Kelebihan & Kekurangan Amazfit Bip


1 Maret 2018 Oleh Ted

Artikel ini akan me-review Amazfit Bip (nama lain: Xiaomi Huami Pace Lite Youth Edition) dan kita juga akan membahas beberapa hal yang sering ditanyakan seputar Smart Watch ini.


SPESIFIKASI AMAZFIT BIP:

  • Layar: Transflective, 1.28”, 176x176 pixels 2.5D Corning gorilla glass.
  • Berat: 31gr, ukuran: 41.5mm x 34.7 x 9.6mm
  • IP68 Water resist, GPS + GLONASS, heart rate sensor, acceleration sensor, geomagnetic sensor, barometric pressure sensor.
  • Koneksi: Bluetooth 4.0. Support Android 4.4, iOS8 / lebih baru
  • Baterai: 190mAh

Kelebihan Amazfit Bip

Kelebihan #1: Layar Always On

Yang pertama saya suka adalah smartwatch ini always on, alias layarnya selalu menyala. Saya paling tidak suka smartwatch yang layarnya otomatis mati untuk menghemat baterai.

Kelebihan #2: Baterai Awet

Masih ada hubungannya dengan kelebihan pertama, daya tahan baterai Amazfit menurut saya sangat baik. Di spesifikasi di klaim bisa standby sampai 45 hari. Ini saya rasa bisa 45 hari kalau tidak banyak dipakai dan tidak terkoneksi ke handphone. Tapi untuk penggunaan aktual kalau dipakai aktif setiap hari tentu daya tahan baterainya lebih singkat.

Untuk pemakaian kurang lebih olahraga sekitar 30 menit sehari dengan GPS aktif, notifikasi selalu aktif dan selalu terkoneksi ke handphone, daya tahan baterainya mencapai 10 harian. Dan ini bagi saya sudah lebih dari cukup.

Kelebihan #3: Build Quality Bagus



Body Amazfit Bip terbuat dari bahan plastik polycarbonate berkualitas. Sedangkan layarnya menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass generasi ketiga dengan sisi 2.5d atau sedikit melengkung. Untuk kualitas tali bawaannya sendiri terasa lembut dan nyaman digunakan.

Kelebihan #4: Memiliki Compass.



Selain GPS, smartwatch ini juga dilengkapi fitur sensor magnetik (kompas) atau penunjuk arah mata angin. Cocok bagi sobat yang suka berpetualang tapi mau tetap melakukan kewajiban Sholat 5 waktu. Coba bandingkan dengan jam tangan yang memiliki kompas dari merk lain, harganya bisa lebih mahal.

Kelebihan #5: Tali model umum.



Amazfit Bip menggunakan tali model umum berukuran 20mm. Jadi kalau talinya rusak, kita dapat mencarinya dengan mudah. Bisa juga diganti tali pakai kulit kalau mau. Ini misalnya kita ganti pakai tali dari jam Casio. Kita tinggal beli pin-nya saja karena pin bawaan talinya model adalah model quick release. Pin umum dijual di toko jam tangan.

Kelebihan #6: Masih bisa terkoneksi ke perangkat Bluetooth lain.

Selain koneksi Bluetooth yang stabil, kelebihan dari smartwatch ini adalah kita masih bisa terkoneksi ke perangkat Bluetooth lainnya. Jadi kita bisa selalu terkoneksi dengan Amazfit Bip dan disaat bersaman kita bisa sambung ke gadget lain, misalnya ke Bluetooth Headset.

Kelebihan #7: Getaran kuat.

Untuk notifikasi, Amazfit Bip tidak mengeluarkan suara sama sekali dan hanya menggunakan vibration atau getaran. Dan yang saya suka adalah getarannya sangat terasa atau kuat sekali dan rasanya tidak mungkin kita bisa melewati notifikasinya.

Kelebihan #8: Pilihan Watch Face banyak.

Kalau sobat bosan dengan tampilan Amazfit Bip, sobat bisa menggantinya dengan mudah dan ini sangat banyak pilihannya.

Baca juga: Cara Install WatchFace Amazfit Bip

Kelebihan #9: Tampilan layar terlihat jelas.

Amazfit Bip menggunakan layar jenis Transflective color display yang cukup jelas terlihat di dalam ruangan. Apalagi kalau sobat menggunakan tema dengan background cerah, sudah pasti akan mudah melihat waktu tanpa perlu menyalakan lampu latar.

Kalau di luar ruangan malah semakin jelas lagi dibanding di dalam ruangan. Karena layarnya jenis Transflective yang berarti menyerap cahaya untuk dapat menampilkan warna lebih cerah dan terang. Dan yang saya suka adalah kita bisa memilih watch face dengan tampilan yang seperti jam digital biasa. Jadi tidak tampak seperti smartwatch.



Jam ini juga memiliki lampu latar yang bisa kita atur tingkat keterangannya. Untuk menyalakan lampu bisa dengan cara menekan tombol. Bisa juga kita atur mode Auto Light, jadi kalau kita hadapkan jam ke wajah kita, lampu latar akan otomatis menyala.

Kelebihan #10: Sensor cukup lengkap.

Amazfit Bip memiliki sensor yang cukup lengkap (PPG heart rate sensor, triaxial acceleration sensor, geomagnetic sensor, barometric pressure sensor) dan juga GPS-nya terbilang akurat karena sudah menggunakan teknologi GLONASS.

Kelebihan #11: harganya relatif terjangkau.

Mengingat fitur-fitur yang dimilikinya, harga yang ditawarkan oleh jam ini menurut saya sudah sesuai (900 ribuan).

Kekurangan Amazfit Bip

Mengingat harga yang ditawarkan, jujur saja saya tidak menemukan kekurangan yang terlalu berarti. Namun berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahu sebagai bahan pertimbangan.

Kekurangan #1: Tidak bisa jadi shutter camera.

Jam ini tidak bisa digunakan sebagai remote camera maupun sebagai pengatur music player. Sebenarnya bisa diakali dengan mengggunakan aplikasi buatan pihak ketiga (cth: aplikasi Notify & Fitness), tapi masih sering gagal dan kurang stabil.Β  Mungkin kedepannya akan lebih baik kalau ada update firmware, tapi untuk saat artikel ini ditulis, fitur shutter camera belum berfungsi dengan baik.

Kekurangan #2: Tidak ada mic dan speaker.

Kita tidak bisa mengangkat telepon dan bicara menggunakan Amazfit bip. Jadi kita tidak bisa bicara ke jam tangan seperti ala Power Ranger. Pilihan yang ada hanyalah Ignore yaitu untuk mematikan suara panggilan masuk. Dan hangup yaitu untuk menolak panggilan masuk. Ini artinya kita juga tidak bisa menonton video atau mendengarkan musik pakai Amazfit Bip.

Kekurangan #3: Tidak bisa langsung digunakan untuk balas pesan.

Amazfit Bip hanya berguna untuk memberitahu saja kalau ada pesan yang masuk. Kita bisa membaca pesannya langsung di layar, tapi kita tidak bisa langsung membalas atau mengetik pesan dari Amazfit Bip.

Kekurangan #4: Tidak bisa mendeteksi olahraga untuk melatih otot.

Smartwacth ini bisa mendeteksi olahraga seperti jalan kaki, berlari dan bersepeda. Tapi tidak bisa digunakan untuk memantau gerakan seperti angkat barbel, sit up, push up dan sebagainya.

FAQ (Pertanyaan yang sering diajukan):

FAQ #1: Paket penjualan dapat apa saja?

Tergantung sobat beli dimana. Biasanya hanya dapat box yang tampilannya bisa saja berbeda, kalau saya dapat box warna putih polos. Lalu ada Amazfit Bip, kertas petunjuk Bahasa Cina dan juga docking.

FAQ #2: Cara Ngecasnya gimana?



Tinggal di tempel ke docking lalu disambung ke charger handphone (Chargernya tidak dapat di paket penjualan).

FAQ #3: Apakah bisa pasang SIM Card / SD Card?

Tidak bisa.

FAQ #4: Berapa panjang tali Amazfit Bip?



Untuk lubang terpendek panjangnya 14,5mm. Untuk lubang terpanjang adalah 22,5mm. Ini artinya sangat fleksibel untuk digunakan oleh orang yang memiliki pergelangan tangan kecil maupun besar sekalipun. Lagipula, kita bisa mengganti talinya dengan mudah.

FAQ #5: Apakah bisa dipakai berenang?

Jam ini bersertifikasi IP68. Orang sering salah kaprah dan mengatakan gadget yang punya sertifikasi IP68 aman dibawa berenang, padahal itu salah besar. Untuk penjelasan detilnya mungkin perlu buat artikel khusus tentang IP68.
Singkatnya, Amazfit ini masih aman dipakai hujan-hujanan dan terkena cipratan air. Tapi saya sangat tidak menyarankan untuk dipakai berenang karena tekanan air saat berenang jauh lebih tinggi.

Selain itu, sobat bisa lihat di bagian atas amazfit ada lubang (perlu lepas tali biar kelihatan), saya tidak tahu ini fungsinya untuk apa, mungkin sensor, saya tidak tahu, tapi yang pasti lubang ini sangat mengkhawatirkan untuk bisa kemasukan air.

FAQ #6: Apa itu DND?

Singkatan dari Do Not Disturb. Kalau diaktifkan, maka jam tidak akan bergetar kalau ada notifikasi masuk. Ada dua pilihan yaitu Auto, ini berarti DND hanya aktif kalau kita sudah tertidur. Dan satu lagi NOW yang artinya kita aktifkan DND saat ini juga. Misalnya kalau sobat lagi meeting dan tidak ingin terganngu notifikasi masuk

FAQ #7: Berat dan ukuran Amazfit Bip?

Berat jam beserta talinya adalah 31 gram. Jadi tergolong enteng. Β Sedangkan dimensinya panjang 41,5mm, lebar 34,7mm dan tebal 9,6mm.

FAQ #8: Beda Amazfit Bip Versi Cina dan International?

Yang saya tahu sama saja atau tidak ada bedanya. Tapi koreksi jika saya salah. Karena Amazfit Bip yang versi Cina sekalipun, saat kita sinkronisasi dengan handphone untuk pertama kalinya, dia akan otomatis upgrade Firmware dan berubah jadi versi internasional yang berbahasa inggris.

Catatan: Kalau Amazfit Bip milik sobat tidak berubah jadi bahasa Inggris secara otomatis, pastikan ponsel yang digunakan dirubah dulu jadi bahasa Inggris. Kalau handphone pakai Bahasa Indonesia, terkadang SmartWatch tetap pakai bahasa Cina.

FAQ #9: Ada fitur apa saja?

Pastinya berguna untuk petunjuk waktu, lalu ada menu activity, di dalamnya ada Outdoor running yaitu untuk lari di luar ruangan, treadmill, bersepeda dan berjalan. Lalu ada timer, stopwatch, compass, perkiraan cuaca dan alarm. Kita juga bisa gunakan Amazfit Bip untuk mencari handphone kita kalau lupa ditaruh dimana selama koneksi bluetoothnya tersambung. Dan ini suaranya kencang sekali.



FAQ #10: Aplikasi Official untuk Amazfit Bip?

Untuk terkoneksi ke handphone kita menggunakan aplikasi Mi fit dan di dalamnya kita bisa menemukan fitur-fitur tambahan seperti memantau kualitas tidur kita, mengatur notifikasi dari aplikasi apa saja yang mau ditampilkan, misalnya dari WhatsApp, BBM, dll. Ini berguna agar kalau ada pesan masuk, kita akan mendapatkan notifikasi di Amazfit Bip.

Ada beberapa fitur lainnya yang tidak dibahas disini karena nanti artikelnya jadisangat panjang, tapi secara garis besar, fungsi dari Amazfit Bip adalah untuk penunjuk waktu, untuk prakiraan cuaca, untuk memantau aktivitas olahraga dan kualitas tidur, sebagai alarm dan juga sebagai alat notifikasi kalau ada pesan atau panggilan masuk.

Kesimpulan

Harga Amazfit Bip berada di kisaran 900 ribuan. Dan mengingat harganya, maka saya cukup merekomendasikan smart watch ini. Alasan terbesanya adalah layar yang always on atau selalu menyala dan juga daya tahan baterai yang baik. Dengan kedua kelebihan ini, Amazfit Bip bisa digunakan layaknya seperti jam tangan digital biasa namun dengan fitur yang melebihi dari jam digital biasa.


Sobat bisa menonton Video review-nya dibawah ini:

-review amazfit bip indonesia kelebihan kekurangan smartwatch murah bagus-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 πŸ˜ƒ πŸ˜‚ πŸ˜… πŸ˜‡ 😈 πŸ˜‰ 😊 😌 😍 πŸ˜’ πŸ˜“ πŸ˜” 😳 πŸ˜– 😘 πŸ˜› 😑 😭 😱 😀 😎 πŸ‘ πŸ™

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas πŸš€

©2009-2018 gadoga.com - V23.03.8
Disclaimer | Kebijakan Privasi