Penjelasan Paket Internet, Kuota, Fair Usage Policy, Time Based dan Volume Based

Tanggal 1 April 2012

Apa Itu Paket Internet?

Paket internet adalah sebuah layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi atau data dimana konsumen diharuskan untuk membayar sejumlah nominal rupiah sebagai biaya pemakaian internet (data). Bagi pengguna telepon seluler, bila tidak menggunakan paket internet, maka setiap kali melakukan koneksi data (internet), biayanya diambil dari pulsa telepon.

Apabila penggunaan internet Anda banyak, disarankan untuk menggunakan paket internet karena biaya yang dikeluarkan akan lebih murah.

Cara mendaftar dan menggunakan paket internet secara garis besar sebagai berikut:

  • Bagi pengguna prabayar: isi pulsa terlebih dahulu sesuai dengan besarnya paket internet yang ingin digunakan. Bila ingin menggunakan paket internet dengan biaya Rp.50.000, maka pastikan pulsa yang tersimpan harus lebih besar dari 50 ribu, setidaknya ada sebesar Rp. 60.000. Hal ini untuk mengantisipasi biaya pajak
  • Setelah pulsa terisi, lakukan pendaftaran paket internet. Pada umumnya pendaftaran bisa dilakukan sendiri, misalnya dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu, dengan menekan kode tertentu (*xxx#), atau dengan cara mengunjungi gerai operator seluler. Untuk informasi cara pendaftaran paket internet lebih detailnya beserta paket-paket yang ditawarkan, silahkan menghubungi layanan konsumen operator telepon yang digunakan atau kunjungi website resminya. Saya sengaja tidak menulis caranya di website ini karena cara pendaftaran paket internet bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Jika paket internet berhasil diaktivasi, maka pulsa sebesar Rp.50.000 (+ pajak) akan langsung diambil (hilang).
  • Pastikan settingan internet yang digunakan sudah sesuai (Baca: cara setting internet handphone dan modem)
  • Setelah paket internet aktif, setiap kali Anda mendownload aplikasi, browsing internet, streaming video, dll, pulsa yang tersisa tidak akan terpotong selama kuota paket internet masih ada.

Apa itu kuota paket internet?

Kuota paket internet adalah batas pemakaian internet yang ditentukan oleh provider telepon. Kuota bisa ditentukan berdasarkan:

  • Volume based: Tergantung banyaknya data yang diunduh (download) ditambah dengan data yang di unggah (upload) . Biasanya ditentukan dengan ukuran MB (megabyte) atau GB (gigabyte). 1 GB = 1000 MB.
  • Time based: Tergantung lamanya penggunaan internet.

Pada umumnya, paket internet yang ditawarkan oleh operator di Indonesia berdasarkan Volume Based.

Untuk mengetahui sudah berapa banyak Anda menggunakan koneksi internet, dapat menggunakan aplikasi NetCounter atau internet traffic monitor. Apabila Anda menggunakan perangkat Android, maka dapat menggunakan aplikasi 3G watchdog (Baca: Cara mengetahui sisa kuota internet Android).

Contoh Perhitungan Volume Based:

Misalnya Anda mendaftar untuk dapat menggunakan paket internet dengan kuota 500 MB. Ketika Anda mengunduh file sebanyak 5 MB, maka kuotanya akan berkurang 5 MB dan sisa kuota yang dapat digunakan menjadi tinggal 495 MB. Kalau Anda sudah menggunakan semuanya atau sisa kuota sudah mencapai 0 MB, Anda tidak akan dapat lagi menggunakan koneksi internet atau Anda tetap dapat mengakses internet, namun dikenakan biaya tambahan yang diambil dari pulsa yang tersedia.

Contoh Perhitungan Time Based:

Misalnya Anda mendaftar paket internet dengan kuota dua jam. Maka selama dua jam Anda bebas menggunakan internet tanpa dikenakan biaya tambahan. Setelah penggunaan internet melebihi dua jam, Anda tidak akan dapat menggunakan paket internet lagi. Waktu dua jam dihitung berdasarkan total waktu penggunaan internet, bukan berdasarkan waktu berjalan. Jadi Anda dapat menggunakan kuota setengah jam internet di pagi hari, 45 menit di malam hari lalu sisanya di keesokan harinya atau tergantung pemakaian. Perhitungan berdasarkan time based memiliki keuntungan jika jaringan internet yang digunakan memiliki kecepatan yang baik, karena tidak ada batasan volume jumlah data yang di download dan upload. 

Apa yang dimaksud “kuota” dalam paket internet unlimited?

Banyak dari operator seluler mengatakan bahwa paket internet yang ditawarkan adalah tipe unlimited atau pengguna dapat menggunakan koneksi data (internet) sepuasnya tanpa ada batasan. Namun, kenyataanya walaupun “unlimited” tetapi ada persyaratan batas pemakaian wajar atau fair usage policy (FUP). Artinya ketika penggunaan paket internet mencapai batas tertentu, kecepatannya akan diturunkan.

Contoh:

Anda mendaftar untuk paket internet unlimited dengan “kuota” 500 MB. Saat pemakaian melebihi 500 MB, Anda masih dapat menggunakan koneksi internet tanpa batasan (unlimited) namun kecepatannya diturunkan. Misalnya pada awalnya kecepatan internet mencapai 512 kbps (sekitar 64 KB/s), setelah melewati kuota kecepatannya akan diturunkan secara drastis, misalnya hanya sebatas 64 kbps (sekitar 8 KB/s).

Demikianlah penjelasan seputar paket internet, kuota dan perhitungan berdasarkan volume atau time based persembahan gadoga.com

©2009-2015 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi