Prosedur + Biaya Pindah Alamat Indihome (UseeTV) Telkom



26 September 2016 Oleh Ted

Berikut prosedur pemindahan perangkat Indihome / UseeTV Telkom yang sudah menggunakan fiber optic.

Sebagai catatan, saya sebenarnya pindah "alamat" tapi masih di dalam komplek perumahan yang sama, malah sebenarnya hanya pindah ke belakang saja, mungkin jaraknya hanya beda 5-10 m. Tapi tetap saja pihak Telkom memutuskan itu adalah pindah alamat dan prosesnya agak memakan waktu.

Yang menjadi kendala dalam pemindahan Indihome / UseeTV yang saya gunakan adalah karena kabelnya menggunakan Fiber Optik yang mana tidak bisa disambung dengan mudah seperti kabel telepon / LAN. Kalau mau menyambung harus menggunakan alat khusus.

Jadi, mau tidak mau harus laporan ke pihak Telkom terlebih dahulu. Begini alurnya:

  1. Pergi ke Plasa Telkom mengajukan permintaan pindah alamat (sebelumnya saya menelpon 147, ternyata pemindahan alamat harus melalui Plasa Telkom, tidak bisa via telp).
  2. Sampai disana ternyata hanya ditanya data-data dan diinformasikan biaya yang harus dikeluarkan. Setelah itu saya disuruh pulang dan menunggu petugas datang untuk survey lokasi untuk memastikan apakah mungkin dilakukan pemindahan alamat (apakah tersedia jaringan fiber optic di alamat yang baru, dsb). Note: Menurut saya, kalau cuma untuk laporan dan menunggu petugas saja, kan seharusnya bisa dilakukan via telp saja, ga perlu datang ke Plasa Telkom
  3. Tunggu petugas datang survey ke lokasi (maksimum 3x24 jam). Kalau dinyatakan bisa dilakukan pemindahan, kita akan diminta untuk kembali ke Plasa Telkom.
  4. Di Plasa Telkom kita akan diminta untuk mengisi formulir pemohonan pemindahaan alamat yang ditandatangai diatas materai dan membayar biaya pindah sebesar Rp. 278.000,- Selain itu kita diminta untuk membawa berkas FC Bukti Kepemilikan Rumah (Sertifikat / AJB / PBB) + Foto Copy KTP.
  5. Setelah itu kita menunggu petugas datang dan membayar biaya instalasi / pemasangan / IKR (Instalasi Kabel Rumah) sebesar Rp. 140.000,- Bayar ke petugasnya, minta kwitansi. (Sebelumnya memang sudah diinformasikan di Plasa Telkom ada biaya pemasangan).

Total Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Pemindahan IndiHome / UseeTV Fiber Optic:

  • Rp. 278.000,- + Rp. 140.000,- = Rp. 418.000,-

Hmm.... mahal juga ya. Saya baru ngeh mahal setelah di total, karena saat dikatakan jumlahnya Rp. 278.000 dan Rp. 140.000,- sepertinya ga terlalu besar (karena di split). Kalau sadar semahal ini, mungkin saya akan lebih mempertimbangkan pasang baru saja daripada dipindah.

Tapi lain kasusnya kalau sobat ingin mempertahankan nomor telepon yang ada, maka biaya sebesar 418 ribu ya mau tidak mau harus digelontorkan.

Atau mungkin saya cari akal bagaimana bisa menarik kabel optiknya biar bisa sampai ke rumah yang baru, karena ga beda jauh jaraknya sebenarnya.

Catatan: Biaya yang berlaku adalah saat artikel ini ditulis.

Syarat-syarat yang diperlukan untuk pindah alamat IndiHome / UseeTV:

  • Foto Copy Surat Bukti Kepemilikan Rumah. Bisa menggunakan Sertifikat / AJB / Bukti Pembayaran PBB
  • FC KTP 2 lembar
  • Materai Rp. 6.000,- 2 pcs

Surat bukti kepemilikan rumah diperlukan untuk memastikan bahwa sobat adalah memang benar-benar pemilik rumah itu.

Bagaimana kalau ngontrak? Hmm.. kalau kata petugas Telkom yang kemarin saya tanyakan sih katanya tidak bisa

Tapi sepertinya petugas itu yang entah masih baru atau kurang menguasai produk, karena kalau saya tanya di tempat lain, ada juga orang yang mengontrak ternyata bisa pasang baru IndiHome / Pindah alamat. Syarat tambahan selain yang diatas adalah:

  • Surat sewa menyewa rumah dan surat ijin dari pemilik rumah yang sah.

Surat izin bisa ditulis tangan saja dan di tanda tangani di atas materai. Kurang lebih seperti ini isinya:



Bagaimana kalau mau pindah alamat dan sekalian ganti nama pemilik IndiHome? Kalau kasusnya seperti ini, disarankan buat baru saja dengan nama sobat sendiri. Kecuali kalau memang ingin mempertahankan nomor telepon yang lama, maka persyaratannya sama seperti diatas ditambah surat kuasa dari pemilik yang lama.

Demikianlah informasi prosedur pemindahaan alamat UseeTV / Indihome, semoga bermanfaat

Mau selalu dapat tips & trik, tutorial dan review terbaru? , dan juga Channel YouTube kami. Tujuannya biar kamu gampang menemukan gadoga.com, mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya Gratis kok sob! Jangan lupa juga untuk share artikel ini, mungkin bisa berguna untuk yang lain.




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi