Cara Mengatasi Keyboard Komputer Yang Aneh

31 Maret 2015 oleh Ted

Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana cara mengatasi keyboard PC atau Laptop yang error (lebih tepatnya aneh ).

Keyboard Aneh #1: Pencet tombol huruf malah muncul angka

Biasanya ini terjadi pada laptop atau netbook. Misalnya kalau Anda pencet huruf U J M I K L O P, yang keluar malah angka 4 1 0 5 2 3 6 *

Penyebab: Tombol Num Lock tertekan / aktif

Cara mengatasi:

Tekan tombol Fn (Function), jangan dilepas lalu tekan Num Lock. (lihat gambar dibawah)



Setelah kedua tombol tersebut ditekan, coba ketik lagi. Kalau masih aneh, ulangi lagi tahap diatas.

Pertanyaan yang berhubungan:

Apa sih tombol Fn? Apa Fungsinya?

Jawab: Fn singkatan dari Function. Fungsinya untuk mengakses fungsi kedua dari keyboard. Hampir sama seperti tombol Shift

Key Fn diciptakan untuk membuat keyboard lebih ringkas atau tidak terlalu lebar karena biasanya netbook berukuran relatif kecil.

Biasanya kalau tombol Fn di laptop berwarna biru dan fungsi-fungsi yang bisa diakses juga berwarna biru.

Coba deh Anda lihat di di bagian atas keyboard, biasanya di key F10 ada gambar speaker dicoret, di F11 ada Speaker - (Volume down) dan di F12 ada gambar Speaker + (volume Up)



Tombol-tombol volume tersebut hanya bisa diakses dengan menekan tombol Fn terlebih dahulu. Kalau Anda tidak menekan Fn, maka fungsinya hanya tombol F10, F11 dan F12.

  • Fn + F10 = Mute (mematikan suara speaker)
  • Fn + F11 = Volume Down (mengecilkan suara)
  • Fn + F12 = Volume Up

Sebagai catatan, bisa saja layout fungsi tombol tiap laptop berbeda.

Apa sih Num Lock?

Num Lock adalah singakatan dari Number Lock. Fungsinya ya untuk mengunci nomor. Kalau Num Lock Aktif, maka tombol yang berhubungan akan selalu mengeluarkan nomor dan bukan huruf atau fungsi lainnya. Kalau di laptop jadi begini:

  • U = 4
  • J = 1
  • M = 0
  • I = 5
  • K = 2
  • L = 3
  • O = 6
  • P = *

Keyboard Aneh #2: Pencet simbol atau huruf tertentu tapi yang keluar berbeda

Misalnya kalau Anda tekan huruf Y yang keluar malah huruf Z, Tekan tombol * yang keluar malah simbol (, dan sebagainya.

Penyebab: Pengaturan bahasa komputer yang salah

Cara mengatasi:

Coba lihat di bagian kanan bawah layar komputer, ada pengaturan bahasa, kemungkinan karena satu dan lain hal tidak sengaja terganti.

Biasa ada tulisan ID, ENG, atau DEU, Dsb. Anda tinggal klik di bagian tersebut lalu pilih yang ID atau yang ENG. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah:



Keyboard Netbook / Komputer Aneh #3: Huruf muncul banyak, tidak mau respon, kadang komputer mengeluarkan suara bunyi aneh

Kalau Anda misalnya mengetik huruf A, tapi yang muncul malah tiga huruf A (AAA) lalu kadang malah tidak mau di pencet. Atau misalnya tiba-tiba laptop mengeluarkan bunyi net neet dari speakernya, itu artinya hardware keyboard Anda bermasalah.

Untuk mengatasinya coba bersihkan debu-debu yang ada di sekitar keyboard. Kalau Anda bisa bongkar, bersihkan bagian dalamnya. Tapi kalau tidak bisa, mau tidak mau harus dibawah ke ke service center atau diganti keyboardnya.

Demikianlah tips cara mengatasi keyboard netbook atau PC yang aneh atau tiba-tiba tombolnya berubah. Hal yang cukup sederhana, tapi bisa bikin mumet and emosi kalau tidak tahu caranya, apalagi kalau lagi diburu deadline

Semoga bermanfaat, salam - gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi