Modus Penipuan Upgrade kartu 4G



20 Januari 2017 Oleh Ted



Saat ini banyak operator telepon yang menyarankan penggunanya untuk segera upgrade dari kartu 3G ke kartu 4G. Tapi tampaknya hal ini juga dimanfaatkan oleh orang jahat yang berusaha menipu dengan memanfaatkan momen ini.

Langsung saja to the point hal penting yang sobat perlu ingat:

1. Jangan pernah menerima bantuan orang lain untuk upgrade / ganti kartu

Kalau ada orang yang mengunjungi atau menelpon mengaku-ngaku dari operator telepon (atau dari pihak manapun) lalu mengatakan SIM CARD milik sobat waktunya ganti ke 4G, kalau tidak maka tidak akan bisa digunakan lagi, akan hangus, ini adalah peraturan negara atau dengan alasan lainnya, apalagi dengan cara memaksa / mengancam, maka SEGERA TOLAK dan jangan mau percaya.

Hampir bisa dipastikan orang yang menawarkan bantuan penggantian kartu 4G adalah seorang penipu yang berusaha membajak kartu SIM milik sobat. Tujuannya untuk apa? nanti akan dijelaskan kemudian.

2. Segera kunjungi kantor operator selular jika tiba-tiba kartu SIM sobat tidak bisa digunakan

Kalau kartu SIM / Telepon sobat tiba-tiba tidak dapat sinyal, error dan tidak bisa digunakan, segera kunjungi kantor operator selular untuk melaporkan. Ingat bawa juga kartu identitas diri (KTP / SIM).

Tujuan pencurian nomor telepon

Tujuan penjahat mencuri / membajak nomor telepon korban adalah agar bisa menguras habis rekening bank milik korban. Prosedurnya seperti ini:

  1. Penjahat dengan berbagai cara berusaha mencuri data pribadi sobat seperti User ID + Password / PIN internet / mobile banking, nama ibu kandung, alamat, nomor telepon, dll.
  2. Setelah itu mereka berusaha mencuri nomor telepon korban dengan cara menawarkan bantuan upgrade atau dengan cara-cara lainnya. Berbekal data dan identitas (KTP) palsu, pelaku kejahatan mengunjungi operator selular lalu mengatakan nomornya hilang atau rusak atau sekedar ingin upgrade ke 4G dan minta penggantian kartu baru (padahal itu adalah nomor korban).
  3. Setelah verifikasi (pakai data palsu / curian), operator telepon akan memberikan kartu baru ke penjahat. Sementara kartu SIM milik korban tiba-tiba tidak aktif. Oleh karena itu, jika kartu sobat tiba-tiba tidak bisa dipakai, segera lapor ke kantor provider, karena bisa jadi sudah terjadi pembajakan kartu SIM.
  4. Jika kartu baru yang dipegang penjahat sudah aktif, maka penjahat kini dapat dengan bebas menguras rekening bank karena setiap ada transaksi perbankan, kode OTP (one time password) / verifikasi akan dikirimkan ke kartu yang baru. Sementara si korban tidak mengetahui uangnya sudah dikuras habis (karena tidak ada notifikasi pemberitahuan ke nomor handphone yang didaftarkan).

Tambahan: Saat ini sudah ada metode untuk bisa mengganti kartu 4G tanpa perlu datang ke gerai provider telepon. Oleh karena itu, jika tiba-tiba nomor telepon sobat tidak bisa digunakan, apalagi jika setelah ada yang menginstruksikan untuk melakukan restart, mengirim SMS, dsb (padahal sobat tidak pernah melakukan prosedur upgrade 4G), maka sobat harus segera melapor ke provider telepon.

Kalau perlu, sobat juga langsung blokir SEMENTARA rekening bank, kartu kredit, dsb dengan cara menghubungi call center bank yang digunakan. Ini blokir hanya sementara saja, nanti kalau nomor telepon sobat sudah normal kembali, bisa dibuka lagi blokiran rekeningnya.

Tips Aman Transaksi Online / Mobile Banking

  1. Jangan percaya dan jangan mau kalau ada yang menawarkan ganti / upgrade kartu 3G ke 4G. Jika ingin upgrade kartu, lakukan sendiri di kantor resmi operator telepon, jangan diwakilkan.
  2. Jangan pernah meninggalkan / meminjamkan ponsel sobat ke orang yang tidak terlalu dikenal. Mereka bisa saja melakukan prosedur awal penggantian kartu dan nanti baru diaktifkan setelah beberapa saat kemudian (biar tidak dicurigai).
  3. Kalau kartu tiba-tiba tidak bisa dipakai, segera lapor dan juga segera ganti password internet banking dan juga mobile banking sobat. Kalau perlu rekeningnya bank, kartu kredit, dsb di blokir sementara dulu.
  4. Aktifkan fitur email alert / pemberitahuan lewat email setiap ada perubahan atau transaksi perbankan
  5. Jangan pernah memberikan informasi perbankan kepada siapapun yang menelpon sobat, dengan alasan apapun.
  6. Ganti Password secara rutin


Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi