Penjelasan, Harga, serta kelebihan android one

Tanggal 10 Maret 2015

Belakangan ini kalau Anda perhatikan, banyak iklan-iklan tentang Android One yang bermunculan di internet. Namun ternyata masih banyak juga yang belum mengerti mengenainya, termasuk saya salah satunya sebelum cari2 info di internet he he

Apa itu Android One?

Ada yang bilang itu adalah sebuah program, ada juga yang bilang itu adalah sebuah ponsel ada juga yang bilang itu adalah sebuah kampanye / proyek dari Google.

Kalau saya pribadi menyimpulkan secara sederhana sebagai berikut:

"Android One adalah sebuah ponsel (lokal) yang menggunakan sistem operasi Android terbaru (Lollipop) dan berharga terjangkau"

Kalau ditelusuri lebih jauh, bisa dikatakan ini adalah sebuah kampanye yang digagas oleh Google untuk menyediakan smartphone murah namun berkualitas bagi semua orang. Targetnya adalah negara-negara berkembang, dimulai dari India dan sekarang di Indonesia.

Lalu, apa sebenarnya tujuan utama / alasan Google memprakasai proyek ini? Menurut saya ada beberapa alasan, yaitu:

Google ingin semakin banyak masyarakat yang menggunakan internet.

Selama ini masih cukup banyak masyarakat yang belum memiliki smartphone atau ponsel pintar. Ada beberapa alasan yang menyebabkan orang-orang tidak membeli ponsel Android dan menurut saya ada dua alasan utama, yaitu:

  1. Banyak orang tidak tertarik dan merasa masih cukup dengan ponsel yang digunakan saat ini
  2. Orang yang tertarik beli Android berpikir bahwa ponsel yang bagus itu harganya mahal, kalau yang murah sering rusak, fiturnya jelek, dsb.

Untuk mengatasi masalah pertama, Google gencar mengiklankan produk Android One dan segala kelebihannya melalui berbagai media seperti iklan di internet, papan reklame di jalan raya dan lainnya.

Diharapkan dengan banyaknya promosi, makin banyak masyarakat yang tertarik untuk memiliki salah satu ponsel ini.

Sedangkan untuk masalah kualitas, Google ikut campur dalam desain hardware dan software ponselnya untuk menjamin kinerja dari produk ini sesuai dengan yang di harapkan.

Dengan keterlibatan Google dalam desain rancang bangun perangkat, secara otomatis akan meringankan produsen smartphone dalam sisi riset. Hasilnya, harga hp akan terjangkau (karena minim / tidak ada biaya pengembangan). Selain itu, Google menggandeng perusahaan lokal yang selama ini terkenal dengan harga murahnya.

Lalu, Google kok terkesan baik banget ya? Apa sih keuntungan bagi raksasa internet ini? Tentu saja dengan semakin banyak yang memiliki smartphone maka akan semakin banyak juga yang terkoneksi ke internet dan secara otomatis bisnisnya akan semakin mudah berkembang. Bisa dibilang win-win solution

Google ingin ada standar dalam smartphone Android.

Selama ini jumlah ponsel Android yang beredar mencapai ribuan merk dan jenis dan banyak diantaranya yang tidak sesuai "standar" Google, misalnya sistem operasi yang terlalu tua dan tidak ada kepastian update, tidak kompatibel dengan banyak program, dsb.

Dengan proyek Android One, Google seakan-akan ingin membuat statement: "Seharusnya ponsel Android itu seperti ini!"

Sebenarnya Google dari dulu sudah bekerja sama dengan berbagai vendor untuk menyediakan ponsel yang sesuai "standar", yaitu seri Nexus. Namun bedanya kalau ponsel Nexus ditanamkan fitur terbaik dan terbaru dari OS Android dengan spesifikasi yang "wah" untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Akibatnya,harga jualnya tergolong tinggi atau mahal.

Dengan adanya Android One, diharapkan banyak produsen yang akan mengikuti standar Google sebelum menciptakan atau meluncurkan produknya ke pasaran. Dengan demikian, pengembangan sistem operasi Android kedepannya akan semakin cepat dan mudah.

Kelebihan ponsel Android One:

  • Harga terjangkau
  • Menggunakan sistem terbaru dan mendapat jaminan update dari Google selama dua tahun kedepan. Hal ini berarti Anda dapat menggunakan fitur-fitur aplikasi Google secara maksimal dan bebas atau paling tidak minim bug / masalah.
  • Gratis upgrade firmware / software tanpa dikenakan biaya data (Saat artikel ini ditulis, hanya kartu Telkomsel yang menyediakan jasa upgrade gratis, diluar itu akan dikenakan biaya data)
  • Memiliki fitur Youtube Offline: Anda dapat menyimpan video Youtube, sehingga tidak perlu menggunakan koneksi data berulang kali jika ingin melihat video yang sama.

Pilihan Ponsel Android One

Saat artikel ini ditulis, ada tiga pilihan ponsel, yaitu:

  • Evercoss One X
  • Mito Impact
  • Nexian Journey1


Kalau anda perhatikan antara Evercoss One X dengan Nexian Journey 1, bentuknya sangat-sangat mirip

Spesifikasi Android One

Ketiga ponsel yang dipasarkan saat ini memiliki spesifikasi yang sama plek. Menurut saya sengaja dibikin memiliki spesifikasi yang sama agar kalau ada update software menjadi lebih mudah atau cukup satu software untuk ketiga ponsel yang sama dan tidak terkendala dengan masalah kompabilitas. Berikut spesifikasinya:

  • Ukuran layar 4.5 inchi dengan resolusi FWVGA (Full Wide Video Graphics Array) dengan resolusi 854x480 pixels. Multi Touch 5 point
  • Cortex A7 1.3 GHz Quad-Core processor
  • 1GB RAM (Baca: Apa itu RAM)
  • Memori Internal 8 GB
  • Support Micro SD sampai 32 GB
  • Dual Micro SIM
  • Kamera depan 2 MP
  • Kamera belakang 5 MP
  • Baterai jenis Lithium Ion dengan kapasaitas 1700 mAh
  • Sistem operasi Android Lollipop dengan kepastian update selama dua tahun kedepan

Harga Android One

  • Harga Mito Impact di bandrol Rp. 1.298.000,- di website Lazada. Harga 1 juta dengan sistem pre-order di web blibli.com
  • Harga Nexian Journey One Rp. 999.000,- melalui website jakartanotebook.com dan blanja.com
  • Harga Evercoss One X Rp. 1.379.000,- melalui website Lazada. Kalau Anda mencari melalui website jual beli seperti bukalapak.com, maka harga mulai dari Rp. 1.050.000,-

*Harga saat artikel ini ditulis (10 Maret 2015)

Apakah layak beli Android One?

Saya belum pernah coba langsung produknya. Jadi belum bisa dengan yakin mengatakan 100% layak atau jangan dibeli.

Tapi kalau seandainya saya sedang mencari ponsel berharga terjangkau dan berkinerja baik, maka Android One akan menjadi salah satu pilihan saya. Alasan utamanya adalah karena berharga terjangkau dan selain itu softwarenya terjamin.

Sebagai info saja, sama seperti ponsel Nexus, OS yang terinstall di Android One tidak dibebani oleh aplikasi-aplikasi tambahan yang tidak berguna atau sering disebut bloatware. Hasilnya, kinerja ponsel akan baik dan tidak lemot.

Saya beberapa kali pengalaman membeli ponsel Android yang diatas kertas memiliki spesifikasi bagus namun ternyata saat digunakan sangat lemot dan tidak sesuai seperti yang diharapkan Hal ini dikarenakan banyak sekali fitur-fitur atau aplikasi yang sebenarnya cukup bagus, tapi sangat jarang digunakan. Salah satu contoh misalnya aplikasi tema Android yang walau kelihatan bagus tapi malah memberatkan sistem.

Akhirnya biar tidak terlalu lambat, saya harus flash custom rom. Kondisi ini berbeda dengan ponsel Android One yang "bersih" dari aplikasi tidak berguna.

Apakah layak untuk dibeli? Menurut saya layak kalau kisaran harganya tidak lebih dari 1,1 juta. Di kisaran harga 1 jutaan Anda tidak akan terlalu banyak mendapatkan pilihan ponsel Android yang berkualitas dan anda akan dihadapkan dengan dua pilihan:

  1. Beli ponsel branded dengan spesifikasi ala kadarnya
  2. Beli ponsel murah dengan tidak ada jaminan update software kedepan

Jadi, kalau Anda ingin mendapat pengalaman menyenangkan menggunakan Android dan tidak ingin mengeluarkan biaya banyak, pilihlah Android One. Kok, sudah seperti promosi ya he he

Namun, biasanya kalau permintaan tinggi dan barang sedikit, otomatis harga barang akan naik. Kalau seandainya harga ponsel-ponsel ini mencapai 1,4 jutaan, Ada baiknya anda sedikit bersabar dan menunggu harga turun. Atau kalau seandainya tidak sabar, lebih baik beli Xiaomi Redmi 1s

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai apa itu Android One, semoga bermanfaat



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi