Jual Flip Cover Tablet Advan, MITO, SpeedUp, IMO, ASUS, Evercoss dan Tablet Lokal / Cina Lainnya

Sebelum Anda meneruskan membaca artikel ini, saya hanya ingin memberitahukan bahwa saya tidak jual flip cover Tablet Advan, SpeedUP, Mito, ASUS, IMO, Evercoss atau merk-merk lainnya.

Terus kenapa judul artikelnya begitu? Biar banyak yang kunjungi situs saya he he.. bukan lah, bukan itu alasannya. Saya menulis judul seperti diatas karena saya menyadari bahwa saat ini banyak sekali tablet Android yang bermunculan dari berbagai merk dan harga. Mulai dari merk lokal, merk Cina, Taiwan (ASUS) dan merk dari planet namek #DragonBallFans

Namun kemunculan merk-merk baru tersebut tidak diimbangi dengan aksesoris yang memadai, sehingga banyak konsumen yang kesulitan mencari aksesoris, misalnya flip cover yang pas dan kelihatan “cakep”. Termasuk saya adalah salah satu “korban”-nya.

Memang saat ini banyak flip cover atau leather case universal (bisa dipakai di semua merk) yang dijual, tapi yang paling saya tidak suka adalah flip cover universal tersebut adalah sistemnya di jepit / di ikat menggunakan semacam karet di keempat sisi-nya. Hal ini membuat tampilannya kurang OK dan yang cukup fatal adalah menutupi sebagian bidang layarnya. Walaupun hanya sedikit, tapi cukup mengganggu. Kalau bingung saya ngomong apa, cek gambar dibawah he he:

Karet pengikat cover menutupi sedikit bagian layar

Karet pengikat cover menutupi sedikit bagian layar

Anyway, Tablet saya adalah merk SpeedUp Pad 7.85. Sesuai dengan namanya, ukuran layarnya adalah 7.85 inchi. Sebenarnya tablet saya ada aksesoris flip cover resminya, hanya saja untuk mendapatkannya agak sedikit sulit dan harganya cukup mahal, kalau tidak salah 200 ribuan.

Karena alasan itulah, saya mencoba  mencari substitusinya, yang pastinya dengan harga lebih murah he he. Setelah keliling mencari di ITC Depok, ternyata sulit juga mencari yang pas. Dicoba pakai punya iPad Mini ternyata tidak bisa  Walaupun bentuknya mirip.

Akhirnya diputuskan beli yang universal. Nah pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial caranya menggunakan flip cover model universal / umum tapi tampilannya tetap cakep.

Kendala 1 pakai flip cover tablet Android Universal:

Flip cover universal biasanya tidak memiliki lubang yang pas untuk lubang speaker atau lubang kamera. Jadi ketika menggunakan flip cover universal, kamera jadi tertutupi atau lubang speakernya yang tertutupi.

Solusinya:

Bila beruntung, cari flip cover yang lubangnya pas. Kalau tidak bisa, cari paling tidak yang lubang speakernya pas atau yang lubang kameranya pas, setidaknya ada salah satu yang pas.

Untuk lubang lainnya yang tidak pas, bisa kita bolongi sendiri. Di beberapa tempat yang jual flip cover terkadang menawarkan untuk membolongi lubang yang tidak pas, namun saya tidak tahu bagaimana kualitas kerapihan mereka karena belum pernah coba.

Dalam kasus saya, lubang kamera tablet saya yang tidak pas, sehingga flip cover universal tersebut harus dibolongi. Berikut caranya:

1. Untuk membolongi flip cover, saya menggunakan pipa bekas jemuran. Caranya pipa tersebut digetok sampai melubangi flip cover. Bagian bawahnya harus ada tatakan sehingga pipa tersebut bisa menembus badan flip cover. Sebagai tatakan saya menggunakan bagian belakang dari kunci inggris. Lihat gambar dibawah:

Lubangi flip cover menggunakan pipa / sejenisnya

Lubangi flip cover menggunakan pipa / sejenisnya

Hasilnya seperti ini:

flip-cover-tablet-asus-androidAgak sedikit kurang rapi sih, tapi kalau dari jauh terlihat rapi-rapi saja he he

2. Kendala #2:

Karet pengikat yang menghalangi layar atau membuat estetika terlihat kurang bagus

Solusi: 

Untuk mengatasi masalah ini sangatlah mudah. Saya mendapat ide ini setelah melihat flip cover merk Welcomm yang mana untuk mengikat / menempelkan tablet Andorid tidak menggunakan karet di keempat sisinya, namun dengan menggunakan semacam suction cups (bahasa Indonesianya apa ya?) Itu loh, yang bentuknya seperti alat untuk mompa kalau wc mampet.

Anyway, berhubung bagian belakang tablet saya terbuat dari bahan aluminum yang agak kasar, sehingga suction cup tersebut tidak menempel dengan kuat di badan tablet Android saya dan menyebabkan tablet mudah jatuh. Mungkin akan beda hasilnya kalau bagian belakang tablet terbuat dari plastik.

Akhirnya setelah memutar otak dengan cukup keras (lebay mode on), ketemulah sebuah ide yang sangat cemerlang (lebay lagi). Caranya? eng ing eng.. dengan menggunakan double tape he he. Double Tape atau isolasi bolak balik yang dipilih, bukan double tape yang tipis, namun double tape yang cukup tebal yang (biasanya) berwarna hijau seperti gambar dibawah:

Isolasi Bolak Balik

Isolasi Bolak Balik

Jangan khawatir soal kekuatannya, karena isolasi bolak balik ini biasa digunakan untuk menempelkan spoiler / sayap mobil, dsb. Jadi sudah terbukti dan teruji. Isolasi ini bisa didapat di toko buku atau toko bangunan terdekat.

Pada bagian flip covernya, sebaiknya jangan langsung ditempelkan double tape, tapi pada permukaannya sebaiknya dilapisi isolasi lebar terlebih dahulu agar double tape bisa tertempel dengan baik dan kuat. Lapisi pada bagian kira-kira dimana double tape akan menempel saja, tidak perlu seluruh bidang dilapisi. Cek gambar dibawah:

Lapisi permukaan flip cover dengan isolasi

Lapisi permukaan flip cover dengan isolasi

Peringatan: Apabila Anda menempelkan isolasi pada flip cover Anda, dan jika flip cover tersebut berkualitas kurang baik, maka jika suatu saat Anda menarik isolasi tersebut, ada kemungkinan sebagian bagian dari flip cover tersebut terkelupas (ngelontok).

Setelah dilapisi, baru tempelkan double tape dan juga tablet Anda. Tidak perlu banyak-banyak, saya hanya menggunakan dua garis double tape saja dan itu juga sudah sangat kuat.

Hasil akhirnya adalah seperti dibawah, tidak ada karet yang menghalangi lagi… Yipeee 

jual-flip-cover-tablet-speedup-pad-7.85

Semoga bermanfaat 



Agar sobat tidak ketinggalan info dan tips berguna lainnya, ikuti media sosial kami (free):

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

©2009-2017 gadoga.com - P13
Disclaimer | Kebijakan Privasi