Keyboard Bluetooth Logitech K380 - Kelebihan & Kekurangannya

02 Maret 2016 Oleh Ted

Note: Untuk review keyboard bluetooth Logitech K380 dapat dibaca pada bagian tengah artikel. Di awal artikel saya akan menjelaskan kenapa akhirnya saya membeli keyboard ini. Tapi kalau anda ingin membaca reviewnya saja, bisa cari tulisan merah besar di tengah-tengah artikel

Diawali dengan rasa jenuh terlalu lama bekerja di depan komputer dengan suasana yang itu-itu saja, saya lalu mencari akal bagaimana ya mencari suasana baru agar saya tetap produktif namun keseharian saya tidak membosankan.

Akhirnya saya dapat ide, bagaimana kalau "kantor"-nya dipindah. Dalam arti bukan kantor saya yang dipindah, tapi lokasi kerja saya yang dipindah. Misalnya kalau mau mengerjakan sebuah artikel atau dokumen saya tidak berada di kantor, tapi mungkin sambil ngopi-ngopi di luar (semoga ga diracunin sianida he he).

Untuk melakukan hal tersebut saya ada beberapa pilihan.

Pilihan pertama tentu saja dengan membawa Laptop atau netbook kemana-mana. Tapi cara ini agak kurang praktis karena ukuran netbook cukup besar dan berat (walaupun yang terkecil). Saya punya Samsung Ativ Smart PC yang tergolong slim, tapi walau begitu, saya tetap merasa malas dan cukup berat untuk dibawa.

Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pilihan kedua, yaitu menggunakan smartphone saya untuk menulis artikel / pekerjaan sementara dan nanti di perbaiki di komputer untuk membuatnya lebih rapi.

Nah agar nyaman digunakan untuk mengetik, maka saya memutuskan untuk membeli keyboard untuk disandingkan dengan smartphone.

Ada beberapa keyboard yang jadi pilihan saya. Mulai dari keyboard USB biasa (karena murah), keyboard gulung, keyboard Bluetooth yang bisa dilipat dan pilihan terakhir adalah keyboard Logitech K380 ini.

Dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari pilihan keyboard yang ingin saya sandingkan dengan smartphone.

Keyboard USB Biasa

Kelebihan: Harga murah

Kekurangan: Ukurannya besar, ukuran yang paling kecil pun masih relatif besar. Harus menggunakan kabel USB OTG (On The Go) untuk bisa digunakan, sementara ada ponsel saya yang belum support OTG, jadinya tidak bisa pakai keyboard model USB.

Artikel terkait: Cara menggunakan fitur OTG klik disini

Keyboard Gulung / Keyboard Fleksibel

Kelebihan: Harga murah, ringan dan praktis bisa dibawa kemana-mana

Kekurangan: Kurang nyaman dipakai mengetik, mesti menggunaakan kabel OTG.

Note: Untuk keyboard gulung sebenarnya ada juga yang support Bluetooth, namun tetap saja agak kurang nyaman bila dipakai lama.

Keyboard Bluetooth Yang Bisa Dilipat

keyboard jenis ini kaku, tapi bisa di "patahkan" jadi dua bagian atau tiga bagian.

Kelebihan: ukuran kecil, praktis bisa dilipat

Kekurangan: Pada umumnya menggunakan baterai Li-Ion atau Li-Polymer yang memiliki daya tahan 1-3 harian saja. Agak sedikit merepotkan karena harus dicas ulang. Kalau lupa ngecas dan sewaktu-waktu diperlukan jadi tidak bisa dipakai. Saya memikirkan daya tahan kabel fleksibelnya jika sering dilipat apakah akan awet? Selain itu, kalau seandainya baterainya rusak, apakah ada yang jual spare partnya?

Keyboard Bluetooth Logitech K380

Kelebihan: Menggunakan dua buah baterai AAA dan memiliki daya tahan sampai 2 Tahun! (menurut promosinya). Nyaman digunakan. Bisa koneksi ke tiga buah perangkat yang berbeda tanpa perlu pairing ulang.

Kekurangan: Ukuran masih cukup besar untuk dibawa kemana-mana dan bukan hanya itu saja, cukup berat!

Dengan pertimbangan saya mengetik cukup banyak dan juga mengejar daya tahan baterai, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Logitech K380 diantara pilihan lainnya. Bagaimana performanya dan apakah saya menyesal beli keyboard ini? Berikut pembahasannya.

Review Bluetooth Keyboard Logitech K380

Ukuran dan Desain

Logitech K380 memiliki ukuran panjang 27,9 cm, lebar 12,4 cm dan ketebalan 1,6 cm.

Dimensinya dibanding keyboard ukuran normal terbilang cukup kecil. Tapi kalau untuk kepraktisan dibawa ke mana-mana, menurut saya masih agak kebesaran.

Saya menyukai desain tombol keyboardnya yang bulat-bulat. Terkesan unik dan memberi kesan seperti mesin ketik manual.

Secara keseluruhan, build quality atau kualitas pembuatan Bluetooth Keyboard ini baik dan terlihat solid / kokoh.

Kenyamanan Tombol

Tombolnya nyaman digunakan walaupun bukan yang ternyaman. Untuk hal ini sebenarnya lebih ke selera masing-masing. Kalau menurut ukuran saya, kekerasan tombolnya agak kurang lembut sedikit. Tapi ini balik lagi ke selera orang. Overall, dari skala 1-10, saya memberi nilai delapan untuk segi kenyamanan.

Posisi penempatan tombol baik, tidak terlalu dekat maupun jauh. Saya bisa mengetik cepat di Logitech K380.

Konektivitas dan kemudahan penggunaan

Salah satu kelebihan keyboard Bluetooth Logitech K380 adalah dapat dipasangkan ke tiga perangkat berbeda tanpa perlu pairing ulang.

Keyboard ini bisa disambungkan dengan perangkat berikut:

  • Android yang menggunakan OS 3.2 keatas
  • iPad atau iPhone yang menggunakan iOS 5 atau lebih baru
  • Komputer Windows 7, 8 dan 10 atau lebih baru,
  • Komputer Apple (Mac OS X10.10 atau lebih baru
  • Chrome OS
  • Apple TV

Tentu saja, semua perangkat tersebut harus memiliki koneksi Bluetooth. Kalau komputer anda tidak memiliki Bluetooth, anda bisa membelinya di toko terdekat. Harganya tidak mahal, dibawah 50 ribu rupiah.

Saat dicoba menyambungkan keyboard ini dengan perangkat Android prosesnya sangat mudah, kurang lebih 10 detik saja waktu yang diperlukan untuk memasangkan Logitech K380 dengan perangkat Android pertama kali (selanjutnya lebih cepat).

Namun jika anda berencana membeli keyboard Bluetooth ini, ada baiknya anda tes dulu di toko yang jual dan mencoba koneksikan terlebih dahulu dengan perangkat milik anda. Karena salah satu ponsel Android saya ternyata tidak bisa disambungkan dengan Logitech K380.

Apa maksudnya keyboard ini bisa disambungkan ke 3 perangkat yang berbeda? Maksudnya adalah, K380 dapat di pairing atau disandingkan dengan 3 device yang berbeda. Misalnya yang pertama dengan ponsel Android, yang kedua dengan komputer Windows dan yang ketiga dengan iPad (bebas di atur mau disambung ke perangkat apa saja).

Untuk berpindah antara satu perangkat ke perangkat lain (yang sudah di pairing) anda cukup menekan tombol F1, F2 atau F3.

Tutorial cara mengkoneksikan Keyboard Bluetooth Logitech K380 ke Android bisa dibaca klik disini.

Berat Keyboard Logitech K380

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan besar saya dan membuat saya ragu-ragu untuk membeli keyboard ini sebagai perangkat portable untuk dibawa kemana-mana adalah karena bobotnya yang lumayan. Saat ditimbang beratnya mencapai 420 gram (hampir setengah kilo!)



Daya tahan baterai

Keyboard Bluetooth Logitech K380 menggunakan baterai jenis AAA (LR03). Dan disini hebatnya, menurut klaim produsen, daya tahan baterainya bisa mencapai dua tahun! Yah pastinya ini juga tergantung dengan pemakaian, tapi kalau berdasarkan pengalaman saya menggunakan Keyboard Logitech yang wireless, memang daya tahan baterainya sangat baik, 8 bulan keatas belum pernah ganti baterai.

Jujur saja saya sangat terkesima dengan daya tahan baterainya, masalahnya ini adalah perangkat Bluetooth yang biasanya cepat menghabiskan baterai. Coba saja bandingkan dengan keyboard blutut lainnya yang menggunakan baterai cas, mereka menuliskan di spesifikasi bahwa daya tahan baterainya antara 50 - 100 jam saja, setelah itu harus di cas ulang.

Mungkin terdengar sepele (cuma perlu di cas ulang), tapi kenyataannya hal ini cukup merepotkan, dan selain itu, kita tidak tahu berapa kapasitas baterainya, apakah masih penuh, apakah nanti saat pekerjaan kita banyak tiba-tiba baterainya habis, dsb.

Salah satu faktor utama saya akhirnya memilih keyboard ini adalah karena daya tahan baterainya. Memang banyak keyboard Bluetooth yang lain yang sama-sama menggunakan baterai AAA, bahkan memiliki fitur dan bentuk yang lebih menarik, namun saya masih belum mengetahui daya tahan baterai merk yang lain bagus atau tidak. (Kalau dengan Logitech saya mendapat pengalaman positif sebelumnya).

Harga

Saat artikel ini ditulis, harga Logitech K380 adalah Rp. 385.000,- untuk di pasaran bisa lebih mahal, bisa juga lebih murah (kalau beli online khususnya).

Berhubung saya membelinya saat sedang ada pameran, maka saya mendapatkan bonus sebagai berikut:

  • Pouch / tempat menaruh keyboard
  • Gantungan kunci Logitech yang bisa digunakan sebagai pembuka tutup botol soft drink
  • Stand ponsel / tablet (untuk mendirikan gadget anda)
  • Lucky Draw / memutar "roda keberuntungan" untuk dapatkan hadiah tambahan (saya mendapat kalender)


Catatan: Saya mendapat bonus diatas karena sedang ada pameran. Mungkin kalau beli tidak di pameran hanya dapat keyboard BT-nya saja.

Mungkin harga yang mencapai hampir 400 ribu terkesan agak sedikit mahal, namun kalau dilihat dari segi kualitasnya saya rasa harganya cukup masuk akal.

Banyak yang menjual Keyboard Bluetooth dengan harga dibawah 200 ribu, tapi belum tentu kualitasnya sebaik Logitech K380, khususnya dalam daya tahan baterainya.

Apakah Keyboard Bluetooth Logitech K380 Layak Untuk DIbeli?

Walau awalnya saya ragu-ragu untuk memilih K380, namun akhirnya saya tidak menyesal membelinya.

Apakah saya rekomendasikannya?

Yup, jika anda butuh Bluetooth Keyboard yang nyaman digunakan dan juga praktis, maka Logitech K380 bisa jadi pilihan bagi anda.

Kekurangan utamanya menurut saya adalah bobotnya yang relatif berat dan pasti akan menambah beban pada jahitan tas saya he he.

Tapi jangan membayangkan K380 super berat ya. Kalau untuk perbandingan, mungkin beratnya hampir sama dengan Tablet Android berukuran 7 atau 8 inchi.

Selain K380, Logitech juga mengeluarkan seri K480. Bedanya adalah kalau K480 ukurannya lebih lebar dan memiliki tempat / slot untuk menaruh tablet atau ponsel anda.

Untuk harganya berbeda cukup jauh, kalau tidak salah, seri K480 sekitar 200 ribu lebih mahal.

Secara keseluruhan, K380 adalah sebuah keyboard yang nyaman digunakan dan memiliki kualitas yang baik. Sebagai informasi, seluruh text atau tulisan pada artikel kali ini saya tulis menggunakan K380 dan sebuah ponsel Android.

Kini saya dapat bekerja lebih efektif lagi karena bisa menulis artikel atau pekerjaan lain dimanapun dengan posisi yang lebih fleksibel.

Catatan:
K380 saat digunakan tidak terjadi lag atau jeda waktu antara tombol dengan huruf yang muncul di layar. Benar-benar seperti menggunakan keyboard dengan kabel biasa.

Jika digunakan untuk perangkat Android yang bersistem operasi Jelly Bean (4.2) keatas , anda tetap bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+C atau Ctrl+V, dsb untuk copy paste dll.

Saya bukanlah karyawan Logitech atau dibayar untuk melakukan review ini. Jika anda memiliki pengalaman positif tentang suatu keyboard Bluetooth tipe / merk lain, bisa sharing di kolom diskusi dibawah. Mungkin suatu saat saya butuh pengganti dari keyboard ini (khususnya yang lebih kecil dan ringan).

Demikianlah review Bluetooth Keyboard Logitech K380, semoga bermanfaat - salam, gadoga.com

Artikel terkait:




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi