Review Himax Pure II – Android quad core harga satu jutaan

18 September 2013

Saat ini masih banyak orang yang masih asing atau bahkan belum pernah mendengar merk Himax. Namun, nama ini tidak terlalu asing bagi komunitas pengggemar Android. Merk Himax terkenal dengan produknya yang menawarkan harga terjangkau namun dengan spesifikasi yang terbilang baik.

Sebelumnya Himax cukup sukses dengan produknya yang dinamakan Pure atau kalau diterjemahkan berarti murni. Pure adalah smartphone Android dengan processor dual core dan memiliki kamera 8 MP yang menurut klaim Himax, kamera yang digunakan sama dengan kamera iPhone 4s.

Yang akan kami review kali ini adalah produk penerus Pure yang diberi nama Himax Pure II. Smartphone ini memiliki processor quad core (4 inti), RAM 1 GB, kamera 8 MP dan layar berukuran 4.5 inchi qhd.

Pure II bisa dikatakan cukup sukses dipasaran. Hal ini terlihat dari banyaknya antusias pembeli, khususnya penggemar ponsel Android sampai-sampai saat artikel ini ditulis (18 september 2013) kami temukan dilapangan bahwa bagi Anda yang ingin mendapatkan ponsel ini harus bersabar karena stok-nya habis dan harus inden terlebih dahulu. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Dimana bisa mendapatkan ponsel ini? Baca terus dalam review Himax Pure II kali ini

Harga Himax Pure II bulan September 2013:

  • Baru: Rp. 1.400.000,-
  • Bekas: Rp. 1.000.000,-

Foto Himax Pure II

kelebihan kekurangan himax pure ii

Himax Pure II

harga himax pure ii

Kelebihan Himax Pure II

Processor Quad Core. Pure II menggunakan processor Qualcomm MSM8255Q berkecepatan 1.2 GHz. Bila dibandingkan dengan pesaing lain, Himax menawarkan ponsel Quad Core dengan harga yang lebih terjangkau. Saat ini di kisaran harga yang sama, ponsel Android merk terkenal masih banyak yang masih menggunakan processor single core atau hanya satu inti. Sementara untuk merk-merk lokal atau Cina masih menggunakan processor dual core.

Berdasarkan pengalaman pribadi, kelebihan dari penggunakan processor buatan Qualcomm adalah untuk lockingGPS-nya relatif lebih cepat dibandingkan processor buatan merk lain.

RAM 1 GB. Memori RAM (Random Access Memory) yang dimiliki oleh Pure II terbilang cukup besar. Efeknya ponsel ini cukup tangguh untuk digunakan multi tasking atau saat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi secara sekaligus atau secara bersamaan.

Kualitas layar cukup baik. Layar Himax Pure II memiliki ukuran 4.5 inchi dengan resolusi 540×960 pixel. Tampilan pada layar terlihat halus dan jernih. Teknologi layar yang disematkan antara lain IPS (In Plane Switching) yang menyebabkan sudut penglihatan atau viewing angle layar luas sehingga warna layar masih terlihat baik dan normal saat dilihat dari sudut miring. Layarnya juga menggunakan teknologi OGS (One Glass Solution) yaitu dimana lapisan proteksi, sensor touchscreen dan LCD berada dalam satu lapisan (kalau layar kapasitif umumnya dipisah). Teknologi OGS menjadikan layar Pure II menjadi lebih sensitif sentuhan.

Kamera cukup baik. Himax Pure II memiliki kamera belakang beresolusi 8 MP autofocus dilengkapi dengan lampu led flash. Sedangkan kamera depannya beresolusi 2 MP. Untuk kualitas kamera terbilang baik dan dapat diandalkan untuk menangkap momen.

Banyak tersedia ROM alternatif. Ponsel ini memilki nilai plus bagi Anda yang suka oprek ponsel Android, karena bila Anda kurang puas dengan sistem operasi bawaannya (sering disebut ROM) bisa menginstall ROM alternatif yang bisa di unduh (download) melalui forum Pure II.

Dual SIM Card. Himax Pure II memiliki dua slot SIM Card GSM Dual Standby sehingga Anda dapat menggunakan dua kartu dari operator yang berbeda. Cukup berguna misalnya jika Anda memiliki satu nomor yang sudah banyak orang tahu dan sayang untuk dibuang, namun Anda juga ingin menggunakan kartu dari provider lain yang memiliki tarif internet lebih murah atau lebih baik. Sayangnya yang dapat digunakan untuk koneksi internet 3G hanya salah satu SIM Card saja.

Dual Mic. Smarthone Android ini memiliki dua buah mic. Fungsi mic tambahan adalah sebagai noise reduction atau untuk mereduksi gangguan suara yang berisik atau tidak perlu sehingga menghasilkan kualitas suara yang lebih baik saat digunakan menelpon.

Memiliki lampu notifikasi. Himax Pure II memiliki lampu LED indikator yang berguna untuk memberitahu apabila ada pesan atau notifikasi yang masuk. Hal yang sebenarnya terbilang simple namun sering dilupakan oleh banyak produsen ponsel.

Komunitas pengguna cukup banyak. Keberhasilan suatu produk terkadang ditentukan dari komuntas penggunanya. Semakin banyak yang menggunakan suatu produk maka akan semakin mudah mendapatkan informasi atau dukungan bila mengalami masalah atau bila ingin mengutak-atik ponsel Android. Saat ini pengguna Himax Pure II terbilang cukup banyak dan dapat ditemukan di forum-forum, misalnya di kaskus.co.id.

Lain-lain. Himax Pure II dapat digunakan sebagai personal wifi hotspot (tether), memiliki Bluetooth 3.0 yang lebih hemat daya. Sensor sensor yang dimiliki diantaranya Ambient light sensor untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis, Proximity sensor untuk mematikan layar secara otomatis ketika posisi ponsel berada di kuping saat digunakan menelpon dan juga sensor Accelerometer (sensor gravitasi).

Kekurangan Himax Pure II

Sistem Operasi Bawaan kurang stabil. Beberapa pengguna yang telah memiliki Himax Pure II mengatakan bahwa sistem operasi bawaan terasa kurang sempurna. Misalnya baterai dirasakan terlalu boros, sinyal kurang kuat dan juga perpindahan menunya terasa sedikit kurang smooth (lancar).

Kondisi ini dapat diatasi dengan relatif mudah yaitu dengan cara menginstall sistem operasi Android versi lain atau versi modifikasi. Hanya saja, tidak semua orang bisa atau mengerti cara installnya. Namun, sekiranya hal ini tidak menjadi halangan bagi Anda yang ingin membeli Pure II, karena untuk yang keluaran produksi terbaru dikatakan akan mendapatkan update ROM yang lebih baik.

Tidak ada Compass. Himax Pure II tidak memiliki sensor kompas / penunjuk arah mata angin. Jadi, untuk menunjukkan arah Anda harus mengaktifkan GPS dan aplikasi Maps lalu bergerak maju agar posisi Anda diketahui arahnya berdasarkan pergerakan yang dilakukan.

Lokasi penjualan dan jaringan service center yang masih terbilang jarang. Saat ini bisa dikatakan masih sulit untuk mendapatkan Himax Pure II di toko-toko namun Anda dapat memesannya secara online di himax-indonesia.com. Untuk jaringan service centernya sudah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia, namun bila dibandingkan dengan merk global tentu saja saat ini masih kalah banyak.

Lain-Lain

GPU biasa-biasa saja. Graphic Processing Unit atau prosesor grafis yang digunakan oleh Himax Pure II adalah Adreno 203. GPU ini masih termasuk dalam entry level atau memiliki performa biasa-biasa saja. Sebenarnya apabila dilihat dari harga yang ditawarkan, kita tidak bisa mengeluh karena GPU ini juga banyak digunakan oleh produsen lain dan sudah cukup kuat untuk memainkan game-game HD (high definition).

Kesimpulan review Himax Pure II

Himax bisa dikatakan cukup jeli melihat pasar dan menyadari bahwa saat ini banyak masyarakat Indonesia yang bisa dikatakan melek teknologi dan dapat membedakan ponsel Android yang memiliki spesifikasi bagus dan yang tidak.

Apabila Anda ingin memiliki sebuah ponsel Android dengan spesifikasi baik namun dengan harga terjangkau, maka Himax Pure II bisa dijadikan pilihan. Hanya saja Anda perlu sedikit usaha lebih bila ingin mendapatkan ponsel ini karena saat ini masih cukup sulit untuk mendapatkannya.



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi