Review Lengkap Honor Band 5 VS Honor Band 4


18 Agustus 2019 Oleh Ted

Saya kasih kesimpulan di awal:

  • pertama, Honor Band 5 layak untuk dibeli dan merupakan pesaing berat Mi Band 4.
  • Kedua, kalau kamu sudah punya Honor Band 4, maka kamu tidak perlu beli Honor Band 5 karena perbedaannya tidak terlalu signifikan. Kecuali kamu sering naik gunung tinggi atau punya penyakit asma dan semacamnya, maka perlu dipertimbangkan beli Honor Band 5 yang nanti kita jelaskan.

Yang sebelah kiri adalah Honor Band 5, saya singkat HB5 dan yang sebelah kanan yang saya kasih karet warna pink untuk membedakan, adalah Honor Band 4, saya singkat HB4.


Perbedaan Honor Band 5 Vs Honor Band 4

Perbedaan pertama adalah HB5 sudah memiliki fitur pengukur kadar oksigen darah (Sp02).

Perbedaan kedua, Honor Band 5 memiliki pilihan Watch Face yang lebih banyak dan lebih bervariasi.

Perbedaan ketiga, Honor Band 5 menggunakan Bluetooth versi 5.0, sedangkan Honor Band 4 Versi 4. Ini artinya koneksi HB5 lebih hemat daya, lebih stabil dan juga lebih cepat. Tapi dalam praktek aktualnya, saya tidak terlalu merasakan perbedaan yang signifikan.

Perbedaan keempat, tampilan ikon Honor Band 5 lebih bagus menurut saya dan ada penambahan dalam mode olahraga. Yang nanti kita bahas lebih detil.

Selain Kelima perbedaan utama diatas, ada perbedaan-perbedaan kecil yang tidak terlalu signifikan. Misalnya kalau kita tap saat tampilan jam, Honor Band 5 menambilkan informasi tambahan yaitu prakiraan cuaca yang terlihat kecil sekali. Lalu Honor Band 5 punya 5 tingkat pengaturan kecerahan, sementara HB 4 hanya ada 3.

Dan tulisan Honor di tali jam yang sedikit beda.

Serta warna di bagian sensor detak jantungnya juga sedikit berbeda. Kalau HB5 di bagian ovalnya warna doff, sedangkan HB4 warna hitam mengkilat dan beberapa hal lain yg menurut saya tidak terlalu siginifikan sampai perlu dibahas.

Kalau sobat mengetahui perbedaan signifikan lainnya yang terlewat oleh saya, silahkan info di kolom komentar.

Soal harga, kalau di luar negeri HB4 dan 5 dijual dengan harga yang sama. Kalau disini karena HB5 masih relative baru, dijual dengan harga 70 – 90 ribu lebih mahal. HB5 saya beli dengan harga 458 ribu beberapa saat yang lalu, mungkin sekarang sudah turun.

Persamaan Huawei Honor Band 4 & Honor Band 5

Sekarang kita bicara tentang persamaannya dengan Honor Band 4.

Yang pertama, HB5 menggunakan body yang sama dengan HB4. Dimensinya sama dengan desain mengotak yang terlihat ramping dengan layar depan yang sedikit melengkung.

Tali Honor Band 5 bisa dipasang di Honor Band 4 dan sebaliknya. Jenis talinya masih sama, terasa lembut saat digunakan dan sistem penguncinya seperti jam biasa bukan snap on.

Di posisi lubang terpendek, panjang tali kurang lebih 14 cm. Di posisi lubang terluar, panjang tali 22 cm lebih. Ini artinya Honor Band 5 bisa digunakan oleh orang yang memiliki pergelangan tangan besar maupun kecil.

Model docking chargernya juga sama. Kita bisa pakai charger HB4 untuk HB5 dan sebaliknya. Untuk mengecas kita tidak perlu buka tali.

Berat juga sama, yaitu 22 gram. Ketahanan air juga sama-sama 5ATM jadi aman dipakai berenang, tapi tidak untuk diving.

Untuk kualitas layar juga sama, berukuran 0.95 inch, resolusi 120x240 pixel menggunakan jenis AMOLED yang tampilannya halus sekualitas layar HP, sudut penglihatan bagus dan dibawah terik matahari juga masih terlihat jelas. Layarnya dilindungi tempered glass yang cukup tahan gores untuk kegiatan sehari-hari. Tapi tetap saja ada kemungkinan layar gores jika terkena pasir halus.

Persamaan yang kedua, daya tahan baterainya kurang lebih sama, yaitu sekitar 4-5 harian dengan fitur trusleep on, continues heart rate auto, dan dipakai olahraga total 1-2 jam. Lama pengecasan sekitar 1.5 jam sampai full.

Yang ketiga, keduanya punya NFC untuk pembayaran Alipay yang hanya bisa digunakan di Cina saja. Kalau di Indonesia tidak ada gunanya.

Yang keempat, untuk tingkat akurasi heart rate, steps, sleep monitor dan lainnya memberikan hasil yang mirip dengan Honor Band 4.

Yang kelima, untuk menggunakan HB5 atau 4, kita perlu pairing dengan ponsel dan menginstall aplikasi yang sama, yaitu Huawei Health. Seterlah terpairing, menu pengaturan di dalamnya sangat mirip, kecuali HB5 ada tambahan menu instalasi Watch Face.

Singkatnya, dari segi fitur dan yang lainnya bisa dibilang tidak ada perbedaan yang berarti kecuali perbedaan yg tadi disebutkan di awal.

Review Huawei Honor Band 5

Sekarang mari kita review Honor Band 5. Untuk menyalakan layar, kita bisa tekan tombol kapasitif yang ada di depan atau dengan menggerakkan lengan kita. Layarnya tidak bisa di setting always on tapi saya suka sensitifitas sensornya karena setiap saya gerakkan lengan, dia selalu menyala.

Sebenarnya di menu pengaturan ada fitur untuk tetap menyalakan layar selama 5 menit, tapi fitur ini hanya sekali pakai. Jadi setelah 5 menit dan layar mati, kita perlu masuk lagi ke setting untuk pakai fitur ini lagi.

Cara Pengoperasian

Honor Band 5 tidak memiliki tombol fisik apapun. Untuk cara pengoperasian, tap layar untuk melihat status koneksi dan baterai. swipe kanan untuk langsung masuk menu notifikasi. Swipe atas atau bawah untuk masuk menu.
Swipe kanan untuk kembali satu menu sebelumnya. Atau tekan tombol HOME untuk langsung kembali ke standby. Dari menu standby, kita bisa sentuh dan tahan layar beberapa detik untuk memilih watch face.

Menu Status

Menu status menampilkan jumlah langkah hari ini. Kalori, jarak dan yang warna biru dengan icon stopwatch adalah intensitas latihan berdasarkan jumlah langkah dan data detak jantung. Disarankan data ini menunjukkan 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Lalu yang bawah yg warna merah dengan gambar bangku dan orang adalah informasi apakah setiap jam kita sudah berdiri selama 1 menit dalam kurun waktu 12 jam dari jam 7 Pagi sampai jam 7 malam. 5/12 berarti dalam waktu 12 jam, saya telah berdiri selama lebih dari 1 menit tiap jam sebanyak 5 kali. Angka yang bagus adalah 12/12 (tiap jam berdiri 1 menit). Sedangkan hasil yang terburuk adalah 0/12: artinya dalam waktu 12 jam Anda tidak pernah berdiri sama sekali (duduk terus).

Dari data status ini bisa ketahuan bahwa saya kurang olah raga dan terlalu banyak kerja duduk di kantor.

Apakah jumlah steps Honor Band 5 bertambah ketika naik motor?

Untuk jumlah steps tidak bertambah ketika saya naik motor, kecuali jalanannya rusak sekali terkadang steps bertambah tapi tidak terlalu banyak. Bisa dilihat ini saya pakai 18 menit lebih naik motor tidak ada penambahan steps. Kalau kamu naik mobil, maka steps tidak akan tambah.

Menu Heart Rate

Menu heart rate untuk melihat detak jantung dan ini cukup akurat. Cara saya cek akurasinya adalah dengan penghitungan manual. Caranya siapkan stopwatch atau jam, lalu tinggal gunakan tangan untuk merasakan denyut nadi di pergelangan tangan atau di leher lalu hitung saja berapa jumlah detak jantung selama satu menit. Atau kalau mau cepat, hitung selama 15 detik lalu tinggal dikali 4.

Fitus Sp02

Fitur Sp02 atau pengukur kadar oksigen darah. Untuk tes, tangan harus benar-benar diam. Kalau gerak sedikit akan gagal menunjukan hasil. Jika seseorang mengalami kondisi kadar oksigen yang rendah atau dibawah 90%, akan mengalami kondisi yang dinamakan hipoksemia. Kadar oksigen darah yang rendah dapat menyebabkan pusing, nafas pendek dan dalam kasus yang parah dapat menyebabkan gangguan jantung dan otak.

Hipoksemia bisa dialami oleh penderita asthma atau gangguan paru-paru lainnya; orang berpenyakit jantung atau ketika kita berada di pegunungan yang tinggi dengan kadar oksigen rendah. Jadi, fitur ini sepertinya berguna untuk yang suka mendaki gunung untuk mengetahui kadar oksigen darah. Hanya saja saya tidak bisa pastikan seberapa akurat fitur ini.

Kalau sobat ada yang sering naik gunung tinggi, bisa tes fitur ini lalu info di kolom komentar apakah kadar oksigen di pegunungan terdeteksi lebih rendah atau tidak. Bagi saya, yang sepertinya dalam beberapa tahun kedepan tidak ada kesempatan naik gunung dan juga tidak punya penyakit asma, sepertinya fitur ini akan sangat jarang saya gunakan.

Fitur Sleep Monitor

Lalu Fitur Sleep Monitor yang akurat. Untuk lihat detil kualitas tidur bisa pakai aplikasi Health. Yang saya suka adalah HB5 bisa deteksi tidur siang atau nap time yang akan otomatis ditambah dengan waktu total tidur semalam atau kalau semalam tidak tidur akan ada data baru yang ditampilkan. Ini berguna bagi kamu yang kerja shift malam. Ini adalah salah satu kelebihan Honor Band 5 jika dibandingkan dengan pesaingnya Mi Band 4 yang tidak bisa deteksi tidur siang.

Tingkat akurasinya sama dengan Honor Band 4, diatas bisa dilihat waktu tidur HB4 dan 5 pada tanggal yang sama hasilnya 99% sama, Cuma beda 1 menit saja. Dan dari segi fitur sleep monitor, Honor Band 4 atau 5 lebih akurat dibanding Mi Band 4.

Fitur Work Out

Di dalam fitur work out ada pilihan beberapa pilihan seperti terlihat di layar. Memang pilihan aktifitasnya lebih banyak dibanding HB4, contohnya di HB5 ada pilihan Rower atau mendayung. Tapi sebenarnya ini hanya menampikan info yang sama seperti Free Training yaitu data detak jantung, waktu, dan kalori. Jadi hanya menambah tagging laporan saja tapi dari fitur tdk ada yang baru, misalnya untuk deteksi gerakan angkat beban atau sit up, push up dan sebagainya itu tidak bisa. Berikut adalah tampilan informasi saat fitur walk berjalan.

Sedangkan berikut ini tampilan fitur Swimming. Kita tidak bisa operasikan layar saat basah. Ini normal untuk semua perangkat touch screen. Untuk akurasi renangnya saya kategorikan baik karena bisa menghasilkan data SWOLF, silahkan Google sendiri apa itu SWOLF. HB5 juga dapat mendeteksi gerakan renang dengan baik. Misalnya ketika saya renang gaya bebas akan terdeteksi freestyle seperti yg terlihat pada contoh hasil laporan renang dibawah.

Apakah Honor Band 5 bisa digunakan tanpa terkoneksi ke ponsel?

Kita tidak harus bawa handphone saat berolahraga karena HB5 bisa berfungsi dengan normal walau tidak terkoneksi ke handphone. Hanya saja, kalau kamu butuh peta rute latihan, maka kita harus bawa handphone dan mulai latihan dari aplikasi Health di ponsel. Hal ini dikarenakan HB5 tidak punya GPS, jadi kita perlu pinjam GPS ponsel untuk rekam rute peta latihan. Tapi kalau kamu olahraga tanpa bawa handphone, maka data latihan tidak akan menampilkan peta rute jalur latihan yang dilewati.

Sebagai catatan, Honor Band 5 tidak harus di pairing / digunakan dengan ponsel Huawei, tapi HB5 bisa bekerja dengan normal ketika disandingkan dengan ponsel Android merk lain atau dengan iPhone.

Tingkat Akurasi Steps

Saya coba tes tingkat akurasi steps dengan berjalan sebanyak 500 langkah beberapa kali. Hasilnya HB5 menunjukkan perbedaan jumlah langkah tidak sampai 10. Sebagai contoh HB5 menunjukkan 506 langkah dibanding dengan 500 langkah aktual yang saya hitung pakai counter. Dan pada percobaan kedua, menunjukkan 498 langkah, Cuma beda 2 langkah saja. Jadi tingkat akurasi mencapai 99%

Fitur Pesan

Berikut adalah tampilan fitur pesan.

Yang saya suka dari HB5 adalah lis pesannya rapi atau ada judul pesannya. Tapi yang saya kurang suka adalah dia tidak menampilkan icon aplikasi apa. Jadi tidak bisa langsung tahu ini pesan dari WhatsApp atau Instagram atau yg lain. Untuk jumlah maksimum pesan yang bisa ditampilkan, sama dgn HB4, yaitu 10 pesan terakhir dengan jumlah karakter yang bisa ditampilkan dalam satu pesan juga sama, yaitu sekitar 130 karakter termasuk spasi.

Tidak support Emoticon atau menampilkan foto di pesan. Kita tidak bisa balas pesan langsung dari HB5, jadi Cuma untuk lihat notifikasi saja.

Untuk cara handle pesan-nya, setelah baca pesan, kalau kita tekan tombol HOME akan langsung kembali ke menu standby dan tidak menghapus pesan. Kalau kita swipe kanan dia akan menghapus pesan yang sudah terbaca.

Apakah HB5 Mengeluarkan suara?

Honor Band 5 tidak mengeluarkan suara sama sekali. Semua notifikasi adalah mode getaran yang cukup kuat.

Bisa digunakan untuk angkat telepon?

HB5 tidak bisa digunakan untuk angkat telepon, hanya ada pilihan untuk menolak panggilan.

Fitur Lain

Di dalam menu More ada fitur Timer atau penghitung waktu mundur dengan waktu maksimal adalah 11:59:59
Fitur Stopwatach yang tidak istimewa. Pilihan watch face yang nanti kita bahas lagi. Pengaturan Brightness. Screen on, Status Baterai. Fitur Find phone, jika kita klik fitur ini maka handphone akan mengeluarkan suara "I'm here". Fitur ini berfungsi selama Bluetooth terkoneksi.

Lalu di dalam menu system ada pilihan Reset, Restart, Power OFF, Regulatory dan About. Kalau kamu mematikan HB5, untuk menyalakannya lagi adalah dengan cara sambung ke charger.

Pengaturan Lain

Untuk pengaturan lainnya, kita perlu akses dari aplikasi Health. Diantaranya untuk menginstall Watch Face. Pilihannya jauh lebih banyak dibandingkan HB4. Saat artikel ini tayang ada 40 Watch Face yg bisa dipilih.

Yang saya suka adalah kalau Watch Face sudah terinstall, kita bisa pilih langsung di jam-nya tanpa perlu buka ulang aplikasi Health di ponsel. Jumlah Watch Face yang bisa terinstall di HB5 adalah sebanyak 15 Watch Face. Tapi sayangnya kita tidak bisa install Watch Face Custom dengan foto sendiri atau saya belum tahu caranya untuk saat ini.

Beberapa Menu Pengaturan di aplikasi Health:

  • Aktifkan fitur TruSleep untuk deteksi kualitas tidur yang lebih akurat, tapi akan sedikit memboroskan baterai.
  • Kalau Activity Reminder atau sedentary reminder aktif, tiap satu jam HB5 akan bergertar dan beri peringatan kalau kita selama 1 jam duduk terus.
  • Pengaturan Alarm bisa simpan 5 Alarm.
  • Jika Do Not Disturb aktif, maka HB5 tidak akan menerima notifikasi. Kita bisa atur agar otomatis aktif ketika HB5 tidak digunakan.
  • Pengaturan aplikasi apa saja yg bisa kirim notifikasi.
  • Info Prakiraan Cuaca.
  • Bluetooth disconnection Reminder yang akan beri notifikasi kalau koneksi Bluetooth terputus.
  • Pengaturan urutan fitur di jam dan juga untuk sembunyikan fitur.
  • Pengaturan untuk nyalakan layar dengan gerakan tangan (Raise to wake).
  • Pengaturan untuk pindah menu pakai gerakan tangan (Rotate to switch screen).
  • Update firmware.
  • Fitur untuk memperingatkan ketika detak jantung melebihi batas aman.
  • Pilihan Satuan ukuran metric atau Imperial
  • Data sharing ke Google Fit atau MyFitnessPal, kalau sharing ke Strava tidak bisa atau saya tidak tahu caranya.

Sedangkan fungsi aplikasi Health lainnya adalah untuk lihat data steps, kualitas tidur, riwayat data latihan dan sebagainya.


Hal yang tidak ada di Honor Band 5:

  • HB5 tidak ada GPS, kompas dan juga barometer.
  • Tidak ada fitur music controller
  • Fitur Shutter Camera hanya berfungsi di beberapa tipe ponsel Huawei. Tapi kalau HB5 di pairing dengan ponsel merk lain, fitur shutter camera tidak ada.
  • Sama seperti fitur smart unlock untuk buka kunci layar, hanya berfungsi di ponsel Huawei saja. Kalau di ponsel merk lain, kita tidak bisa pakai fitur smart unlock.
  • Ini bukan berarti Honor Band 5 hanya bisa dipakai di ponsel Huawei saja ya, HB5 bisa di pairing dengan berbagai merk ponsel dan iPhone.
  • Kita tidak bisa lihat riwayat data latihan sebelumnya langsung di jam. Jadi perlu buka aplikasi Health dulu untuk lihat.
  • Honor Band 5 tidak atau belum support Bahasa Indonesia, tapi kalau aplikasi Health di ponselnya bisa dirubah jadi Bahasa Indonesia.

Hal yang saya suka dari Honor Band 5

Yang pertama, walau layar tidak bisa always on, tapi sensitifitas sensor fitur raise to wake sangat baik.

Kedua, untuk cas kita tidak perlu copot tali.

Ketiga, tingkat akurasi sensor-sensornya baik, khususnya fitur sleep monitor yang lebih baik dari Mi Band 4.

Keempat, saya suka tampilan pesan yang rapi.

Kelima, saya suka karena banyak watch face yang terinstall langsung di Honor Band 5 tanpa harus buka aplikasi Health.

Kekurangan Honor Band 5

Sedangkan kekurangannya adalah tidak bisa install custom watch face. Dan yang kedua adalah, harga spare part talinya tidak semurah Mi Band 4 dan pilihan model talinya juga kurang banyak. Yang ketiga, tidak ada fitur music controller, padahal fitness tracker yang murahan sekalipun biasanya ada fitur ini.


Kesimpulan

Honor Band 5 adalah fitness tracker dengan tingkat akurasi yang baik. Cocok bagi kamu yang butuh alat untuk memantau aktifitas olahraga atau aktifitas sehari-hari, mengetahui kualitas tidur dan juga untuk mengetahui seberapa seberapa sehat-kah gaya hidup yang kamu lakukan setiap hari. Dibawah ini adalah video review dari Honor Band 5:



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2019 gadoga.com - V23.04.1
Disclaimer | Kebijakan Privasi