Penjelasan Status Kiriman JNE


26 April 2016 oleh Ted

Jika sobat berbelanja online dan pengirimannya menggunakan jasa ekpsedisi JNE, maka untuk dapat melihat status pengirimannya bisa dilakukan melalui website www.jne.co.id.

Lebih lengkap cara melihatnya bisa dibaca pada artikel: Cara mengecek status kiriman di JNE

Nah pada artikel kali ini kami akan menginfokan penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering digunakan dan mungkin sebagian belum sobat pahami.

Sebagai catatan, untuk dapat melihat lebih detil status kiriman bisa dengan cara mengklik pada nomor resinya di website JNE. Dibawah ini adalah contoh gambar status pengiriman:



Dibawah ini adalah penjelasan dari status pengiriman di website JNE:

Status yang paling sering muncul:

ON Process

berarti barang masih dalam proses. Entah itu masih ada di gudang JNE, entah dalam perjalanan, dll. Status detailnya akan diinfokan kemudian.

Manifested

Berarti barang sudah terdata di kantor JNE pemberangkatan dan siap diangkat oleh kendaraan atau bisa juga sudah siap untuk masuk pesawat.

Received On Destination

Nah disini konsumen / pembeli biasanya suka salah paham. Memang terjemahan dari received on destination adalah "sudah sampai di tujuan", tapi ini bukan berarti sudah sampai di alamat yang dituju.

Misalnya sobat kirim barang ke Surabaya. Kalau statusnya received on destination, maka itu artinya barangnya sudah sampai ke gudang JNE di Surabaya (tapi belum diantar ke alamat yang dituju).

Bila statusnya sudah Receiverd On Destination, biasanya konsumen sudah bisa mengambil sendiri barangnya dengan datang langsung ke gudang JNE. Hal ini berguna kalau seandainya tidak sabar menunggu untuk diantar oleh kurir JNE / kalau sudah lama sampai di kota yang dituju tapi belum diantar-antar ke alamat.

Tapi kalau mau bersabar, bila status sudah received on destination maka tidak akan seberapa lama lagi barang akan diantar ke alamat.

RD (Redelivery) / Antar Ulang

Berarti barang sudah sempat dibawa kurir, tapi karena satu dan lain hal (misalnya hujan, alamat tidak ketemu, sudah kemalaman, dsb) kurir tidak sanggup mengantar pada hari itu. Akhirnya barang dibawa kembali ke gudang dan akan di antar ulang keesokan harinya.

Penjelasan Status JNE Lainnya:

BA (Bad Address)

Alamat kurang jelas / tidak ditemukan. Misalnya karena salah tulis nama jalan, kurang RT/RW, dsb. Bila ini terjadi, segera hubungi JNE dan infokan alamat lengkap yang benar.

MR (Missroute)

Berarti barang salah rute / nyasar ke tempat lain. Misalnya harusnya dikirim ke Jakarta tapi ikut pengiriman ke Bandung. Namun hal ini sudah diketahui dan segera di antar ke alamat yang dituju.

CC (Criss Cross)

Paket tertukar. Misalnya anda mengirim barang ke konsumen A dan B. Tapi yang terjadi adalah paket yang seharusnya diterima oleh B diterima oleh A dan sebaliknya (barang salah kirim dan tertukar).

Bila ini terjadi, segera hubungi penerima paket agar barang jangan dibuka dulu dari plastik JNE dan minta agar JNE mengambil ulang paket yang salah kirim lalu dikirim ke alamat yang tepat.

Closed Once Delivery Attempt

Saat dikirim, tempatnya tutup, tidak ada yang jaga atau bisa juga sudah pindah. Jika hal ini disebabkan barang diantar saat hari libur (dan dikirim ke kantor / toko), maka biasanya akan dicoba dilakukan pengantaran ulang pada hari dan jam kerja. Tapi jika setelah beberapa hari barang tidak diantar, segera hubungi pihak JNE.

Cnee Unknown (Consignee Unknown)

Pada alamat yang dituju, nama penerima paket tidak dikenal (tidak ada orang yang dimaksud). Bisa disebabkan karena salah tulis nama atau alamat pengiriman.

NTH (Not at Home / Not Home)

Tidak ada orang di rumah saat barang diantar. Biasanya akan di antar ulang

Box Delay

Paket sudah ada di gudang JNE. Tapi belum diantar ke alamat karena alamat tidak lengkap atau salah. Biasanya barang bisa diambil sendiri ke gudang JNE / di kantor pusat JNE di kota yang dituju,

Box Undel (Box Undelivered)

Barang sudah diantar ke alamat yang tertera, namun tidak ada orang yang terima atau alamat tidak jelas dan penerima sudah dicoba dihubungi melalui SMS atau Telepon namun tidak ada jawaban / respon.

Barang akan dibawa kembali ke gudang. Jika ini yang terjadi, hubungi ke JNE dan barang bisa diambil sendiri ke gudang JNE.

Penjelasan Invalid Bag

Salah masuk kantong pengiriman. Misalnya seharusnya masuk ke kantong pengiriman ke Jakarta, malah masuk ke kantong pengiriman Surabaya. Namun jika muncul status ini berarti sudah diketahui oleh JNE dan akan segera diperbaiki dan dimasukkan ke kantong yang benar.

LBA (Luar Batas Antar)

Lokasi pengantaran tidak tercakup dalam batas wilayah pengantaran kurir JNE. Jika ini terjadi, maka penerima paket perlu mengambil sendiri barangnya ke gudang JNE setempat.

Penjelasan AU to OPS

Berarti barang sebelumnya sudah sempat hendak diantar ke konsumen, tapi karena satu dan lain hal tidak jadi terkirim. Jika status ini muncul, berarti saat ini paket telah diserahkan ke orang operasional agar dapat segera diantar kembali.

HO / Hold

Berarti barang sedang ditahan karena satu dan lain hal. Misalnya karena barang dicurigai berbahaya, barang mungkin tertukar, barang tidak bisa diantar karena bencana alam, dll. Untuk info lebih lanjut kenapa barang tertahan (atau ditahan), hubungi JNE di kota dimana barang di Hold.

Hand Over

Barang sudah diantar / diserah terimakan ke cabang JNE yang lebih dekat dengan alamat tujuan untuk segera diantar.

Penjelasan HVS (High Value Shipment)

Berarti barang yang dikirim termasuk barang mahal atau bernilai tinggi, misalnya STNK, BPKB, Ijazah, dll.

Tapi berdasarkan pengalaman, barang yang biasa (harga murah) juga bisa berubah menjadi HVS jika misalnya sudah beberapa hari tidak diantar (misalnya karena kurir sakit). Jadi barang diberi status HVS agar bisa diprioritaskan diantar (karena sudah terlambat beberapa hari).

CL

Mungkin singkatan dari Closed. Artinya barang saat diantar, tempatnya sedang tutup.

Pending Undel

Merupakan singkatan dari Pending Undelivered. Artinya paket sudah dicoba diantar beberapa kali, tapi tidak berhasil dan mungkin akan berubah statusnya menjadi undelivered (penjelasan baca di status "box undel" diatas).

FW (Forward)

Barang sedang diteruskan ke agen JNE yang terdekat / di kota tujuan.

Tidak ada status / nomor resi tidak ditemukan

Kalau tidak ada status biasanya karena belum di update oleh agen JNE, harap ditunggu saja.

Kalau saat dicek muncul status "data tidak ditemukan", maka ada beberapa kemungkinan:

  1. Nomor resi salah
  2. Belum di update ke server JNE
  3. Agen cabang JNE belum update / laporan ke JNE pusat yang menyebabkan status tidak muncul
  4. Ada masalah pada database JNE

Pada umumnya kalau pengiriman melalui kantor cabang JNE (Bukan pusat), biasanya status pengiriman akan muncul pada malam hari, sekitar jam 22.00 WIB.

Jadi, jika sobat diinformasikan nomor resi kiriman pada pagi hari namun dicek di web jne.co.id statusnya data tidak ditemukan, maka coba cek lagi pada malam hari sekitar jam 10 an.

Tapi kalau sampai keesokan harinya status belum muncul juga, hubungi penjual dan minta info nomor resi yang benar (mungkin salah tulis).

Demikianlah informasi status pengiriman paket JNE. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi