LG Optimus Me P350 VS Samsung Galaxy Mini S5570

26 Juni 2011

LG Optimus Me P350 (banyak juga yang menyebutnya LG PESO) memang sepertinya diluncurkan untuk menandingi Samsung Galaxy Mini. Dengan harga yang terpaut tidak terlalu jauh dan juga dengan fasilitas dan kemampuan yang tidak jauh berbeda, akankah LG dapat menyaingi Samsung? Mari kita ulas lebih jauh.
 

S5570 Samsung Galaxy Mini

Samsung Galaxy Mini

 

VS

LG Optimus Me

LG Optimus Me P350

Sebelumnya, mari kita bahas kemiripan yang dimiliki kedua handphone ini

  • Sama-sama buatan produsen Korea Selatan 
  • Memiliki layar berjenis kapasitif dengan resolusi sebesar 240 x 320 piksel
  • Menggunakan kamera 3,15 MP tanpa lampu flash dan tanpa auto fokus
  • Memiliki Radio FM
  • Menggunakan processor Arm V6 600 MHz
  • Menggunakan sistem operasi Android Froyo

Review kedua handphone ini secara lebih lengkap dapat dilihat pada artikel:

Sekarang, mari kita bahas yang menjadi pembeda dari kedua handphone ini, serta keunggulan dan kekurangan dari keduanya.

Samsung Galaxy Mini Vs LG Optimus Me P350 – Desain

LG Optimus Me P350 memiliki ukuran 108 x 53 x 12,5 mm sedangkan Samsung Galaxy Mini memiliki ukuran 110,4 x 60,8 x 12,1 mm. Samsung Galaxy Mini memiliki dimensi yang sedikit lebih lebar dan panjang. Hal ini wajar karena ukuran layar yang digunakan lebih besar.

Galaxy Mini menggunakan bahan berwarna doff, kecuali pada bagian disekeliling layar yang terkesan menggunakan bahan Glossy. Untuk bagian belakangnya atau bagian penutup baterai terbuat dari tekstur yang kasar sehingga membuatnya nyaman untuk dipegang dan tidak licin. LG Optimus P350 seluruh bagian depannya menggunakan bahan berwarna Glossy, sedangkan bagian belakangnya berwarna doff dengan model yang simple.

Dibawah layar LG Optimus Me terdapat 4 buah tombol sentuh (tombol MENU, tombol HOME, tombol BACK dan tombol SEARCH) dan dibawahnya lagi terdapat tombol fisik untuk melakukan panggilan telepon (tombol Yes) maupun mengakhirinya (tombol End). Sedangkan dibawah layar Galaxy Mini hanya terdapat tiga buah tombol yang terdiri dari tombol MENU, tombol HOME dan tombol BACK, tombolnya sendiri merupakan tombol fisik (bukan tombol sentuh).

Secara desain, saya pribadi lebih menyukai Samsung Galaxy Mini karena terkesan tidak monoton, namun hal ini sangat bergantung sekali dengan selera masing-masing. Disisi lain, ketersediaan tombol panggil dan tombol END pada LG Optimus Me P350 sangat membantu sekali khususnya bagi yang sering menggunakan fasilitas panggilan telepon.

LG Optimus Me P350 VS Samsung Galaxy Mini S5570 – Kualitas layar

Kedua handphone Android ini menggunakan teknologi layar yang tidak terlalu berbeda. Perbedaan yang paling jelas terlihat adalah ukuran layar yang digunakan. Samsung Galaxy Mini menggunakan layar berukuan 3,14 inchi, sedangkan LG Optimus Me P350 menggunakan layar berukuran 2,8 inchi.

Kualitas layar keduanya sama-sama baik untuk ukuran handphone dibawah 2 juta. Warna yang terlihat cukup cerah dan kaya warna, bila layar dimiringkan juga tulisan masih dapat cukup jelas terlihat. Karena keduanya menggunakan resolusi layar yang sama (240×320 piksel) dan ukuran layar LG Optimus Me lebih kecil, hal ini menyebabkan gambar yang terlihat pada LG Optimus Me terlihat lebih halus. Namun disisi lain, layar dengan ukuran lebar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Mini akan memudahkan pengguna saat ingin menggunakan keyboard virtual atau menentukan pilihan menu di layar.

Samsung Galaxy Mini Vs LG Optimus Me P350 – Kualitas Kamera dan Video

Untuk urusan perekaman video, LG Optimus Me P350 sedikit lebih unggul dibanding Samsung Galaxy Mini. Optimus Me dapat merekam video dengan resolusi VGA (640×480 piksel) dengan kecepatan 24 fps (frames/detik). Sedangkan Galaxy Mini hanya dapat melakukan perekaman video QVGA (320×240 piksel) dengan kecepatan rekam sebatas 15 fps. Dengan demikian, hasil video LG Optimus Me bukan saja memiliki resolusi lebih besar, namun juga terlihat lebih halus atau lancar.

Untuk urusan kamera, kualitas keduanya tidak terlalu berbeda. Keduanya sama-sama tidak dilengkapi auto fokus maupun lampu flash.

LG Optimus Me P350 VS Samsung Galaxy Mini S5570 – Kinerja dan Kemampuan Gaming

Sama-sama menggunakan processor 600 Mhz membuat keduanya memiliki performa yang tidak jauh berbeda. Untuk urusan game pun keduanya memiliki performa yang 11 12 a.k.a mirip, cukup banyak game-game keren yang dapat diinstall pada kedua handphone ini.

Sebagai catatan, beberapa pengguna LG Optimus Me melaporkan bahwa perpindahan antar menu pada handphone ini terasa kurang lancar (beberapa lainnya tidak merasakan atau mungkin tidak memperhatikan). Hal ini sepertinya lebih diakibatkan tampilan antarmuka (User Interface / UI) bawaan LG yang kurang smooth dibanding Galaxy Mini yang menggunakan UI TouchWiz khas Samsung. Hal ini bukan masalah besar, karena dengan mengganti UI bawaan LG, misalnya dengan menginstall launcher ADW atau launcher Pro, perpindahan antar menu pada Optimus Me akan terasa halus dan tidak lag.

Samsung Galaxy Mini Vs LG Optimus Me P350 – Kesimpulan

Ada pembaca gadoga.com yang bertanya lebih baik mana atau merekomendasikan yang mana dari kedua handphone ini. Jujur saja kami sulit untuk memilihnya, karena keduanya memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda.

Kami sarankan untuk memilih handphone sesuai selera masing-masing. Sebagai contoh, ada yang menyukai bentuk Galaxy Mini (contohnya saya  ) yang terlihat lebih “ramai”, namun ada juga yang menyukai LG Optimus Me P350 karena terlihat lebih simple dan bagi sebagian orang dikatakan terlihat lebih elegan (karena efek warna glossy).

Lalu ada juga yang menyukai layar dengan ukuran besar yang dimiliki oleh Galaxy Mini, sementara lainnya ada yang lebih menyukai layar Optimus Me karena terlihat lebih halus. Jadi semuanya kami kembalikan kepada Anda. Namun, bila Anda sering dan senang melakukan perekaman video, tentu Anda tahu dong harus pilih yang mana. Terima kasih



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi