Review KZ BTE


22 Maret 2019 Oleh Ted


KZ BTE adalah earphone Bluetooth yang menggunakan dua driver atau “speaker”. Satu menggunakan jenis dynamic driver untuk menghasilkan suara bass yang baik. Dan satu lagi menggunakan jenis balanced armature untuk menghasilkan suara treble dan detil yang baik.

Harga KZ BTE ada di kisaran 300 ribuan. Saya beli ini dengan uang sendiri dan review ini adalah murni pendapat pribadi saya setelah pemakaian hampir 3 bulan

Isi Paket Penjualan

Review KZ BTE Indonesia Knowledge Zenith

  • Box.
  • Kertas manual Bahasa Inggris dan cina.
  • Kertas Garansi Internasional.
  • Kertas petunjuk singkat.
  • Kabel charger pendek. 
  • Eartips ukuran L dan S. Yang ukuran M terpasang di unitnya.
  • 1 unit KZ BTE

Kualitas suara

Mari kita langsung bahas bagian terpentingnya yaitu kualitas suaranya.

Bass

Untuk Bass-nya terasa punchy atau terasa cukup nendang lah. Kalau untuk sub-bass atau bass yang frekuensi rendah, dibawah 60Hz terasa cukup tapi tidak sedalam seri KZ yang pakai kabel.

Beberapa orang bilang bass KZ BTE terasa kurang, tapi itu bisa jadi karena pemasangan yang kurang pas atau mungkin salah pakai ukuran eartips. Karena saya mengalami, kalau pemasangan eartips tidak pas, suara bass-nya memang langsung berkurang drastis.

Selain itu, kalau dalam volume tinggi, suara Bass terasa agak pecah. Kalau mau tetap enak kita perlu atur equalizer sedikit. Tapi kalau dalam volume normal, bass terasa enak kok, jangan khawatir. Sederhananya, orang pada umumnya akan merasa kuantitas bass terasa cukup dan pas. Tapi kalau untuk bass head atau yang mengidolakan bass diatas yang lain mungkin agak sedikit terasa kurang.

Mids

Untuk suara mids terasa “kaya” dalam arti semua instrument terdengar dengan jelas dan cukup detil. Untuk suara vokal juga terdengar dengan jelas dan menurut saya pas di tengah, ga terlalu kedepan atau kebelakang.

High

Untuk suara high dan treble terdengar relatif baik. Detail high masih dapet tapi kalau di beberapa jenis lagu mungkin agak sedikit terasa terasa terlalu “tajam” atau menyayat telinga, tapi hanya sedikit saja dan kita bisa atur melalui equalizer agar lebih enak didengar.

Separasi

Untuk separasi atau pemisahan satu instrument dengan yang lain terbilang cukup.

Sound Stage

Untuk sound stage tidak terlalu luas tapi masih lumayan.

Overall, karakter suara KZ BTE menurut saya lebih ke arah balanced, bass cukup, mid cukup, dan high juga cukup. Tidak ada yang dominan. kalau digambarkan di equalizer kurang lebih seperti dibawah ini.

Cocok untuk dipakai mendengarkan berbagai jenis genre lagu.

Kualitas Mic

Kalau untuk kualitas mic saat digunakan menelpon, saya merasa agak sedikit kecil. Kita harus dekatkan lubang mic ke mulut agar jelas.

Desain

Sekarang kita masuk ke desain. Walau KZ BTE ukurannya terlihat cukup besar, tapi ternyata saat digunakan terasa nyaman dan sama sekali tidak ada yang mengganjal alias nyaman untuk digunakan.

Eartips yang diberikan terasa lumayan dan cukup nyaman, tapi bagi saya agak sedikit terasa kurang lembut. Desain dan bahan yang digunakan mirip dengan beberapa seri KZ lainnya. Isolasi suara terbilang baik kalau pemasangannya pas. Kalau mau memaksimalkan kualitas suaranya, saya rasa kita perlu ganti atau beli eartips yang lebih baik.

Berat

Untuk beratnya termasuk ringan, hanya 18 gram saja karena hampir semua material terbuat dari plastic.

Tombol-Tombol

Semua tombol terletak di bagian kanan.

  • Tombol Plus untuk menaikkan volume. Tekan dan tahan untuk menuju lagu selanjutnya.
  • Tombol Play untuk menjalankan dan menghentikan lagu. Tekan dan tahan untuk mematikan atau menyalakan unit.
  • Tombol minus untuk mengurangi volume. Tekan dan tahan untuk menuju lagu sebelumnya.
  • KZ BTE ada fitur yang dinamakan shocking bass. Cara mengaktifkannya dengan menekan tombol Volume atas bawah secara bersamaan. Saat saya coba, tidak terasa perbedaan yang terlalu signifikan. Hanya terasa seperti volumenya naik satu level saja, untuk kuantitas bass tidak terlalu terasa perbedaannya.

Port micro USB untuk cas ada di samping tombol. Di bagian kiri hanya ada pemberat. Fungsinya agar kabel seimbang atau tidak ketarik hanya ke sisi kanan saja.

Panjang kabel 85cm dan menurut saya ini terlalu panjang. Juga, kabel yang digunakan adalah kabel biasa atau bukan kabel memori, jadi saat dipakai itu terlihat cukup berantakan atau tidak rapi dan kalau kita pakai tas ransel, kadang suka tersenggol saat lepas pasang tas. Apalagi kalau pakai tas slempang akan terasa kurang nyaman.

Kabelnya tidak bisa dilepas pasang alias permanen. Kalau dipakai untuk olahraga sih masih lumayan nyaman, tapi kalau seandainya kabelnya lebih pendek dan juga jenis memori, pasti akan lebih baik.

Ketahanan Air

KZ BTE memiliki rating IPX6, artinya tahan percikan air dan keringat, tapi tidak untuk dibawa berenang atau di dalam air.

Build Quality

Build quality KZ BTE terbilang baik. Walau terbuat dari plastik, tapi kita bisa melihat bahwa plastic yang digunakan berkualitas baik. Kalau soal keindahan desain, itu balik lagi ke selera masing-masing.

Konektivitas

Sekarang kita akan bahas konektivitas. KZ BTE dilengkapi dengan teknologi aptX yang menurut promosinya akan menghasilkan suara lebih jernih dan lancar dibanding yang tidak pakai teknologi ini. Tapi bagi saya, teknologi aptX ini terlalu di gembor-gemborkan dan kalau dari pengalaman, tidak terlalu terasa bedanya.

Untuk jangkauan koneksi di klaim mencapai 10m. Tapi dari prakteknya, saya merasa stabil kalau jaraknya dibawah 8m. Diatas itu kadang suka putus-putus.

Untuk proses pairing terbilang cepat dan tidak ada masalah sama sekali. Dia support multi connection, jadi bisa terhubung dengan dua device berbeda pada saat bersamaan. Tapi tidak bisa mengeluarkan suara dari dua device secara bersamaan, jadi harus bergantian.

Kita bisa melihat kapasitas baterai di layar notifikasi. Tapi ini tergantung dari handphonenya support atau tidak fitur ini.

Kapasitas baterai 130 mAh dan dapat digunakan secara nonstop sekitar 6-8 jam, tergantung tingkat volume yang digunakan. Menurut saya daya tahan baterainya tidak terlalu lama sih tapi sudah lumayan.

Untuk latensi atau jeda, saat digunakan untuk menonton video terasa tidak ada jeda atau antara gambar dan suara sinkron. Saya tidak bisa tes latensi untuk main game, karena dari beberapa game Android yang saya install, entah kenapa kalau terkoneksi dengan headset Bluetooth, bukan hanya KZ BTE saja, jadi lag atau patah-patah.

Spesifikasi:

  • Charging Time: 2h 
  • Compatible with: Computer,iPhone,Mobile phone,Portable Media Player 
  • Connecting interface: Micro USB 
  • Connectivity: Wireless 
  • Driver unit: 8mm 
  • Frequency response: 7Hz - 40KHz 
  • Impedance: 18ohms 
  • Music Time: 8h 
  • Sensitivity: 101dB 
  • Standby time: 100h
  • Talk time: 8h
  • Battery Capacity(mAh): 130mAh
  • aptX dual driver (8mm dynamic driver + balanced armature)

Kesimpulan

Nilai akhir KZ BTE dari skala 1-10 adalah:

  • Kualitas Suara saya kasih nilai 7
  • Desain saya kasih nilai 6 karena masalah kabelnya.
  • Build Quality saya nilai 7
  • Fitur saya kasih nilai 7.5
  • Harga berbanding kualitas saya kasih nilai 7
  • Nilai rata-ratanya adalah 6.9

Kesimpulannya, untuk ukuran harganya, KZ BTE cukup saya rekomendasikan karena menghasilkan suara yang lumayan enak dan cocok dipakai untuk mendengarkan berbagai genre lagu. Kekurangan utama dari earphone Bluetooth ini menurut saya hanyalah kabel yang terlalu panjang dan daya tahan baterai yang standar.

Kalau sobat berminat, sebelum memutuskan untuk beli saya menyarankan untuk baca atau tonton juga review KZ BTE dari reviewer lainnya, karena untuk urusan kualitas suara, itu bisa sangat subjektif dan dipengaruhi oleh selera dan kuping orang.


Tonton juga video reviewnya dibawah ini:

-knowledge zenith, waterproof, water resist, sport, berenang, gym, lari, fitness, jogging, rekomendasi, murah, meriah-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2019 gadoga.com - V23.03.9
Disclaimer | Kebijakan Privasi