Review Lenovo Watch X


16 November 2018 Oleh Ted

Ini adalah artikel review Lenovo Watch X, dan seperti biasa, dalam artikel kami, sobat akan menemukan beberapa hal yang sepertinya belum dibahas oleh reviewer lainnya.


Kelebihan Lenovo Watch X

Desain & Build Quality

Kita bahas kelebihannya dulu. Kelebihan pertama dan yang menurut saya menjadi daya jual utama jam ini adalah build quality dan tampilannya. Jujur saja saat pertama kali membuka paketnya, kesan pertama saya biasa-biasa saja. Tapi setelah saya gunakan beberapa hari dan saya lihat-lihat, ternyata desain jam ini cukup keren juga.

Case dan back case jam ini saya tidak bisa pastikan terbuat dari apa, tapi sepertinya terbuat dari stainless steel dan overall, build quality jam ini terbilang baik.

Saya suka dengan strap yang digunakan yaitu jenis Milanese, membuatnya terlihat klasik dan masih bisa digunakan untuk ke acara resmi. Tapi karena desain dial-nya lebih ke arah sporty, jam ini juga masih masuk ketika digunakan sehari-hari. Jadi untuk santai bisa, untuk resmi juga bisa.

Bahan strap terbuat dari stainless steel sehingga akan awet dalam jangka waktu yang cukup lama dan pengunci talinya menggunakan jenis magnet sehingga bisa fleksibel menyesuaikan ukuran pergelangan tangan dan kita bisa mengatur agar jam bisa rapat menempel tetapi tetap nyaman.  Ini berguna ketika menggunakan fitur pendeteksi detak jantung agar bisa menghasilkan data yang akurat.

Lenovo Watch X menggunakan tali jam ukuran 20mm yang biasa. Jadi kalau kurang suka dengan tali jenis Milanese, kita bisa gunakan tali jam biasa ukuran 20mm yang banyak dijual di toko jam. Anyway, ini ukuran talinya sama persis seperti Amazfit Bip, jadi kita bisa pakai tali punya Amazfit Bip.

Kaca Lenovo Watch X terbuat dari safir sehingga tahan terhadap goresan. Dan selain itu, kacanya ini 100% rata dan tidak cembung. Jadi, kalau seandainya kaca jam ini pecah karena jatuh misalnya, kita bisa menggantinya dengan kaca jam biasa di toko service jam.

Daya Tahan Baterai

Kelebihan kedua adalah baterai yang awet. Diklaim menggunakan baterai berukuran 600 mAh dengan daya tahan mencapai 45 hari. Aktualnya adalah, baterai berkurang sekitar 3 – 4% setiap hari dengan pemakaian jam selalu terkoneksi ke handphone jadi selalu terima notifikasi dan juga saya mengaktifkan fitur raise to wake; fitur ini akan membuat setiap kali saya arahkan jam ke arah wajah, fitur digitalnya akan menyala tanpa harus memencet tombol. Fitur ini tentu saja akan membuat baterai lebih boros.

Dengan pemakaian seperti ini, estimasi jam bisa digunakan selama 25 hari tanpa perlu dicas. Kalau mau lebih awet baterainya, bisa dimatikan fitur raise to wake dan kita juga bisa menonaktifkan Bluetooth di jam. Jika dengan pengaturan seperti ini, saya rasa daya tahan 45 hari bisa tercapai.

Untuk kabel charger Lenovo adalah model magnet yang tidak akan bisa menempel kalau kita pasang terbalik. Lama pengecasan dari 0% sampai full kurang lebih 2,5 jam.

Water Resist 8 ATM

Kelebihan ketiga adalah Lenovo Watch X tahan air 8 ATM sehingga aman dipakai untuk berenang. Di promosinya ada gambar orang diving, tapi saya tidak menyarankan dipakai untuk menyelam terlalu dalam karena kalau dari pengalaman saya, 8ATM itu tidak cukup kuat dipakai untuk diving. Kalau mau diving, cari jam yang water resist 20 BAR atau 20ATM. Selain itu, saat di dalam air, disarankan tidak memencet tombolnya karena gerakan dari tombol bisa memberi peluang air untuk masuk.

Kemudahan Penggunaan Fitur

Kelebihan keempat adalah mudah untuk menggunakan fitur deteksi detak jantung. Dan kita juga bisa dengan mudah melihat data kualitas tidur kita semalam langsung di jam. Beberapa smartwatch lainnya untuk menggunakan fitur sleep monitor perlu buka aplikasi dulu, tapi kalau di Lenovo watch X bisa langsung lihat di jam. Selain itu, jam ini juga memiliki fitur pengukur tekanan darah yang akan kita bahas lebih detil nanti.

Multi Koneksi

Kelebihan kelima, walaupun handphone terkoneksi dengan Lenovo Watch X lewat Bluetooth, tapi kita masih bisa terkoneksi dengan perangkat Bluetooth yang lain.

Dual Time

Kelebihan keenam, kita bisa set beda waktu antara jam analog dengan digital. Hal ini berguna jika kita keluar kota atau keluar negeri dan ada perbedaan waktu. Contohnya sobat bisa lihat jam analog menunjukkan 1 jam lebih awal dibanding jam digital. Kalau saya biasanya majukan jam analog 10 menit lebih awal biar saya ga terlambat.

KELEMAHAN LENOVO WATCH X

Aplikasi Lenovo Watch

Sekarang mari kita bahas kelemahanya. Yang pertama adalah aplikasi Lenovo yang buruk. Keburukan aplikasi Lenovo, contohnya adalah, fitur prakiran cuaca tidak bisa digunakan (saat artikel ini tayang). Dan yang kedua, untuk fitur notifikasi aplikasinya terbatas, hanya ada Whatsapp, Facebook, Twitter dan beberapa aplikasi yang hanya banyak digunakan di Cina. Tidak dapat menampilkan notifikasi dari Instagram dan aplikasi lainnya.

Lalu, loading aplikasinya lambat, kadang kalau ada pesan dari Whatsapp, tidak langsung dikirimkan notifikasinya ke jam dan juga koneksinya kurang stabil. Singkatnya, aplikasi Lenovo Watch masih sangat butuh banyak perbaikan. Bisa sobat lihat ratingnya di Play Store juga rendah.

Tapi Lenovo tidak tinggal diam, dalam waktu tidak sampai dua minggu, saya sudah mendapatkan upgrade firmware 2 kali dan update aplikasi 1 kali. Berharap untuk masalah software bisa segera terselesaikan, tapi saat artikel ini tayang, aplikasinya saya kasih nilai buruk.

History Pesan

Kelemahan kedua adalah, kita tidak bisa lihat history pesan yang masuk. Jadi kalau ada notifikasi dan kita melewatinya, kita tidak bisa lihat lagi. Dan karena layarnya kecil, kalau ada pesan masuk, kita hanya bisa baca dua baris pertama saja. Dan kalau nama kontaknya panjang, maka kita hanya bisa baca nama kontaknya saja tanpa bisa baca isi dari pesan.

Untuk notifikasi panggilan teleponnya juga hanya aktif beberapa saat saja. Kita tidak bisa angkat telepon langsung dari jam karena jam ini tidak dilengkapi speaker maupun microphone.

Tidak Dilengkapi GPS

Kekurangan ketiga adalah, jam ini tidak ada GPS, kompas dan juga tidak ada barometer. Jadi kita tidak bisa lihat peta atau map hasil olahraga kita. Kalau mau yang ada fitur barometer dan thermomether, sobat bisa melirik Lenovo Watch X Plus, tapi harganya lebih mahal dan yang seri plus juga belum ada GPS-nya.

Layar

Kekurangan keempat, tingkat visibilitas layar digital dibawah sinar matahari sangat rendah. Jadi kalau sobat misalnya lagi naik motor siang hari, akan kesulitan untuk lihat tampilan digital Lenovo Watch X. Tapi kalau indoor, tampilannya sangat jelas terlihat karena pakai layar jenis OLED.

No Smart Lock

Kekurangan kelima, kita tidak bisa jadikan Lenovo Watch X sebagai pembuka kunci handphone. Kalau smartwatch saya yang lain, saya bisa atur agar tidak perlu masukkan password atau finger print untuk buka kunci handphone selama ponsel terkoneksi dengan smartwatch. Tapi kalau Lenovo Watch X tidak bisa digunakan untuk hal ini.

Kekuatan Getaran + Tidak bisa Ganti Watch Face

Kekurangan yang terakhir, vibrate atau getaran Lenovo Watch X ketika ada notifikasi tidak terlalu kuat. Kita masih akan terasa ketika tidak terlalu banyak bergerak. Tapi kalau sedang beraktifitas banyak, kita bisa melewati notifikasi. Lenovo Watch X tidak mengeluarkan bunyi, hanya getaran saja.

Dan sebagai tambahan, jam ini tidak bisa diganti watch face atau tampilan digitalnya hanya seperti itu-itu saja, tidak bisa ganti warna tulisan atau semacamnya.

LAIN-LAIN

Dimensi Lenovo Watch X

Diamater jam ini adalah 4,25 cm, termasuk ukuran sedang tidak terlalu besar atau kecil. Tapi kalau untuk wanita yang bertangan kecil, mungkin jam ini agak sedikit kebesaran. Lenovo Watch X agak sedikit tebal yaitu 1,2 cm. Tapi desain dari jam ini membuatnya tidak terlihat ketebalan. Sedangkan berat dari jam ini adalah 81 gram. Tidak terlalu berat tapi juga tidak enteng. Kalau dipakai itu masih terasa, tidak seperti kalau pakai jam plastik.


Luminosence

Untuk jarum jam dan angka dari Lenovo Watch berpendar dalam gelap, tapi tentu saja hanya untuk beberapa saat.

Cara Pengoperasian

Lenovo Watch X hanya ada satu tombol dan layarnya tidak touch Screen. Anyway, ini layarnya kalau terkena jari mudah menempel sidik jari. Untuk mengoperasikan smartwatch ini, tekan tombol untuk menyalakan layar (bisa juga pakai fitur raise to wake).  Kalau dibiarkan akan menampilkan beberapa sub menu. Tekan Tombol Mode lagi untuk melihat menu yang lain. Dan pada pilihan sub menu, kita bisa tekan tombol mode untuk memilih.

Fitur (tanpa perlu terkoneksi)

Fitur yang bisa digunakan langsung di jam tanpa harus terkoneksi ke HP adalah fungsi pedometer untuk menghitung banyak langkah, kalori dan sebagainya. Lalu ada fitur untuk mendeteksi detak jantung (heart rate monitor). Fitur pengukur tekanan darah (Blood Pressure), fitur untuk melihat lama waktu tidur semalam (Sleep Monitor), ada juga fitur Run, yaitu untuk mendeteksi banyak langkah, jarak, kecepatan, kalori, detak jantung dan lama waktu latihan. Catatan: Untuk kecepatan dan jarak ini ditentukan dari estimasi jumlah langkah karena jam ini tidak ada GPS. Untuk keluar dari menu Run, kita tekan dan tahan tombol selama beberapa detik.

Dan terakhir ada fitur sedentary. Fungsinya kalau kita terlalu lama duduk, misalnya dalam waktu 1 jam, jam akan bergetar dan ada tulisan MOVE untuk mengingatkan kita bahwa kita sudah terlalu lama duduk. Fitur ini perlu diset pertama kali di aplikasi Lenovo Watch dulu tapi setelah itu akan berfungsi walau tidak terkoneksi ke handphone. Kita bisa atur sedentary reminder dengan interval dari 30 menit sampai 120 menit.

Fitur (harus terkoneksi)

Sedangkan fitur yang perlu terkoneksi ke HP adalah untuk menerima notifikasi pesan atau telp. Lalu fitur prakiraan cuaca ini datanya diambil dari HP, walaupun saat video ini di upload masih ngaco. Fitur shutter atau remote camera. Fitur ini hanya bisa digunakan dengan aplikasi kamera yang ada di dalam aplikasi Lenovo Watch. Jam ini tidak bisa digunakan untuk kontrol aplikasi music player.

Untuk setting waktu Alarm harus pakai aplikasi Lenovo Watch. Di jam hanya bisa lihat waktu Alarm-nya saja. Kalau mau setting jam, kalibrasi, ganti Bahasa, pengaturan notifikasi, dll, semuanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi di handphone.

Ada juga fitur Find My Phone yang hanya berguna selama jam terkoneksi dgn HP. Jika kita aktifkan fitur ini, ponsel akan berdering pada tingkat maksimal untuk memberitahu lokasinya.

Lalu ada fitur yang di promo disebut Anti Lost, tapi sebenarnya adalah disconnect reminder, ini misalnya kalau kita matikan Bluetooth handphone, di layar jam akan muncul tulisan Disconnect.

Efek yang sama juga akan muncul kalau posisi jam lebih dari 10 meter dari handphone. Ini berguna buat kamu yg sering ketinggalan handphone, jam akan mengingatkan kalau jarak kamu sudah lebih dari 10m dari hp kamu.

Fitur lainnya yang ada di aplikasi Lenovo Watch adalah untuk melihat detil Steps. Detil lama waktu tidur seperti waktu deep sleep dan sebagainya. Lalu ada Detil Heart Rate dan beberapa fitur lainnya.

Fitur Pengukur Tekanan Darah

Sekarang kita akan bahas tentang pengukur tekanan darah. Sebelum dapat digunakan, kita perlu kalibrasi dulu, caranya:

  • Buka menu My Watch.
  • Klik Calibration yang ada gambar darah > Klik Calibration
  • Klik input BP.
  • Setelah itu dengan jam terpasang di pergelangan tangan, kita perlu ukur tekanan darah pakai alat medis dan masukkan hasilnya di bagian input BP.

    Catatan: Hasil pengukuran tinggi karena saya mengukur saat baru saja naik tangga serta bawa barang, tapi kita masukkan saja hasilnya di bagian Input BP yaitu: 143/93.
  • Setelah itu mari kita coba ukur tekanan darah pakai jam. Dan hasil yang ditunjukkan adalah 143/94, mirip dengan hasil dari alat medis.

Untuk mengetes akurasi, saya coba ukur ulang beda waktu dan kali ini posisi tiduran. Hasil dari alat medis adalah 126/78. Sedangkan hasil dari jam adalah 133/72. Walau ada perbedaan, tapi bedanya tidak sampai 10 point.

Saya tidak tahu seberapa akurat fitur pengukur tekanan darah ini, tapi saat dites, setelah aktivitas banyak, hasil tekanan darah akan lebih tinggi dibanding saat tidak banyak bergerak, ini menandakan bahwa Lenovo Watch X memang membaca tekanan darah, walau sekali lagi, untuk tingkat keakuratannya saya tidak bisa memastikan dan dari Lenovo sendiri juga menyatakan karena keterbatasan sensor, jangan gunakan hasil pengukuran sebagai referensi medis.

Kesimpulan


Jika sobat cari smartwatch yang bisa diandalkan untuk memberitahu setiap ada notifikasi yang masuk, entah itu panggilan telepon, atau pesan dari media sosial, whatsapp dan sebagainya, dan juga butuh fitur olahraga yang komplit seperti GPS, kompas dan barometer, maka Lenovo Watch X tidak disarankan untuk sobat.

Tapi kalau sobat lagi cari smart watch dengan tampilan jam analog normal dan memiliki fitur pemantau kesehatan yang lumayan lengkap seperti pendeteksi detak jantung, pengukur tekanan darah, membaca langkah, memantau kualitas tidur dan juga pengingat kalau kita kelamaan duduk, maka Lenovo Watch X bolehlah dilirik.

Sederhananya, ini kembali ke selera dan kebutuhan. Kalau sobat suka dengan tampilannya, maka tidak perlu ragu untuk membeli Lenovo Watch X. Anggap saja sobat sedang membeli jam analog biasa tapi dengan fitur ekstra, bukankah banyak jam analog dengan harga 1 jutaan tapi tidak punya fitur apa-apa.

Kalau sobat ingin membeli produk ini bisa melalui link berikut: https://bit.ly/2zFCu36

Sobat bisa juga menonton video reviewnya dibawah ini:

-review lenovo watch x indonesia kelebihan kekurangan kelemahan-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2018 gadoga.com - V23.03.8
Disclaimer | Kebijakan Privasi