatan apple yang dinamakan A7. Prosesornya menggunakan dual core (dua inti) dengan kecepatan 1.3 GHz dengan arsitektur ARMv8. Memang kalau dilihat sekilas terkesan masih kalah dibandingkan ponsel-ponsel Android high end yang menggunakan inti processor lebih banyak dan dengan clock speed yang lebih tinggi, contohnya Xperia Z Ultra yang menggunakan processor Quad Core / empat inti berkecepatan 2.2 GHz.

Namun kenyataannya saat dilakukan pengujian sintetik benchmark, iPhone 5S dapat bersaing dengan produk-produk Android terbaru dan pada beberapa faktor keluar menjadi yang terbaik, khususnya pada pengujian browser. Selain itu, dengan menggunakan processor 64 bit berarti manajemen memori (RAM) lebih baik sehingga dapat lebih baik lagi menjalankan aplikasi-aplikasi yang lebih kompleks ke depannya.

iPhone terkenal responsif dalam penggunaan sehari-hari dan jarang terjadi lag. Demikian halnya dengan ponsel Apple terbaru ini, sistem operasi iOs 7 yang ditanamkan terasa sangat responsif, halus, tanpa lag dan saat digunakan untuk membuka aplikasi langsung seketika terbuka tanpa jeda.

Di Sektor kamera masih menggunakan resolusi 8MP. Namun sensor yang digunakan ukurannya lebih besar yaitu 1/3” (sebelumnya 1/3.2”) dan juga apperture yang lebih besar yaitu F/2.2 (sebelumnya F/2.4). Hal ini menyebabkan peningkatan kemampuan kamera pada saat digunakan untuk mengambil foto di tempat dengan tingkat pencahayaan kurang.

Terdapat dua lampu LED Flash yang memiliki warna sedikit berbeda. Satu lampu berwarna putih satunya lagi berwarna kuning kecoklatan seperti warna sawo matang. Apple menyebutnya True Tone Flash yang akan menghasilkan pencahayaan yang lebih menyerupai aslinya, tidak terlalu terang atau putih seperti lampu flash pada umumnya. Fitur yang dimiliki diantaranya touch focus, geo-tagging, face detection, HDR panorama dan HDR photo.

Kamera belakangnya dapat merekam video dengan resolusi 1080p dengan kecepatan 30fps (frame per detik) atau resolusi 720p @ 120 fps. Pengguna dapat mengambil foto saat pada saat bersamaan ketika melakukan perekaman.

Gambar iPhone 5s

Review iPhone 5s indonesia

Kelebihan iPhone 5s

  • Ukuran praktis dibawa kemana-mana, dikantongi, dan juga digenggam
  • Performa memuaskan, tidak lag dan sangat halus
  • Terjadi perbaikan di sisi kamera
  • TouchID atau sensor sidik jari sebagai fitur keamanan
  • Build Quality atau kualitas bahan yang baik dan terasa premium (mahalan)

Kekurangan iPhone 5s

  • Ukuran layar kecil. Saat ini banyak smartphone lain berukuran layar 4.3 inchi bahkan 4.7 inchi dengan resolusi yang lebih tinggi namun dibalut dalam body yang ukurannya hampir sama besar dengan 5s.
  • Harga mahal
  • Tidak ada slot memory card eksternal
  • Baterai tidak bisa dilepas

Kesimpulan review iPhone 5s

5s membawa beberapa perbaikan dibandingkan versi sebelumnya. Namun apabila Anda saat ini memiliki iPhone 5, maka sepertinya tidak terlalu perlu untuk upgrade ke iPhone 5s. Namun apabila Anda adalah pemilik iPhone 4s, maka bolehlah melirik 5s apabila memang memiliki dananya.

Kekurangan terbesar dari iPhone 5s, sama seperti seri iPhone sebelum-sebelumnya adalah harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dibandingkan pesaing dekatnya yaitu ponsel-ponsel Android yang secara garis besar menawarkan hardware lebih mumpuni seperti layar lebih besar, resolusi layar lebih baik, memori lebih besar, kamera lebih baik dan fitur lainnya seperti anti air (contohnya beberapa tipe Sony Xperia).

Demikianlah spesifikasi dan review iPhone 5s, semoga bermanfaat. Salam, gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi