Rekomendasi Aplikasi Android Yang Wajib Diinstall

Tanggal 24 April 2012

Halo pembaca gadoga.com, karena cukup banyak yang menanyakan pertanyaan “apa saja sih aplikasi Android yang harus diinstall?” maka pada kesempatan kali ini saya akan menginformasikan rekomendasi aplikasi android yang sebaiknya diinstall di handphone atau tablet Anda.

Sebelumnya saya ingin menegaskan bahwa tidak ada satu aplikasipun (selain aplikasi standar) yang bisa dibilang aplikasi wajib android. Hal ini dikarenakan kebutuhan setiap pengguna Android berbeda-beda, ada pengguna yang menganggap suatu aplikasi itu penting, ada juga yang menganggapnya tidak terlalu penting.

Aplikasi yang diperlukan pada umumnya sudah tersedia sejak awal dan merupakan aplikasi bawaan gadget (acang). Saya hanya ingin mengatakan bahwa sebaiknya Anda hanya menginstall aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan, karena semakin banyak aplikasi yang diinstall maka resiko membuat handphone menjadi lemot dan boros baterai akan semakin besar. Kalau di judul artikel ada kata-kata “Wajib Diinstall” hal tersebut hanya agar judulnya menarik saja he he 

Apabila Anda baru saja membeli handphone atau tablet Android, ada baiknya terlebih dahulu membaca artikel“Cara menggunakan Android untuk pemula” (klik disini)

Daftar aplikasi yang saya sebutkan dibawah dapat berubah sewaktu-waktu. Saya akan menambahkan atau mengurangi daftarnya jika ditemukan aplikasi yang lebih baru atau lebih baik. Berikut daftar aplikasi penting Android beserta nama pembuat / publishernya:

Rekomendasi aplikasi Android yang sebaiknya diinstall:


3G Watchdog By Richard Gruet

Tablet maupun handphone Android adalah perangkat yang banyak menggunakan koneksi internet. Oleh karena itu ada baiknya Anda menginstall 3G Watchdog untuk memantau penggunaan internet. Info lebih lengkap mengenai cara penggunaan aplikasi ini dapat dibaca pada artikel: “Cara mengetahui sisa kuota paket internet Android” (klik disini)

Gambar 1. Tampilan aplikasi 3G Watchdog pada notification panel


Anti Virus
Aplikasi ini sebaiknya diinstall untuk jaga-jaga. Banyak terdapat aplikasi Antivirus Android yang dapat diunduh langsung dari Android Market (Google Play Store), diantaranya AVG, Lookout Security & Antivirus, Avast, Anti Virus free, Norton, McAfee, dll. Semuanya memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masing. Saya pribadi menggunakan Avast karena memiliki fitur yang cukup komplit, khususnya jika handphone sudah di root (baca: apa itu root Android)


Opera Mini By Opera Software ASA

Untuk aplikasi yang satu ini pasti sudah banyak yang mengetahuinya. Kelebihan browser ini dibandingkan browser internet bawaan adalah lebih hemat pemakaian data dan juga lebih cepat.


Dual File Manager XT By MediEval Software

Aplikasi ini adalah aplikasi pengelola file. Kelebihan Dual File Manager XT adalah aplikasi ini dapat menampilkan dua tab sekaligus. Jadi jika Anda ingin memindahkan atau menyalin file dari satu folder ke folder lain, Anda tidak perlu menutup folder sumber, namun cukup membuka tab baru dan langsung meletakkannya di folder yang dituju.

Gambar 2. Aplikasi Dual File Manager XT

Cara menggunakan aplikasi Dual File Manager XT dapat dilihat pada artikel: “Cara Membuat Folder, Copy Paste File, dan Cara Memindahkan File Android dari/ke PC” (klik disini)


Quick Settings By Halfbit

Update Desember 2013: Saat ini sudah banyak aplikasi Android yang memiliki fitur utk mematikan / menyalakan fitur perangkat melalui notification panel. Jadi bila ponsel Anda telah memiliki fitur tersebut, maka tidak perlu install aplikasi Quick Settings dibawah.

Aplikasi Quick Settings berguna untuk menampilkan pengaturan perangkat Android secara cepat. Misalnya untuk mengatur tingkat kecerahan layar, mematikan koneksi data (internet), wi-fi, GPS, mengatur volume, dll.

Gambar 3. Aplikasi Quick Settings


QuickPic By Alensw.com

Aplikasi ini semacam aplikasi Gallery yang berguna untuk melihat foto, gambar dan video yang tersimpan pada tablet atau handphone Android Anda. Kelebihan aplikasi ini dibanding Gallery adalah untuk loading gambar dan videonya lebih cepat. Jadi, bila Anda sering mengalami saat melihat foto-foto terasa lambat atau fotonya tidak mau terbuka dalam waktu lama, maka sebaiknya menginstall aplikasi QuickPic.


Kingsoft Office + PDF Free

Aplikasi ini berfungsi untuk membuka file pdf, Ms. Excel, Ms. Word dan juga Power Point. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat membuat baru serta mengedit file dokumen.

Aplikasi Keren Android

Bila beberapa aplikasi diatas adalah aplikasi yang menurut saya penting untuk diinstall, maka pada daftar dibawah adalah aplikasi keren Android yang boleh Anda install, boleh juga tidak.


ColorNote By Notes

ColorNote adalah aplikasi untuk membuat catatan. Aplikasi ini perlu diinstall bagi Anda yang sering mendapatkan ide secara tiba-tiba, bagi Anda yang sering membuat daftar belanjaan atau membuat daftar hal yang harus dilakukan  (To-Do list). Kelebihan aplikasi ini dibanding aplikasi sejenis adalah mudah dan cepat dalam menggunakannya, dapat di backup di SD card, bisa dikategorikan berdasarkan warna, mudah dalam mencari catatan, dll.


SDRescan By Benjamin Rosseaux

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk melakukan scan ulang SD card atau untuk memeriksa apakah ada perubahan data (apakah ada data baru yang ditambahkan , dipindah,  atau dihapus dari SD card). Contoh penggunaan aplikasi ini dapat dilihat pada artikel: Cara menghapus thumbnail Android (klik disini).


Hide it Pro By Anuj Tenani

Aplikasi ini berguna untuk menyembunyikan foto dan video. Bila ingin melihat file yang disimpan, harus memasukkan password terlebih dahulu. Ada dua pilihan pengamanan yang bisa dipilih, yaitu dengan hanya menyembunyikannya saja, atau dengan cara mengenkripsi file.


PicsArt – Photo Studio By PICSART

Aplikasi ini berguna untuk mengedit tampilan foto, menambahkan efek, menambahkan gambar, tulisan, frame dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa koneksi internet, tapi untuk menggunakan beberapa fitur, koneksi internet harus diaktifkan.

Kelebihan aplikasi ini dibanding aplikasi sejenis adalah cukup mudah digunakan dan juga gratis. Saat sudah diinstall, aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi pengaturan Audio.


Aplikasi Musik Player Android TTPod by TTPOD

Aplikasi musik ini memiliki kelebihan dapat menampilkan lirik dan juga memiliki 10 band equalizer.

TTPod Music Player

Info lebih lengkap dapat membaca artikel: TTPOD – Musik Player pecinta karaoke klik disini.

Catatan: Daftar yang ada pada halaman ini akan saya tambahkan secara bertahap. Tks 



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi