Review LG V10 Refurbished


01 Oktober 2018 Oleh ted

Pada artikel kali ini kita akan Review LG V10 second atau lebih tepatnya yang refurbished. Saya tidak akan review secara lengkap tentang HP ini karena sudah banyak yang bahas. Tapi saya akan langsung kepada kelebihan dan kekurangan LG V10, khususnya yang second atau yang refurbished sehingga sobat bisa dapat masukan apakah handphone ini layak untuk dibeli atau tidak.


Saya akan mulai dari alasan kenapa saya memutuskan beli hp ini. Ada empat alasan utama. Yang pertama adalah baterai yang bisa dilepas, yang kedua adalah spesifikasi prosesor dan kapasitas RAM yang bagus di kisaran harganya, yang ketiga adalah karena kameranya bagus dan yang terakhir karena ada layar kecil notifikasi.Nanti saya akan bahas lebih detil lagi di bagian kelebihan, tapi untuk saat ini mari kita bahas kelemahannya terlebih dahulu.

Kelemahan LG V10

Kapasitas Baterai Kecil

Memiliki kapasitas 3000 mAh untuk menunjang layar sebesar 5,7 inchi akan membuat baterai terasa cepat habis. Dengan pemakaian cukup intens akan sulit melewati satu hari tanpa cas ulang. Untungnya baterai LG V10 bisa dilepas pasang jadi kita bisa beli baterai cadangan.

Layar Shadow Tipis

Layarnya shadow tipis. Kok bisa? Kan layarnya tidak pakai jenis AMOLED (Biasanya shadow umum terjadi hanya pada ponsel dengan layar AMOLED). Kenyataannya adalah demikian. Bisa sobat lihat pada gambar dibawah, saat kita buka gambar statis dalam waktu beberapa lama, akan ada bayangan atau shadow dari gambar sebelumnya. Tapi ini tidak permanen kok, nanti akan hilang dengan sendiri setelah beberapa saat.

Tidak semua HP second LG V10 layarnya shadow, tapi hal ini umum terjadi di LG V10. Sebelum membeli, tanyakan saja dulu ke penjualnya kondisi layarnya bagaimana.

Sinyal Wifi Lemah

Untuk point ini saya tidak tahu apakah terjadi di punya saya saja atau di semua LG V10, tapi saya merasa penangkapan sinyal Wi-Fi-nya tidak sekuat HP saya yang lain, walaupun masih bisa berfungsi dengan normal tanpa kendala.


Rawan Bootloop

Dan kelemahan yang terakhir yang bisa dibilang hal yang paling bisa menjadi alasan utama untuk batal membeli HP ini adalah LG V10 ada resiko mengalami Bootloop. Kalau tidak tahu apa itu Bootloop, Google saja banyak yang jelaskan. Sederhananya, jika HP mengalami Bootloop, maka dia tidak bisa masuk ke menu handphone. Ini bukan bootloop biasa karena masalah software, tapi menyangkut hardware. Kita sudah ada artikel cara mengatasi dan mencegah bootloop, bisa dilihat pada link berikut: Cara Mengatasi LG V10 Bootloop.

Kelebihan LG V10

Spesifikasi Bagus

Yang pertama, spesifikasi tinggi dibandingkan dengan harganya. LG V10 di toko online dijual dengan harga mulai dari 1,4 jutaan untuk yang versi Single SIM (saat artikel ini tayang). Sedangkan yang dual SIM biasanya dijual dengan harga 200 ribu lebih mahal.

Dengan harga segitu sobat sudah bisa mendapatkan HP Android 4G yang menggunakan processor Snapdragon seri 8, RAM 4GB dan Kapasitas Memori internal 64 GB yang bisa ditambah lagi pakai Micro SD. Kalau sobat beli handphone baru di harga 1,4 jutaan akan mendapatkan HP dengan spesifikasi dibawah LG V10.

Removable Battery

Kelebihan yang kedua adalah baterai yang bisa dilepas dan juga kualitas penutup baterai yang berkualitas baik dan kuat tapi relatif mudah dibuka sehingga kita tidak perlu khawatir kalau sering buka tutup cover belakang untuk ganti baterai.

Desain Bagus & Kuat

Kelebihan ketiga adalah model handphone ini bukan hanya keren tapi juga tahan banting. Di bagian samping, ada frame yang terbuat dari solid stainless steel yang membuatnya terlihat gagah sekaligus elegan dan juga berfungsi untuk memperkuat ponsel secara keseluruhan. Layarnya menggunakan perlindungan Gorilla Glass generasi 4 dimana handphone baru saat ini di kisaran harga yang sama hanya menggunakan Gorilla Glass generasi ketiga atau malah ada yang belum pakai Gorilla Glass.

Saya tidak menyarankan sobat untuk menjatuhkan HP ini, tapi kalau sobat cari di Youtube: Drop Test LG V10, ponsel ini bisa dibilang tahan banting. Selain itu, menurut saya desain LG V10 itu keren dan ga malu-maluin dibandingkan HP generasi jaman sekarang.

Kualitas Kamera & Video Bagus

Kelebihan keempat adalah, kualitas kamera dan perekaman video yang bagus. Di kisaran harga 1,5 juta-an, saya rasa LG V10 adalah salah satu atau bisa jadi adalah yang terbaik di kisaran harga itu. Kita bisa atur mode Manual untuk kamera belakangnya.

Misalnya, untuk foto, selain pengaturan yang biasa ditemukan di HP berkamera seperti pengaturan exposure, ISO dan sebagainya, kita juga bisa mengatur fokus secara manual dan yang istimewa adalah kita bisa mengatur shutter speed hingga 30 detik dan 30 detik ini sangat lama untuk ukuran kamera handphone.

Fungsi shutter speed yang lama atau long (slow) shutter speed adalah ketika kita ingin mengambil foto di tempat dengan cahaya sangat minim. Misalnya untuk mengambil foto bintang di langit saat sobat lagi camping. Handphone dengan harga 3 juta kebawah yang baru, setau saya tidak ada yg memiliki fitur long shutter speed seperti LG V10. Kalau ada, sobat bisa infokan di kolom komentar dibawah.

Hasil perbandingan foto pada malam hari:

Note: Untuk ambil foto dengan shutter speed diatas 1 detik wajib pakai tripod.

Untuk pengaturan manual mode video-nya mirip dengan mode foto, tapi ada pengaturan yang jarang ada di HP lainnya yaitu pengaturan mic. LG V10 menggunakan mic stereo dan bukan hanya itu saja, kita bisa atur agar handphone menangkap suara itu dari arah mana, apakah lebih sensitive menangkap suara dari depan HP, dari belakang atau dari tengah-tengah. Ada juga pengaturan tingkat sensitifitas, apakah kita mau mic kurang sensitif, misalnya untuk mengurangi suara bising di background atau meningkatkan sensitfitas untuk menangkap suara lebih kencang. Dan juga ada Wind Noise Filter untuk mengurangi suara angin.

Dan jangan lupa, LG V10 sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization atau OIS untuk mengurangi guncangan atau getaran saat pengambilan gambar. (Perbandingan video dengan dan tanpa OIS dapat sobat lihat pada video dibawah).

Sederhananya, kualitas dan fitur kamera dan video LG V10 bisa di acungi jempol.

Ada Mini Screen

Kelebihan kelima adalah LG V10 memiliki layar mini diatas. Layar ini bisa kita atur selalu menyala atau bisa juga tidak. Kalau dibiarkan menyala juga tidak terlalu menguras baterai. Layar kecil ini memiliki beberapa fungsi seperti untuk melihat notifikasi, mengontrol music player, switch dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya secara cepat dan lain-lain.

Namun satu fitur yang saya suka dan sebenarnya menjadi salah satu alasan saya beli HP ini adalah kita bisa nulis pesan singkat di layar kecil ini. Saya biasanya menulis kata-kata yang bisa membuat saya semangat untuk bekerja atau mengingatkan saya untuk sesuatu.

KESIMPULAN REVIEW LG V10 SECOND / REFURBISHED

Kesimpulannya, apakah saya merekomendasikan beli LG V10 second, maka jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Kelemahan paling fatal dari LG V10 adalah rawan bootloop jika handphone ini kepanasan atau overheat.
Jadi, kalau kamu cari HP buat main game, saya sangat TIDAK menyarankan beli LG V10. Walaupun hp ini processornya cukup kuat untuk main game jaman sekarang, tapi resiko bootloop menjadi taruhannya jika handphone kepanasan. Walaupun saya sering main game di HP ini sampai baterai habis dan tidak ada masalah, tapi itu karena saya menggunakan kipas pendingin (kita sudah buatkan review kipas ini) dan juga LG V10 saya sudah di modifikasi menggunakan heat sink untuk mengurangi panas. Tapi kalau kondisi standar, saya tidak merekomendasikan pakai LG v10 untuk main game.

Kalau sobat sedang mencari HP dengan kualitas kamera yang bagus, atau HP yang cukup bisa menunjang pekerjaan, multi tasking, penampilan keren dan terlihat mahalan serta baterai bisa dilepas maka LG V10 bisa jadi pilihan. Hanya saja sekali lagi, jangan pakai HP ini sampai kepanasan kalau mau awet.


Demikian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk sobat, bisa juga lihat video reviewnya dibawah ini:

-review lg v10 refurbished indonesia 2018 2019-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2018 gadoga.com - V23.03.8
Disclaimer | Kebijakan Privasi