Penjelasan Mengapa Android Boros Pulsa dan Cara Mengatasinya

Tanggal 22 Juni 2011

Cukup banyak pengguna handphone Android yang masih baru mengeluhkan pulsanya terpotong tiba-tiba tanpa sepengetahuannya. Padahal sang pengguna sedang tidak menggunakan aplikasi yang terhubung ke internet.  Pada umumnya mereka belum mengerti mengapa hal tersebut dapat terjadi.

Sebelumnya kami ingin menginformasikan bahwa sistem operasi Android adalah sistem operasi yang “haus” akan data internet, atau dengan kata lain boros pemakaian internet. Oleh karena itu kami menyarankan apabila ingin memaksimalkan penggunaan handphone Android, sebaiknya Anda menggunakan paket internet unlimited.

Bagi yang belum menggunakan paket internet unlimited tentu saja merasa tidak tenang saat menggunakan handphone Android. Namun, mengapa hal tersebut dapat terjadi? Berikut adalah penjelasan kami.

Sistem operasi Android bekerja secara otomatis, sehingga setiap aplikasi yang terinstall di HP Android dapat melakukan sinkronisasi dengan server secara otomatis dan juga tetap dapat melakukan koneksi internet walaupun aplikasi tersebut berjalan di background atau aplikasi sedang tidak digunakan oleh pengguna.

Hal ini sebenarnya merupakan salah satu kelebihan sistem operasi Android. Karena dengan melakukan sinkronisasi secara otomatis, maka pengguna akan mendapatkan informasi secara real time atau secara instan. Misalnya, pengguna akan mendapatkan update berita terbaru secara otomatis atau mendapatkan pemberitahuan seketika jika ada email baru atau pesan dari layanan sosial (Facebook, Twitter, YM, dll) tanpa harus masuk ke aplikasi dan melakukan sinkronisasi atau refresh secara manual.

Namun, sistem yang serba otomatis ini juga memiliki beberapa kekurangan. Selain membuat handphone Android menjadi boros pemakaian internet (pulsa), hal ini juga akan membuat handphone menjadi boros baterai.

Untuk dapat menghemat pemakaian internet Android, Anda dapat melakukan beberapa hal, namun yang pertama kali harus dilakukan adalah mematikan update otomatis dari aplikasi Google Play. Karena biasanya yang paling banyak menyedot pulsa adalah ketika aplikasi-aplikasi melakukan update secara otomatis tanpa kita ketahui. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Masuk ke Settings / Pengaturan Play Store dengan cara menyentuh tiga garis kecil di pojok kiri atas (Disebelah tulis Play Store)
  • Klik: “Auto Update Apps” (Perbarui Otomatis aplikasi) > Lalu pilih: Do Not Auto-update apps (jangan perbarui otomatis aplikasi).

Setelah hal diatas dilakukan namun ternyata pulsa masih tetap tersedot banyak, maka lakukan hal-hal dibawah ini:

Cara Pertama: Pantau aplikasi Android yang menggunakan pemakaian internet

Anda dapat memantau aplikasi Android mana saja yang menggunakan koneksi internet. Dengan mengetahuinya, Anda dapat melakukan dua hal untuk dapat mengurangi pemakaian internet yang disebabkan oleh aplikasi tersebut. Pertama, apabila aplikasi tersebut adalah semacam aplikasi jejaring sosial atau semacamnya, maka Anda dapat melakukan log out agar aplikasi tidak melakukan sinkronisasi secara otomatis. Kedua, Anda dapat mematikan aplikasi tersebut, walaupun aplikasi sedang berjalan di Background.

Cara pertama ini memiliki kelebihan apabila Anda menginginkan beberapa aplikasi masih dapat menerima data secara real time namun tidak menginginkan beberapa aplikasi lainnya menggunakan koneksi internet.

Tutorial selengkapnya dapat dilihat pada artikel berikut: cara memantau aplikasi Android yang menggunakan internet.

Cara kedua: matikan fitur sinkronisasi otomatis dan background data

Untuh mencegah pemakaian internet Android boros pulsa dapat juga dilakukan dengan cara mematikan fitur sinkronisasi otomatis (auto sync) dan background data. Penjelasan legkapnya dapat dilihat pada artikel Cara mematikan sinkronisasi otomatis Andrdoid.

Cara Ketiga: Matikan Koneksi Internet!

Cara yang ketiga untuk menghemat pemakaian internet Android adalah dengan cara mematikan koneksi internet sepenuhnya. Namun, jangan khawatir, Anda dapat mematikan dan menyalakan koneksi internet Android dengan mudah, jadi Anda dapat menggunakan internet saat diperlukan saja. Caranya dapat dilihat pada artikel Cara Mematikan Koneksi Internet Ponsel Android.

Demikian sedikit tips persembahan gadoga.com. Semoga bermanfaat

©2009-2015 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi