Mengukur Potensi Ekonomi dari Hubungan Indonesia - Iran



Iran sedang menjadi topik pembicaraan terhangat saat ini. Hal ini terjadi setelah Iran menyerang pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak dengan lusinan peluru kendali (rudal).

Setelah serangan militer itu, banyak analis ekonomi yang menyambung-nyambungkan serangan itu dengan embargo ekonomi dari Amerika Serikat. Oleh karena embargo ini, ekonomi Iran melemah karena ekspor utamanya, yaitu minyak mentah, menjadi tidak laku di pasaran.

Walaupun diembargo oleh Amerika Serikat, ternyata hubungan perdagangan antara Indonesia - Iran masih terjalin dengan baik. Buktinya, masih ada banyak sekali barang-barang yang diimpor negara ini dari Indonesia. Beberapa produk ekspor andalan Indonesia adalah minyak sawit, kertas dan karton, komponen turbin gas, rokok, karet alam. Selain itu, ternyata Iran juga cukup rajin mengimpor komoditas-komoditas lain seperti ban vulkanisir, vaksin untuk manusia, sepeda motor, piston mesin, teh hitam, kaolin, sabun, deterjen, dan komoditas lain.

Sebaliknya, Indonesia juga cukup banyak mengimpor barang-barang terutama bahan kimia anorganik, senyawa kimia, isotop, reaktor nuklir, boiler, minyak, buah-buahan seperti kacang mede dan kurma, dan ikan.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspor Indonesia ke Iran sepanjang tahun 2018 berturut-turut yakni sebagai berikut:

Bulan (Tahun 2018) Nilai Ekspor 2018
Januari 27,12 juta dollar AS
Februari 20,02 juta dollar AS
Maret 47,18 juta dollar AS
April 33 juta dollar AS
Mei 23,21 juta dollar AS
Juni 12,65 juta dollar AS
Juli 22,02 juta dollar AS
Agustus 19,13 juta dollar AS
September 23,93 juta dollar AS
Oktober 34,63 juta dollar AS
November 21,45 juta dollar AS
Desember 12,01 juta dollar AS

Angka-angka ekspor ini terlihat cukup baik namun sebenarnya kalau kita bandingkan angka-angka diatas dengan nilai ekspor Indonesia ke Iran pada tahun 2019, terlihat sekali kalau nilainya turun cukup signifikan untuk setiap bulannya.

Bulan (Tahun 2019) Nilai Ekspor 2019
Januari 5,73 juta dollar AS
Februari 6,16 juta dollar AS
Maret 6,99 juta dollar AS
April 8,97 juta dollar AS
Mei 8,81 juta dollar AS
Juni 4,85 juta dollar AS
Juli 8,75 juta dollar AS
Agustus 12,29 juta dollar AS
September 24,98 juta dollar AS
Oktober 16,59 juta dollar AS
November 6,74 juta dollar AS
Desember Belum dirilis

Untuk meningkatkan nilai ekspor dari Iran. Produk-produk buatan Indonesia harus lebih kompetitif dari segi kualitas dan harga. Salah satu langkah mudahnya adalah dengan semudah menggunakan digibank transfer valas saat sedang membayar biaya bahan baku.

digibank Transfer valas merupakan salah satu fitur layanan yang ada pada aplikasi digibank by DBS. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dan partner bisnis kita di luar negeri dapat melakukan kegiatan remittance tanpa perlu mendatangi kantor cabang. Semua proses dapat dilakukan dengan mudah. Yang diperlukan hanya sebuah smartphone dan akses internet yang stabil.



Selain bisa melakukan kegiatan remittance dimana saja dan kapan saja, digibank transfer valas juga menggratiskan biaya transfer valas untuk 7 mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP ke lebih dari 20 negara tujuan. Namun, supaya bisa menikmati kemudahan ini kamu perlu melihat syarat dan ketentuan yang berlaku.

digibank transfer valas juga menawarkan nilai tukar mata uang yang kompetitif sehingga transfer yang akan kamu lakukan akan semakin murah. Yang paling menarik adalah proses remittance yang dilakukan bisa diselesaikan pada hari itu juga selama belum melewati batas waktu transaksi yang telah ditentukan.

Dengan menggunakan digibank transfer valas, proses remittance bisa menjadi lebih murah sehingga harga jual bisa jadi lebih kompetitif. Yang perlu dilakukan hanya menginstall aplikasi digibank by DBS. Setelah itu, pilih menu “Transfer” lalu klik “Transfer Valas”. Di layar selanjutnya, klik “Tambah Penerima” lalu pilih negara yang dituju dan mata uangnya. Setelah itu, silahkan pilih bank dan lengkapi detail penerima. Masukkan jumlah dana yang akan dikirim dan lalu klik “lanjut” untuk menyelesaikan transaksi transfer valas yang tadi dilakukan.

digibank transfer valas memang memudahkan proses remittance yang sebelumnya rumit. Kalau sudah begini, sudah saatnya pengusaha-pengusaha Indonesia memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan produk-produk dalam negeri ke Iran dan negara-negara lainnya.


©2009-2019 gadoga.com - DF13
Disclaimer | Kebijakan Privasi