Review LG Optimus Me P350 – Kelebihan dan Kekurangannya

6 Juli 2011

LG termasuk salah satu produsen handphone yang banyak mengeluarkan produk menggunakan sistem operasi Android. Produk LG yang cukup sukses di pasaran Indonesia (dan dunia) diantaranya adalah LG Optimus One, LG Optimus 2X dan LG optimus Black.

Beberapa saat yang lalu LG kembali meluncurkan ponsel Android-nya. Bila sebelumnya produk-produk LG menyasar kalangan menengah keatas, kali ini LG mengeluarkan produk Android murah meriah yang terjangkau bagi semua kalangan. Produk ini dinamakan LG Optimus Me. Apakah produk ini layak untuk dibeli? Baca terus review LG Optimus Me P350 kali ini.

lg p350 optimus me review

Review LG Optimus Me P350

Desain

LG Optimus Me P350 mengusung model candy bar dan memiliki ukuran panjang 108 mm, lebar 53 mm dengan ketebalan 12,5 mm. Pada bagian depan terdiri dari layar berukuran 2,8 inch, lalu dibawahnya terdapat empat buah tombol sentuh yang terdiri dari tombol tombol MENU, tombol HOME, tombol BACK dan tombol SEARCH. Dibawah tombol sentuh, terdapat dua tombol fisik, yaitu tombol YES (tombol panggil) dan tombol END yang juga berfungsi sebagai tombol power atau untuk mematikan layar (sleep mode).

Pada bagian belakang handphone hanya terdapat lensa kamera berkekuatan 3 MP tanpa flash, pada bagian atas terdapat Jack Audio atau handsfree berukuran 3,5 mm, pada bagian bawah hanya terdapat lubang microfon, pada bagian samping kanan terdapat tombol volume dan pada bagian samping kiri terdapat port Micro USB yang sekaligus berguna untuk melakukan pengecasan.

LG Optimus Me P350 secara keseluruhan memiliki desain yang cukup baik walau menurut kami modelnya terkesansimple, namun masih terlihat catchy akibat penggunaan warna glossy pada bagian depan. Kalau untuk urusan model, kami serahkan kepada Anda masing-masing untuk menilai. Badan handphone terasa solid saat digenggam, ketersediaan tombol panggil dan tombol END merupakan sebuah nilai plus, khususnya bagi yang sering melakukan panggilan telepon.

Kualitas Layar

LG Optimus Me P350 menggunakan layar berukuran 2,8 inchi dengan resolusi 240×320 pixel. Walau hanya menggunakan resolusi layar yang terbilang kecil, namun gambar yang tertampil terlihat cukup halus. Warna-warna yang ditampilkan cukup cerah dan tajam. Handphone ini juga tidak mengalami masalah dalam sudut penglihatan, layar masih dapat terlihat dengan baik walau kita memiringkan handphone ini.

Layar ponsel Android ini menggunakan teknologi kapasitif, respon layar terhadap sentuhan jari responsif dan sensitif, pengguna hanya perlu memberi sentuhan sedikit pada layar untuk melakukan pilihan dan tidak memerlukan tekanan. Layar LG Optimus Me P350 sudah mendukung multi touch, pengguna dapat melakukan pinch zoom atau mencubit layar untuk melakukan zooming pada saat browsing internet atau pada aplikasi lainnya.

Layar LG Optimus Me memiliki kualitas yang baik untuk ukuran harga 1,5 jutaan, satu-satunya kekurangan hanyalah ukuran layar yang relatif kecil sehingga akan sedikit menyulitkan pada saat melakukan pengetikan menggunakan keyboard virtual, khusunya bagi yang baru pertama kali menggunakan handphone full touch screen. Namun bagi yang sebelumnya sudah pernah menggunakan handphone layar sentuh, tidak akan menemui kendala yang terlalu berarti saat menggunakan ponsel Android ini.

Kinerja dan Kemampuan Gaming

LG P350 Optimus Me menggunakan processor berkecepatan 600 MHz. Processor yang digunakan terasa cukup untuk menjalankan sistem operasi Android. Kami dapat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa terjadi penurunan performa yang signifikan. Perpindahan antar menu terbilang cukup halus walau terkadang terjadi agaklag sedikit. Menurut kami hal ini diakibatkan dari antar muka (user interface) bawaan  handphone. Saat kami mencoba menginstall aplikasi launcher alternatif, perpindahan antar menu menjadi lebih smooth dan lancar. Sebagai informasi, aplikasi launcher dapat di unduh (download) secara gratis dari Android Market.

Handphone Android murah ini cukup mumpuni untuk diajak bermain game. Memang ada beberapa game yang tidak dapat diinstall pada handphone ini, khususnya untuk game-game HD (high definition). Hal ini sangat wajar untuk ukuran handphone Android entry level. Selain itu game HD pada umumnya di optimalkan untuk digunakan pada handphone Android yang memiliki layar dengan resolusi 480×800 pixel, sementara LG Optimus Me hanya menggunakan layar dengan resolusi 240×320 pixel, jadi seandainya game HD dapat diinstall pada handphone ini pun, tampilannya akan kurang maksimal dilihat atau game akan berjalan kurang lancar (lag).

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena cukup banyak game keren baik game 3D maupun 2D yang dapat diinstall pada handphone ini, bahkan beberapa game HD ada yang dapat berjalan dengan normal dan lumayan lancar, walau terkadang lag di beberapa scene.

Kualitas Kamera dan Video Recorder

Kamera LG Optimus Me P350 dapat menghasilkan foto berukuran 2048×1536 pixel (3,15 MP). Kameranya tidak dilengkapi dengan lampu flash, jadi kita tidak mungkin dapat mengabadikan foto di tempat tanpa penerangan cahaya. Kualitas foto yang dihasilkan di dalam ruangan (indoor) terbilang standar, tidak dapat dikatakan baik, namun juga tidak dapat dikatakan buruk. Sedangkan kualitas foto di luar ruangan dapat dikatakan cukup baik, walau tidak spesial. Warna yang ditampilkan cukup cerah dan memiliki kontras yang seimbang. Kamera LG Optimus Me P350  tidak dilengkapi auto fokus, sehingga apabila mengambil foto jarak dekat (kurang dari 30 cm), hasil foto akan terlihat kurang tajam atau kurang fokus.

Catatan: Pada unit yang kami review, kami tidak dapat menemukan fitur auto fokus walau kami sudah mencoba berbagai settingan. Namun bila melihat review dari luar negeri, banyak yang mengatakan bahwa LG Optimus Me P350 memiliki fitur auto fokus. Kami tidak dapat memastikan apakah ada perbedaan spesifikasi antara LG Optimus Me versi Indonesia dan versi luar.

LG P350 Optimus Me dapat melakukan perekaman video dengan resolusi hingga 640×480 pixel (VGA). Kecepatan rekamnya pun terbilang tinggi, yaitu mencapai 24 fps (frame per second/detik). Memang hasil video tidak akan sejernih dan sehalus bila dibanding kamera digital, namun kemampuan rekam video Optimus Me diatas rata-rata bila dibanding handphone Android di kisaran harga yang sama.

Kelebihan dan Kekurangan LG Optimus Me P350

Kelebihan:

  • Handphone Android dengan harga terjangkau
  • Memiliki tombol fisik CALL dan tombol END
  • Dapat merekam video dengan resolusi VGA
  • Performa secara keseluruhan cukup baik

Kekurangan:

  • Layar tergolong kecil, akan sedikit menyulitkan bagi yang baru pertama kali menggunakan HP full touch screen
  • Tidak ada tombol khusus untuk kamera, akan sedikit menyulitkan bagi yang narsis (mengambil foto diri sendiri :D)

Review LG Optimus Me P350 – Kesimpulan

Minat masyarakat terhadap handphone Android murah tampaknya cukup tinggi. Beberapa pabrikan ponsel baik lokal maupun interlokal (merk terkenal maksudnya :)) yang sebelumnya enggan meluncurkan handphone Android dibawah 2 jutaan, kini malah cukup aktif meluncurkan produk Android dengan harga terjangkau. LG Optimus Me adalah salah satu ponsel yang layak dilirik bagi Anda yang ingin menjajal sistem operasi Android namun masih ragu untuk mengeluarkan biaya banyak. Harga murah dengan sistem operasi pintar menjadi daya tarik utama dari handphone ini.

Spesifikasi LG Optimus Me P350

  • Jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, GPRS, EDGE, 3G HSDPA 3,6 Mbps
  • Ukuran: 108 x 53 x 12,5 mm
  • Berat: 130 g
  • Layar: TFT touch screen tipe kapasitif, 256.000 warna, resolusi 240 x 320 pixels, ukuran 2,8 inchi
  • Memori: internal telepon 140 MB, SD card hingga 32 GB
  • Konektivitas: Micro USB, Bluetooth, Wi-fi 802.11 b/g
  • Kamera: 3.15 MP, 2048×1536 pixels, dapat melakukan perekaman video hingga resolusi VGA (640×480 pixel) pada kecepatan 24 fps
  • Sistem operasi: Android OS v2.2 (Froyo)
  • Radio FM: tersedia
  • GPS: tersedia + fitur A-GPS
  • Lain-lain: kompas digital, Android market, YouTube, jack audio 3,5 mm, organizer, Sensor Accelerometer, organizer.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

1. Bagaimana dengan kemampuan musik / audionya ?

  •  Suara yang terdengar melalui speaker terdengar standar, kalau menggunakan earphone terdengar lebih baik. Untuk earphone bawaan kualitasnya sudah lumayan, namun kalau ingin lebih puas, disarankan untuk membeli earphone dengan kualitas lebih baik.

2. Untuk internetan apakah cukup lancar?

  • LG Optimus Me dapat berjalan di jaringan HSDPA dengan kecepatan mencapai 3,6 Mbps, kecepatan internet sangat tergantung dari kualitas layanan internet dari provider yang digunakan, secara keseluruhan, untuk internetan menggunakan HP ini tidak ditemui kendala.

3. Apakah LG Optimus Me dapat digunakan sebagai Wi-Fi Hotspot (Wi-Fi Tether)?

  • Bisa, caranya masuk ke Settings > Wireless & Networks > Tethering & Portable Hotspot > beri tanda centang pada Portable Wi-Fi hotspot

4. Bagaimana dengan daya tahan baterai LG Optimus Me P350?

  • Bila fitur sinkronisasi dan background data aktif, daya tahan baterai sekitar satu harian, bisa kurang. Namun kalau fitur sinkronisasi dimatikan, daya tahan baterainya bisa satu hari lebih.

5. Kok Boros?

Demikianlah LG Optimus Me P350 review persembahan gadoga.com, semoga bermanfaat 



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi