Rekening Anda Tidak Terdebet Bank BRI / Bank Lain, Maksudnya Apa?



18 Juli 2016 Oleh Ted

Sekitar dua hari yang lalu saya menerima SMS dari teman saya. Dia bilang mau ambil uang di ATM BRI tapi uang tidak keluar dan ada kata-kata "rekening tidak terdebet". Dia bertanya ke saya apa yang harus dilakukan jika terjadi hal seperti ini.

Di artikel ini saya akan menjelaskan (hanya berdasar pengalaman saja - bukan penjelasan resmi dari pihak bank) beberapa kendala dalam pengambilan uang di ATM beserta cara mengatasinya.

Note: dalam contoh kali ini saya menggunakan contoh bank BRI, tapi solusi yang ada di artikel ini pada prinsipnya juga bisa digunakan jika sobat menggunakan ATM dari bank lain seperti BCA, BNI, MANDIRI, CIMB, Danamon, Dll.



1. Rekening Tidak Terdebet

Rekening tidak terdebet maksudnya adalah rekening sobat tidak berkurang uangnya atau dengan kata lain jumlah saldo di rekening sobat masih sama seperti sebelum menggunakan ATM.

Penyebab rekening tidak terdebet bisa bermacam-macam, misalnya jaringan bank lagi lambat atau putus, uang di mesin atm habis, mesin atm error / rusak, dll.

Walaupun mesin / struk ATM menunjukkan tulisan seperti dibawah ini:

  • Gagal mengeluarkan uang rekening anda tidak terdebet
  • ATM tidak dapat memberikan sejumlah uang yang anda minta Rek Anda tdk akan didebet
  • Atau semacamnya, yang intinya sama

Ada baiknya sobat tetap mengecek jumlah saldo di rekening bank untuk memastikan bahwa rek sobat benar-benar tidak terpotong.

Jika sobat mengalami hal diatas, maka solusinya adalah cari atm di lokasi yang lain. Seorang teman saya yang lain juga pernah mengalami hal serupa, yaitu mendapat pesan: "Rekening Anda Tidak Terdebet Bank BRI" dan akhirnya dia menelpon ke pihak Customer Service. penjelasan dari CS adalah saldo di mesin ATM sedang habis, oleh karena itu disarankan menggunakan mesin yang lain.

2. Saldo terpotong / berkurang tapi uang tidak keluar

Jika sobat tarik tunai tapi uang tidak keluar dan ternyata saldo rekening sudah terpotong / berkurang / terdebet, entah itu menggunakan ATM BRI, BNI, MANDIRI, BCA, Danamon, CIMB, dll. maka dibawah ini adalah beberapa tahap untuk mengatasinya:

1. Jangan Panik

Yang pertama-tama harus dilakukan adalah: jangan panik. Sobat tenang saja karena kalau memang karena kesalahan sistem, uang sobat pasti bisa dikembalikan kok.

2. Simpan Struk ATM

Jika ATM mengeluarkan struk atau print kertas, maka simpan baik-baik jika sewaktu-waktu dibutuhkan

3. Catat Waktu, Lokasi dan Kode Mesin ATM

Sobat sebaiknya mengingat kapan (tanggal berapa) dan jam berapa kejadian itu berlangsung, berlokasi dimana dan kode mesin ATM yang digunakan yang biasanya tertulis di body / casing ATM.

4. Segera Telpon Customer Service Bank Yang Bersangkutan

Sebenarnya sobat tidak perlu mengingat ketiga tahap diatas sih, yang perlu sobat lakukan jika saldo terpotong tapi uang tidak keluar atm adalah tinggal menghubungi customer service atau layanan pelanggan bank yang bersangkutan nanti sobat akan langsung dipandu apa saja yang harus dilakukan.

Saya pernah melihat kejadian saat sedang mengantri di ATM, satu orang di depan saya mengalami saldo berkurang uang tidak keluar atm mandiri. Akhirnya org itu langsung telpon ke call center bank Mandiri, lalu setelah beberapa menit saya ngobrol dengan dia dan dikatakan bahwa uangnya sudah dikembalikan.

Jadi, kalau ada masalah di ATM, masalah apapun itu, saya sangat menyarankan langsung menghubungi pihak BANK. Kalau di mesin atm ada orang yang sedang mengantri dibelakang sobat, beritahukan saja kalau atm-nya bermasalah, agar yang lain tidak menggunakanya dan juga lebih mudah bagi pihak bank jika ingin cek transaksi terakhir yang terjadi di mesin tersebut.

Catatan Penting:

  • Hubungi nomor call center / customer service bank yang tercetak di Kartu ATM. Untuk nomor layanan pelanggan yang ada di mesin ATM, terkadang tidak valid dan dalam beberapa kasus ada kemungkinan nomornya diganti (bila mesin tersebut adalah incaran penjahat).
  • Jangan pernah mau jika ada orang lain yang menawarkan bantuan dengan alasan apapun. Tolak saja secara halus. Jangan pernah memberitahukan nomor PIN kepada siapapun, termasuk kepada petugas bank.

Demikianlah artikel mengenai rekening tidak terdebet di ATM dan juga cara mengatasi jika ATM tidak keluar uang padahal saldo / tabungan sudah berkurang. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi