Lem Untuk Merekatkan LCD Layar Ponsel / HP


02 April 2016 Oleh Ted

Beberapa hari yang lalu ponsel saya baru saja terjatuh cukup parah akibatnya bezel di kiri atas jadi bengkok dan juga layarnya jadi mangap seperti gambar dibawah



Untungnya semua fitur, tombol dan layar sentuh masih berfungsi dengan normal. Hanya layarnya saja yang mengangkat / mau lepas (belum sepenuhnya terlepas, bagian atasnya masih menempel).

Sempat terpikir untuk dibawa ke tukang servis handphone biar di "lem". Tapi berhubung belum sempat jadinya untuk sementara layar saya isolasi bening ke body ponsel biar tidak copot.

Sebelum saya bawa ke pusat service ponsel, iseng-iseng saya cari info lem perekat layar HP, barangkali saya bisa lem sendiri, ga perlu dibawa ke tempat reparasi.

Ternyata info yang saya dapatkan cukup menarik. Untuk memasang layar / lcd / touch screen ponsel cukup menggunakan double tape (tip) atau isolasi bolak-balik.

Memang ada lem khusus untuk merekatkan layar hp, tapi kalau pakai lem tersebut saya takut jadi belepotan atau tidak rapi, apalagi kalau yang mengerjakan saya sendiri

Jujur saja saya sempat meragukan kekuatan double tape untuk menempelkan lcd touchscreen handphone, apalagi saya menggunakan isolasi bolak-balik yang biasa (murah) dan banyak dijual di toko-toko buku.

Tapi saya tetap lakukan karena tidak ada salahnya dicoba dulu. Cara pasangnya pertama-tama bersihkan bidang yang bersentuhan agar bisa merekat kuat. Tempelkan dobel tip di layar / lcd ponsel lalu setelah itu rapikan dengan gunting.

Kalau sudah rapi, tinggal lepas lapisan isolasi lalu tempelkan. Selesai.



Setelah dicoba, ternyata layar cukup kuat menempel dan tidak terbuka-buka lagi. Kalau mau lebih aman, sebenarnya ada yang jual double tip merk 3M yang memang khusus untuk menempelkan LCD HP. Biasanya dijual di toko online seperti bukalapak / tokopedia. Harganya kisaran Rp. 10.000-15.000 per meter.

Kalau di toko fisik mungkin dijual di hardware store seperti Ace Hardware. Tapi bagi saya pribadi, double tape biasa sepertinya sudah cukup kuat. Tapi saya tidak bisa jamin 100% kuat ya, karena kalau hp saya yang lepas hanya bagian bawahnya, yang atasnya masih menempel.

Demikianlah sedikit info "lem" untuk merekatkan layar lcd layar sentuh ponsel / handphone. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com



©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi