Mengatasi HP Xiaomi (OS MIUI) Tidak mau menyala setelah Pencet Tombol Power

16 September 2015

Sleep Of Death Bug, disingkat SOD adalah masalah yang timbul ketika ponsel Android dari keadaan standby (layar mati) lalu ditekan tombol power tapi layar tetap hitam, hanya lampu menu saja yang menyala.

Catatan: Jika sudah terjadi SOD, untuk menyalakan layar kembali bisa dilakukan dengan melakukan reboot / restart. Caranya tekan tombol power yang lama.

Masalah ini adalah masalah yang umum diketahui dan merupakan sebuah bug (kendala) dari software, bukan kerusakan hardware / perangkat keras. Selain itu masalah ini tidak terbatas merk ponsel / bisa terjadi pada ponsel merk apapun (tidak hanya Xiaomi).

Berhubung saya menemukan kendala ini pada ponsel saya yang menggunakan sistem operasi MIUI, maka saya akan membahas cara mengatasinya yang berhasil di saya dan belum tentu berhasil diterapkan di ponsel anda

Untuk mengatasi layar tidak bisa menyala setelah tekan tombol on/off (power) / Sleep Of Death bug pada ponsel Xiaomi / OS MIUI kita harus mengetahui apa yang memicunya terlebih dahulu.

Dalam kasus saya yang menggunakan MIUI versi 5.8.27, kasus SOD terjadi setelah saya mengaktifkan fitur auto brightness (tingkat kecerahan layar otomatis). Jadi agar tidak terjadi SOD, maka mau tidak mau harus mematikan fitur tersebut. Caranya:

  • Masuk Settings (Pengaturan)
  • Klik Display (layar)
  • Brightness (kecerahan)
  • Matikan fitur Automatic Brightness (kecerahan otomatis) dengan klik pada knop on-off

Karena ini adalah suatu bug, maka biasanya ada yang menjadi pemicunya dan masalah tersebut bisa teratasi (sementara) dengan tidak menonaktifkan sumber pemicunya. Misalnya kalau Sleep Of Death terjadi setelah Anda mengaktifkan GPS, maka untuk sementara Anda tidak bisa menggunakan GPS kalau tidak mau terkena SOD.

Untuk benar-benar mengatasi kondisi ini adalah dengan cara update firmware ke versi yang lebih baru. Caranya:

  • Buka Settings (Pengaturan)
  • Klik About Phone (Tentang Ponsel)
  • klik System Updates (Pembaharuan Sistem)

Kalau setelah update masih sama juga, coba hapus (wipe) data dan cache lalu di flash ulang firmwarenya.

Demikianlah cara mengatasi layar tidak mau menyala (Sleep Of Death) pada ponsel Xiaomi / yang menggunakan software MIUI, semoga bermanfaat - gadoga.com

Sebarkan Artikel:




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi