Review Zealot Sparkle B570 Indonesia


8 Januari 2019 Oleh Ted

Saat ini headset Bluetooth (BT) harganya sudah semakin terjangkau tapi dengan kualitas yang semakin baik. Salah satu head set Bluetooth dengan harga relatif murah / terjangkau (dibawah 200 ribu) yang cukup direkomendasikan oleh pecinta musik adalah merk Sparkle B570. Headset BT ini memiliki fitur yang lengkap dan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki pesaingnya. Namun disisi lain, perangkat ini juga memiliki kelemahan yang cukup fatal. Apa itu? Mari simak dalam review kali ini.


Desain

Kita akan mulai dari desain terlebih dahulu yang sekaligus adalah kelemahan dari headphone ini. Headphone Bluetooth ini adalah jenis on ear yang artinya headphone menempel pada daun telinga, bukan menutupi daun telinga. Busa yang digunakan cukup keras dan ditambah clamp atau headband yang kaku akan membuat headphone ini tidak bisa terlalu lama digunakan.

rekomendasi headset bluetooth terjangkau

Kalau sobat menggunakannya diatas 45 menit akan terasa sedikit sakit di kuping, apalagi kalau pakai kacamata. Biasanya kalau saya pakai headphone ini, saya istirahat sebentar setelah pakai selama 30 menit. Ga perlu lama-lama, cukup 10-15 detik saja dilepas sudah cukup kok biar kuping tidak pegal.

Dan satu hal lagi, headphone ini terasa cukup panas kalau digunakan dalam waktu cukup lama, jadi kita tidak bisa pakai headphone ini saat nge-gym atau lari pagi. Ya kecuali kalau kamu tahan kuping-nya panas dan berkeringat.
Saat headphone ini dilipat, ukurannya cukup ringkas jadi mudah untuk dibawa kemana-mana.

Zeaolot B570 memiliki fitur yang lengkap, ada FM Radio, slot Micro SD untuk memainkan MP3 tanpa terkoneksi ke handphone, tombol-tombol yang lengkap dan juga satu fitur yang tidak dimiliki headset Bluetooth sejenis, yaitu layar LCD. Sayangnya headphone ini masih menggunakan port Mini USB yang saat ini sudah mulai ditinggalkan.

Headphone ini tidak ada petunjuk mana yang sisi kiri dan mana yang kanan, saat saya tes pakai Audio, sisi kiri adalah yang ada layarnya. Tapi posisi pemakaian sisi kiri dan kanan sama persis (tidak melengkung ke depan di salah satu sisi), jadi kalau kita pakai terbalik sisi kiri di kanan atau sebaliknya, tidak akan terasa bedanya di kuping.

Di sekeliling layar ada lampu LED kecil yang akan beranimasi sesuai dengan melodi lagu dan ini keren banget…. Keren kalau kata anak-anak kecil, soalnya saat saya jalan pulang dari kantor dan melewati sekumpulan anak kecil yang lagi main bola malam-malam, mereka itu seperti terkesima merhatiin headphone ini.

Tapi bagi saya, variasi lampu led ini malah membuatnya terlihat murahan. Lampu variasi ini hanya ada di bagian yang ada layarnya, di bagian sebelahnya tidak ada lampunya.

Build Quality Zealot B570 saya katakan bagus karena plastik yang digunakan terlihat halus dan presisi. Untuk headband-nya juga terlihat kokoh walaupun tidak ada busanya. Sepertinya produk ini akan cukup awet.

Banyak yang bilang desain B570 itu norak, saya setuju sih, tapi bagi saya masih bisa diterima lah. Dan saya masih tidak masalah menggunakannya di tempat umum. Mungkin saya nanti akan menghilangkan atau menghitamkan tulisan Sparkle B570 agar lebih terlihat lebih kalem.

2 Alasan Utama Saya Membeli Zealot Sparkle B 570

Ada dua alasan utama kenapa saya pilih headphone ini dibanding headphone lain dikisaran harga yang sama yaitu dibawah 200 ribu. Yang pertama adalah layarnya. Layarnya hanya untuk menunjukkan mode saja dan tidak bisa menunjukkan judul lagu yang diputar, tapi sebenarnya yang paling saya butuhkan adalah indikator baterainya dan ini satu-satunya Heapdhone Bluetooth yang ada indikator baterainya.

Alasan kedua adalah, headphone ini pakai baterai Nokia BL-5B yang bisa dilepas pasang. Baterai ini harganya murah, saya beli cuma 20 ribuan dan berguna buat cadangan kalau lagi berpergian tiba-tiba baterai habis.

Kapasitas baterai Nokia BL-5B cukup besar yaitu 600 mAh tulisannya, tapi daya tahan headphone Bluetooth ini tidak terlalu lama, hanya bisa dipakai sekitar 4-5 jam kalau dipakai nonstop. Mungkin dayanya banyak habis dipakai untuk lampu LED. Apalagi lampu LED yang di bagian bawah ukurannya besar dan nyalanya terang banget, seperti senter.

Paket Penjualan

Untuk paket penjualannya kita akan dapat kabel Aux, kabel Mini USB untuk charge dan juga buku petunjuk.

Kualitas Suara

Di rentang harganya, saya kategorikan kualitas suara headphone ini termasuk bagus bahkan bisa dibilang salah satu yang terbaik jika dibanding beberapa headphone Bluetooth murah lainnya.

Staging terasa cukup luas, detil music juga terdengar jelas, tidak mendem, dan vocal masih terdengar baik, walau saya berharap vocal-nya bisa lebih maju lagi. Bagi saya, karena intrumen musik terdengar dengan baik, vocal-nya jadi agak sedikit kurang menonjol, tapi masih oke lah.

Untuk Bass terasa cukup, hentakannya terasa dan terdengar baik, tapi kalau kamu pencinta bass atau bass head, saya rasa bass headphone ini masih akan terasa kurang buat kamu alias kurang cocok.

Kalau musik lagi tidak dimainkan, terdengar ada bunyi ngiing atau distorsi sedikit. Tapi saat musik sudah jalan bunyi nging itu hilang.

Fitur

Kalau baterai kamu habis, kamu bisa pakai kabel AUX ukuran 3.5mm untuk menggunakan headphone ini jadi seperti headphone kabel biasa. Untuk kualitas suara saat digunakan pakai kabel hampir sama dengan pakai Bluetooth, tetap bagus kok dan tetap stereo, karena reviewer lain ada yang bilang saat pakai kabel jadi mono, tapi kalau punya saya tetap stereo.

Hanya saja kalau pakai kabel AUX, saya merasa bass-nya jadi seperti kurang nendang. Dan juga kalau pakai kabel, kita tidak bisa menggunakan tombol volume, maju mundur track dan sebagainya.

Saat kita gunakan untuk memutar music langsung dari Micro SD, kualitas suaranya saya katakan baik dan jernih. Music player built in headphone ini akan meneruskan daftar music yang terakhir kali dimainkan walaupun sebelumnya kita cabut baterai, jadi kita tidak perlu ulang memainkan dari daftar awal lagi. Nice!

Untuk Fitur FM Radio jujur tidak pernah saya gunakan karena sinyalnya buruk, lokasi saya jauh dari stasiun radio.
Untuk konektivitas Bluetoothnya saya katakan baik, tidak ada latency atau jeda suara, jangkauannya jauh dan juga stabil atau tidak putus-putus.

Baca Juga: Sades - Rekomendasi Headset Gaming Terjangkau

Kesimpulan

Kelebihan Headset Bluetooth Sparkle B570:

  • Fitur lengkap
  • Baterai bisa dilepas
  • Kualitas suara bagus
  • Ada Layar LCD

Kekurangan Headphone Zealot B 570:

  • Kurang nyaman digunakan dalam waktu lama
  • Desain kurang elegan

Penilaian dari skala 1-10:

  • Untuk segi desain dan kenyamanan, saya kasih nilai 5.
  • Dari segi fitur saya kasih nilai 8.
  • Dari segi kualitas suara dapat nilai 7
  • Dari segi harga saya kasih nilai 7.
  • Nilai rata-ratanya adalah 6.75.

Apakah saya merekomendasikan headphone Bluetooth ini? Kalau sobat tidak masalah dengan desainnya, maka headphone ini cukup saya rekomendasikan karena dapat menghasilkan kualitas suara yang jernih, detil dan juga punya fitur lengkap.


Seperti biasa, perlu sobat ingat, untuk review kualitas suara, kuping dan selera orang berbeda-beda, sangat disarankan soabt juga membaca atau melihat reviewer lainnya. Sobat juga bisa melihat video reviewnya dibawah ini:

- tag: sparkel blutut bluetoth rekomendasi murah meriah -



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 πŸ˜ƒ πŸ˜‚ πŸ˜… πŸ˜‡ 😈 πŸ˜‰ 😊 😌 😍 πŸ˜’ πŸ˜“ πŸ˜” 😳 πŸ˜– 😘 πŸ˜› 😑 😭 😱 😀 😎 πŸ‘ πŸ™

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas πŸš€

©2009-2019 gadoga.com - V23.03.9
Disclaimer | Kebijakan Privasi