Pilih Laptop atau Tablet?


27 Mei 2017 Oleh Ted


Sekitar 3 tahun yang lalu ada yang bertanya ke kami, mending beli tablet PC atau Laptop (Notebook)? Dan kami menjawab (saat itu), jika untuk bekerja atau usaha, maka lebih baik beli Laptop. Tapi kini sudah tiga tahun berlalu, apakah saat ini fungsinya sudah bisa digantikan tablet? Mari kita bahas dalam artikel kali ini. Kita akan memberikan beberapa contoh profesi yang mudah-mudahan bisa mewakili pekerjaan sobat.

Laptop kalau sekarang lebih populer disebut notebook atau netbook. Itu sebenarnya sama saja sih. Tapi biasanya orang mengklasifikasikan berdasarkan ukurannya. Kalau netbook itu biasanya memiliki ukuran layar 11-12 inchi, kalau notebook 13-14, sedangkan ukuran yang 15 inchi keatas itu namanya Laptop.

Tapi sebenarnya itu tidak ada standarnya, jadi kamu bebas mau bilang laptop, netbook atau notebooks, bagi saya pribadi sama saja.

Kita membandingkan antara tablet dengan Notebook yang harganya 4-5 jutaan kebawah. Kalau kamu punya dana 6 juta keatas dan bingung mau beli laptop atau tablet, maka kami lebih menyarankan beli laptop saja. Karena itu adalah investasi jangka panjang, dan kemampuan laptop harga 6 jutaan jauh lebih baik dibanding tablet dari segi produktifitas. Ok, pertama mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.



Kelebihan Laptop / Notebook

  1. Kapasitas penyimpanan lebih besar, di kisaran 4 jutaan, biasanya dapat hard disk minimal 500 GB.
  2. Memiliki port usb, jadi kalau mau colok hardisk eksternal, mouse, dll lebih mudah.
  3. Ukuran layar lebih besar
  4. Memiliki keyboard fisik

Kekurangan:

  1. Jika dibanding tablet, daya tahan baterainya sebentar
  2. Lebih berat
  3. Pada umumnya tidak ada slot sim card, jadi kalau mau internetan pakai wifi dulu.

Kelebihan Tablet PC (Android) dibanding Notebook:

  1. Lebih ringan
  2. Bisa download ribuan aplikasi dan game secara gratis dan mudah
  3. Daya tahan baterai lebih baik
  4. Bisa menggunakan aplikasi media sosial secara online 24 jam
  5. Kualitas kamera lebih baik
  6. Lebih cepat menyala dan digunakan

Kekurangan:

  1. Tidak ada keyboard fisik
  2. Kapasitas memori lebih kecil
  3. Tidak ada port USB langsung, agak merepotkan kalau mau sambung aksesori tambahan seperti mouse. Kalau mau pasang, kita harus pakai USB OTG dulu.

Tablet Android pada dasarnya bisa melakukan hampir semua yang bisa dilakukan oleh laptop bahkan terkadang lebih baik. Tapi faktor yang paling menentukan adalah lebih nyaman pakai yang mana? Dan Itu semua tergantung kebutuhan. Kami akan berikan beberapa contoh profesi atau penggunaan dan ini semua adalah opini, untuk keputusan terakhir adalah di tangan sobat.

Salah satu Kelebihan utama dari Notebook adalah memiliki keyboard fisik, jadi agar tablet Android bisa bersaing dengan laptop dalam hal produktifitas pekerjaan, maka sobat harus membeli keyboard yang bagus, ini penting. Nanti akan dibahas merk keyboard yang kami rekomendasikan.


Contoh profesi pertama: Akuntan

(termasuk semua pekerjaan yang berhubungan dengan penghitungan).

Kalau sobat membutuhkan perangkat untuk kebutuhan ini, maka jauh lebih baik membeli Laptop. Karena pasti sobat akan sering menggunakan aplikasi Microsoft Excel Untuk penjumlahan, penghitungan dan lain sebagainya.

Walaupun tablet Android juga bisa melakukan penghitungan dasar file Excel, tetap saja tidak akan sekomplit dan sehebat versi Windowsnya.

Contoh profesi kedua: Mahasiswa

Kalau sobat adalah mahasiswa atau mahasiswi, kami tidak bisa menyarankan lebih baik pilih yang mana Karena ada kelebihan dan kekurangannya. Sobat yang timbang2 dan putuskan sendiri.

Sebagai contoh, kalau sobat butuh perangkat untuk mencatat pelajaran dosen dan juga seminar sebagainya. Maka kalau dari pengalaman pribadi, jauh lebih nyaman pakai tablet Android + keyboard Bluetooth. Karena ada dua alasan:

Pertama, daya tahan batre tablet lebih awet, jadi kalau saat menghadiri seminar yang memakan waktu lama, misalnya dari pagi sampai sore, tablet masih bisa dipakai untuk mencatatat point2 seminar dan saya sering melakukan ini. Kalau batre habis pun, tinggal dicolok ke power bank.

Kedua, memangku tablet tentu saja lebih ringan dan juga lebih adem. Kalau mangku laptop seharian? dijamin pegel.

Ketiga, Karena tablet Android biasanya bisa dipasang sim card jadi bisa langsung terkoneksi ke internet, kita bisa langsung sinkronisasikan file-file yang diketik ke Dropbox dan sebagainya.

Hanya saja, kalau sobat butuh alat untuk menulis skripsi, maka lebih cenderung disarankan membeli laptop.
Karena walaupun Tablet Android bisa membuat dan mengedit file Word, PDF, dan lain sebagainya. Tapi yang jadi kendala adalah pemformatannya saat nanti akan di Print atau di cetak. Seperti kita ketahui, beberapa dosen pembimbing sangat memperhatikan format paragraph, margin dan sebagainya.

Kalau pakai Notebook akan lebih mudah mengatur header, footer, nomor halaman, margin, memasukkan foto dan sebagainya. Intinya, kalau kamu mau mengerjakan skripsi pakai tablet Android, kamu akan ada kerjaan tambahan untuk mengedit tampilan akhirnya di komputer. Dan kalau kalau skripsinya beratus-ratus halaman, tentu saja ini akan menghabiskan waktu cukup banyak.

Contoh profesi ketiga: Penulis dan jurnalis

Kalau kamu adalah penulis, blogger ataupun jurnalis, maka kami lebih merekomendasikan beli tablet Android. Karena beberapa alasan berikut.

Yang pertama, Karena ringan. Apalagi kalau pekerjaan sobat seringnya ada di jalan / di lapangan.

Kedua, lebih cepat menyala. Kalau sobat lagi dapat ide, maka tinggal pencet power, tablet langsung nyala seketika dan langsung bisa tulis ide-ide tulisan sebelum lupa. Bandingkan dengan laptop, yg walupun dalam mode sleep atau hibernate akan makan waktu lebih lama untuk bisa ready mengetik.

Ketiga, daya tahan baterai lama. Misanya sobat lagi mau tulis breaking news, tapi laptopnya mati. Kan ngeselin.

Keempat, ada koneksi internet. Setelah selesai menulis, kita bisa langsung upload atau kirim tulisan kita ke editorial tanpa repot2 harus cari wifi hotspot dulu.

Contoh profesi keempat: Gamers

Mungkin sobat punya cita-cita jadi youtuber yang review game, maka lebih disarankan beli tablet Android. Karena untuk notebook di kisaran harga 4 juta kebawah, biasanya spesifikasinya pas-pasan dan game yang bisa dimainkan terbilang cukup terbatas.

Sementara kalau tablet harga segitu sudah bisa memainkan game-game terbaru. Selain itu, kamu ga perlu banyak-banyakin dosa ngebajak game PC Karena kebanyakan game Android adalah gratis. Kalau bayar pun, tidak semahal versi PC-nya. Sekali lagi, ini kalau budget kamu terbatas.

Atau alternatif lain kalau memang ingin punya perangkat untuk main game, maka lebih baik beli dekstop PC.

Baca juga: Apa beda GPU, CPU, HDD, RAM, ROM + Tips beli tablet, laptop & dekstop PC

Contoh profesi kelima: Online Shopper

Untuk profesi ini, idealnya adalah, sobat memiliki handphone Android dan juga satu laptop. Kita ambil contoh, misanya sobat mau berjualan melalui situs Bukalapak atau Tokopedia. Untuk upload foto secara cepat, jauh lebih mudah pakai hape Android. Belum lagi kemudahan notifikasi untuk merespon pesanan atau membalas pesan jika ada pertanyaan dari konsumen.

Tapi disisi lain, ada keterbatasan saat menggunakan Android, pada umumnya tidak bisa mengubah pengaturan yang rumit. Misanya mengganti beberapa produk sekaligus dlsb.

Jadi, kalau kamu sudah punya handphone Android, maka lebih disarankan beli laptop untuk menunjang jualan online kamu. Tapi kalau belum punya HP Android, mungkin saya lebih sarankan untuk membeli handphone Android (bukan tablet) yang harga 2 jutaan. Lalu sisanya kamu tabung untuk beli laptop atau bisa juga beli netbook yang harga 2 jutaan.

Sebagai catatan, kalau kamu buat website sendiri untuk online shop kamu (pakai domain sendiri), maka sebaiknya beli laptop saja karena akan lebih mudah untuk mengatur file-file website kamu.

Ya saya rasa itu saja beberapa profesi yang terlintas di pikiran saya yang mudah2an bisa mewakili profesi yang sedang kamu jalani.

Rekomendasi Keyboard Untuk Tablet Android

Nah sekarang akan saya bahas keyboard yang disarankan. Ada beberapa tiga jenis keyboard, yaitu:

  1. Pakai kabel
  2. Pakai Bluetooth
  3. Pakai sinyal wireless 2.4 GHz.

Keyboard Kabel

Kalau jenis kabel, kita tinggal pasang saja menggunakan USB OTG. Kita bisa sambung keyboard sekalian dengan mousenya menggunakan USB HUB. Kalau keyboard dan mousenya versi lama, bisa pakai kabel USB to PS/2. Kalau untuk merk dan tipe keyboard kabel sih bebas, pilih dan sesuaikan saja dengan budget.



Baca juga: Cara menyambung Android ke Keyboard + Mouse kabel

Keyboard Bluetooth

Lalu ada juga keyboard Bluetooth. Nah untuk merk yang saya rekomendasikan adalah Logitech K480. Ukuran keyboard ini hampir sama lebar dengan ukuran keyboard notebook 12 inchi. Tombolnya menurut saya sangat nyaman dan responsif digunakan. Serta sudah ada dudukan untuk menempatkan tablet (ini penting).

Harganya sekitar 500 ribuan, mungkin sedikit mahal, tapi ini adalah investasi yang baik. Dan juga tidak terbatas digunakan untuk tablet Android saja, bisa digunakan untuk perangkat lainnya yang punya koneksi Bluetooth seperti Laptop, iPad, dlsb.

Memang banyak keyboard Bluetooth yang lebih murah dan lebih kecil ukurannya, tapi kalau untuk kerja keras dan produktifitas, lebih disarankan beli keyboard ukuran yang normal, bukan yang mini.

Saya sendiri punya Logitech yang seri K380. Ukurannya lebih kecil dari K480, tapi tidak ada dudukan untuk meletakkan tablet, jadi sedikit merepotkan. Tapi saya modifikasi sendiri pakai plat aluminium untuk tatakannya.

Baca juga: Review Logitech K380

Kelemahan pakai keyboard Bluetooth adalah, terkadang tidak langsung tersambung dengan tablet Android. Tapi ini lebih tergantung dengan kecocokan antara keyboard Bluetooth dengan Perangkat Androidnya. Kalau saya pribadi sih jarang mengalami kendala konektivitas.

Oh iya, kelebihan dari keyboard Logitech ini adalah, daya tahan baterainya 2 tahun (pakai dua baterai AAA), jadi ga perlu pusing mikirin ngecas keyboard dsb.

Keyboard Wireless 2.4 GHz

Alternatif lain, sobat bisa beli keyboard Wireless, misalnya Logitech Seri MK220. Ya, memang ukurannya cukup besar, tapi ringan kok. Kalau disuruh memilih, saya lebih baik bawa tablet Android + keyboard ini dibandingkan harus bawa laptop 14 inchi. Untuk tatakan keyboardnya, saya serahkan kepada kreativitas sobat. 

Selain itu, untuk seri MK220 merupakan combo antara keyboard dengan mouse. Harganya 200 ribuan dan juga memiliki daya tahan baterai 2 tahunan.

Baca juga: Cara menyambung keyboard Wireless

Untuk kecepatan pengetikan di tablet Android menggunakan keyboard, baik itu yang pakai kabel, pakai Bluetooth maupun pakai wireless, semuanya cepat dan tidak ada lag. Selain itu juga sudah mendukung kombinasi tombol copy paste dan sebagainya, seperti ctrl + C, Ctrl + V dan sebagainya.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah, sobat harus beli laptop kalau sering menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan juga butuh untuk memformat tulisan menggunakan aplikasi Microsoft Word atau aplikasi office lainnya. Tablet bisa melakukan hal ini, tapi ada beberapa fungsi yang terbatas.

Disisi lain, kalau sobat butuh daya tahan baterai yang baik, praktis dibawa, cepat menyala / sering dimati-nyalakan, maka lebih baik beli tablet Android.

Jadi itu adalah faktor utama dalam memutuskan mau beli tablet atau laptop harga 4 juta, maksimal 5 juta kebawah.

Kalau untuk pekerjaan lainnya, bisa dibilang kedua perangkat tersebut sama-sama tidak nyaman digunakan.
Misalnya pekerjaan video editor. Ngedit video pakai notebook 4 juta? Bisa sih, tapi ya harus sabar-sabar.

Bagaimana kalau edit video di tablet Android? Kita bisa pakai aplikasi misalnya kinemaster yang memiliki fungsi cukup lengkap bahkan bisa menciptakan efek yang keren. Tapi tetap saja fungsinya terbatas jika dibanding aplikasi video editor utk komputer.

Oleh Karena itu, diawal kita sudah bilang, kalau budget kamu 6 juta atau lebih, maka lebih baik beli laptop, Karena lebih andal untuk melakukan pekerjaan berat dan untuk menunjang pekerjaan. Demikianlah artikel kali ini, semoga berguna


-mending beli tablet android atau laptop / notebook?-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi