Review + Cara Setting Casio CA-53W Kalkulator


30 Agustus 2017 Oleh Ted

Kali ini kita akan membahas salah satu jam tangan legendaris yaitu Casio Kalkulator seri CA-53W. Dibilang legenda karena jam ini sudah ada kurang lebih sejak 30 tahun yang lalu dan sampai sekarang masih di produksi tanpa ada perubahan bentuk dan bisa kita beli yang barunya dengan harga di kisaran 300 ribuan.

Dilihat dari modelnya, jam ini bisa terbilang cukup terlihat sederhana. Tapi justru itu yang membuatnya terlihat menarik karena ada kesan klasik tapi juga unik. Sobat bisa mengenakan jam ini untuk kegiatan sehari-hari bahkan untuk acara yang sedikit resmi sekalipun.

Saya pun sering saat mengenakan kemeja lengan panjang dipadu dengan jam tangan ini masih terlihat pantas. Ya setidaknya menurut saya sih. Anyway, jam ini pada tahun 80 an cukup populer karena digunakan oleh Marty McFly dalam film Back to the Future. Saya sendiri punya jam ini sekitar 2 tahunan dan hingga saat ini masih sering digunakan.


Fitur jam tangan:

  1. Time keeping. Yang pertama tentu saja adalah penunjuk waktu. Tapi sayangnya kita tidak bisa melihat langsung tanggal hari ini, hanya bisa melihat harinya saja. Untuk melihat tanggal, kita perlu memencet tombol kanan atas (tombol pembagian).
  2. Kalkulator
  3. Alarm (hanya ada satu alarm)
  4. Dual Time. Kalau di layar ada tulisan DT, itu artinya Dual Time atau penunjuk waktu kedua. Kita bisa mengatur waktunya berbeda dengan waktu jam utama. Berguna misalnya untuk menunjukkan waktu yang berbeda di tempat lain, misalnya saat kita lagi keluar kota atau keluar negeri dimana terdapat perbedaan waktu.
  5. Stopwatch.

Jika dilihat dari fiturnya, maka jam tangan ini termasuk dalam kategori jam digital yang sederhana tanpa fitur yang wah.

Cara Setting / Mengatur Jam Tangan Casio Kalkulator CA53W



Atur waktu (jam), tanggal, bulan, hari, 24 jam / am / pm

Dari mode penunjuk waktu, untuk masuk ke mode pengaturan, kita cukup menekan tombol ADJUST yang ada di samping kanan bawah. Kita tekan pakai kuku. Nanti angka digitalnya akan kedip-kedip

Kalau mau berpindah ke pengaturan jam, menit, dll, kita tekan tombol MODE. Dari detik yang kedip2, nanti akan pindah jadi jam yang kedip2.

Saat di bagian jam kedip-kedip:

  • Tekan tombol (+) yang ada di kanan bawah untuk merubah tampilan 24 jam atau am/pm
  • Kalau dalam tampilan AM/PM, tekan tombol titik (.) untuk memilih AM / PM. Kalau AM itu menunjukkan jam pagi. Kalau PM itu jam malam.

Untuk mengganti jam, kita tinggal tekan saja angka di papan tombol. Misalnya kita mau setting jadi jam 02.30 pagi, tinggal kita pencet angka 0 lalu angka 2 lalu angka 3 lalu angka 0.

Setelah kita mengatur jam, kita akan otomatis masuk ke pengaturan tahun bulan dan tanggal. Urutan tampilannya adalah tahun dulu, baru bulan, baru tanggal. Misalnya kita mau setting tanggal 22 agustus 2017, maka kita pencet 17 yaitu tahun 2017 lalu kita pencet tangka 0 dan 8 yang artinya bulan agustus, lalu kita pencet 2 2 yaitu tanggal 22.
Kalau sudah selesai, tinggal kita pencet tombol ADJUST.  Untuk nama hari yang tertera akan otomatis sesuai dengan tanggal hari dan tahun yang kita setting sebelumnya.

Fungsi Kalkulator

Pemakaiannya ya seperti kalkulator biasa, tidak ada yang special dan hanya bisa melakukan penghitungan dasar. Kalkulatornya ada sebanyak 8 digit angka. Kalau penghitungan lebih dari 8 digit dia akan error yang ditunjukkan dengan huruf E di layar. Kalau mau reset atau mengembalikan angka ke 0 kita tekan tombol MODE.

Setting Alarm Casio Kalkulator CA-53W

Untuk masuk ke mode Alarm, tekan tombol MODE dua kali dari tampilan waktu.

Setelah itu, tekan ADJUST sampai angkanya kedip2. Misalnya kita mau setting alarm jam 5 pagi.  Kita tinggal pencet saja angka 0 5 0 0. Catatan:

  • Kalau tampilan jam 24 jam, langsung ketik saja sesuai waktu yang diinginkan. Misalnya kalau mau nyalakan alarm jam 3 sore, maka ketik / tinggal pencet angka 1 5 0 0
  • Kalau tampilan 12 jam, jangan lupa pengaturan AM-PM-nya. Kalau jam 5 pagi, kita pilih yang AM. Untuk memilih, tekan tombol titik (.) atau tombol yang ada tulisannya PM

Kalau sudah selesai, kita tekan tombol ADJUST sampai angka tidak kedip2.

Cara matikan dan nyalakan Alarm dan Chime / Signal di arloji calculator Casio CA53W:

Kalau muncul ikon alarm di layar, itu berarti menandakan alarm aktif. Kalau kita mau matikan atau nyalakan alarm, kita tekan tombol angka 4.

Kalau mau mengaktifkan chime atau bunyi signal tiap jam, kita tekan tombol X atau perkalian. Kalau chime aktif, akan muncul icon lonceng yang menandakan sinyal tiap jam aktif.

Catatan: untuk mengaktifkan / mematikan alarm dan chime (signal) dilakukan pada mode Alarm, bukan pada mode penunjuk waktu.

Setting Dual Time (DT)

Caranya sama seperti setting jam. Tinggal klik saja tombol ADJUST lalu tekan tombol sesuai waktu yang diinginkan.

Fitur Stopwatch

  • Untuk start stop bisa dengan menekan tombol + atau tambah.
  • Untuk mengembalikan ke 0 / Reset bisa dengan menekan tombol 0.

Kelebihan dan kekurangan Casio CA-53W Calculator

Kelebihan:

Yang pertama adalah jam tangan ini modelnya tidak lekang oleh waktu. Kalau dipakai 10 tahun kedepan saya rasa akan tetap terlihat keren dan justru makin terlihat klasik.

Lalu yang kedua adalah, tali atau strap jam tangan ini terbilang umum. Kita bisa membeli spare part subsitusinya di toko service jam terdekat. Walaupun modelnya tidak sama seperti aslinya, tapi paling tidak bisa dipakai atau kompatibel. Atau sobat juga bisa menggantinya dengan model kanvas yang pernah kami buat videonya.

Selanjutnya adalah jam tangan ini ringan dan nyaman digunakan. Bila kita timbang, Beratnya hanya 24 gram saja.

Lalu kelebihan yang terakhir adalah jam ini merk Casio yang terkenal dengan kehandalannya tapi selain itu juga merupakan merk yang cukup dihormati. Kalau saya pribadi sih lebih PD pakai jam original casio dibanding jam KW yang harga 300 ribuan.

Kekurangan:

Yang pertama adalah jam ini tidak ada lampunya. Jadi ya susah atau tidak bisa melihat jam di tempat gelap.

Lalu yang kedua adalah kita tidak bisa melihat tanggal secara langsung. Tapi harus pencet tombol bagi dulu.

Lalu selanjutnya adalah jam ini spesifikasinya hanyalah water resistant saja. Tidak water resist 50m atau 100m. Itu artinya kita tidak bisa pakai berenang terlalu dalam. Kalau hanya dipakai di permukaan dangkal saja sih masih aman.

Dan yang terakhir, layar kacanya relatif mudah baret kalau terbentur benda keras. Tapi untuk hal ini solusinya sangat gampang. Kacanya tinggal kita tempel pakai isolasi bening saja biar tidak gampang baret. Bentuk kacanya adalah rata, jadi sangat mudah ditempel isolasi bening. Bisa lihat contohnya disini.


Kalau sobat ingin lihat video review dan cara settingnya bisa lihat dibawah:

-cara setting atur waktu jam alarm casio digital kalkulator calculator ca53w-1z ca-53w jam tangan arloji review kelebihan kekurangan jual tali-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi